Kisi-Kisi Soal Kelas 4 PAT Tema 6: Cita-Citaku
Assalamualaikum,
Kisi-kisi Soal merupakan acuan dasar dari penyusunan naskah soal. Kehadiran kisi-kisi membantu guru atau penyusun soal dalam menyusun alat pengukuran ketercapaian kompetensi yang telah dicapai. Pada Penilaian Akhir Tahun, kompetensi yang diukur adalah aspek pengetahuan.
Kurikulum 2013 menilai ketercapaian kompetensi tidak hanya diukur berdasarkan aspek pengetahuan saja. Aspek sikap dan aspek keterampilan juga menentukan keberhasilan siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Oleh karena itu, Penilaian Akhir tahun bukanlah penentu atau ujian untuk menentukan siswa naik tidaknya ke kelas yang lebih tinggi.
Setidaknya, siswa dikatakan naik ke kelas yang lebih tinggi bila aspek sikap dari siswa tersebut mendapatkan predikat baik. Aspek sikap meliputi aspek pribadi dan aspek sosial. Aspek pribadi meliputi aspek spiritual. Aspek-aspek ini penilaiannya berkesinambungan dilakukan oleh pendidik atau guru kelas. Metode pengumpulan penilaiannya dilakukan dengan beragam cara. Seperti pengamatan, penilaian antarteman, observasi, dan lain-lain.
Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membuat kisi-kisi soal kelas 4 Penilaian Akhir Tahun Pelajaran 2018/2019. Kisi-kisi ini merupakan model dari penyusunan naskah soal Penilaian Akhir Tahun. Dari kisi-kisi ini, guru maupun penyusun naskah soal akan mudah membuat naskah soal. Selain kemudahannya, dengan kisi-kisi kompetensi dasar yang diukur pun akan semakin jelas.
Identitas Naskah Soal:
Sebaran Nomor Soal:
Itulah Kisi-kisi Soal Kelas 4 Kurikulum 2013 Tema 6 Cita-citaku. Semoga dengan kehadiran kisi-kisi ini bermanfaat untuk membuat prediksi soal kelas 4 PAT, menyusun contoh soal PAT atau UKK untuk kelas 4.
Semoga bermanfaat.
Kisi-kisi Soal merupakan acuan dasar dari penyusunan naskah soal. Kehadiran kisi-kisi membantu guru atau penyusun soal dalam menyusun alat pengukuran ketercapaian kompetensi yang telah dicapai. Pada Penilaian Akhir Tahun, kompetensi yang diukur adalah aspek pengetahuan.
Kurikulum 2013 menilai ketercapaian kompetensi tidak hanya diukur berdasarkan aspek pengetahuan saja. Aspek sikap dan aspek keterampilan juga menentukan keberhasilan siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Oleh karena itu, Penilaian Akhir tahun bukanlah penentu atau ujian untuk menentukan siswa naik tidaknya ke kelas yang lebih tinggi.
Setidaknya, siswa dikatakan naik ke kelas yang lebih tinggi bila aspek sikap dari siswa tersebut mendapatkan predikat baik. Aspek sikap meliputi aspek pribadi dan aspek sosial. Aspek pribadi meliputi aspek spiritual. Aspek-aspek ini penilaiannya berkesinambungan dilakukan oleh pendidik atau guru kelas. Metode pengumpulan penilaiannya dilakukan dengan beragam cara. Seperti pengamatan, penilaian antarteman, observasi, dan lain-lain.
Update: Kisi-kisi Soal PAT Kelas 3 Tema 5: CuacaSedangkan penilaian aspek pengetahuan dan keterampilan sering dilakukan pendidik melalui beragam kegiatan selama pembelajaran. Khusus Aspek pengetahuan, ada penilaian tengah semester yang merupakan penilaian sumatif dari ketercapaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan dalam jangka tengah semester. Pada akhir semester, biasanya penilaian dilakukan dengan melaksanakan Penilaian Akhir Semester dan Penilaian Akhir Tahun.
Postingan sebelumnya:
Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membuat kisi-kisi soal kelas 4 Penilaian Akhir Tahun Pelajaran 2018/2019. Kisi-kisi ini merupakan model dari penyusunan naskah soal Penilaian Akhir Tahun. Dari kisi-kisi ini, guru maupun penyusun naskah soal akan mudah membuat naskah soal. Selain kemudahannya, dengan kisi-kisi kompetensi dasar yang diukur pun akan semakin jelas.
Baiklah, berikut ini adalah Kisi-kisi Soal Kelas 4 Kurikulum 2013 Tema 6 pada Penilaian Akhir Tahun.
Identitas Naskah Soal:
Kelas | : | 4 (Empat) |
Kurikulum | : | 2013 (Revisi 2016) |
Tema | : | 6 (Cita-citaku) |
Jumlah Soal | : | 40 Soal |
Alokasi Waktu | : | 90 Menit |
Bentuk Soal | : |
|
Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar |
Soal PG | Isian Singkat | Essay | Jumlah |
---|---|---|---|---|---|
Bahasa Indonesia | 3.6 | 1, 2, 3, 4, 5 | 26, 27 | 36 | 8 |
PPKn | 3.3 | 6, 7, 8, 9, 10 | 28, 29 | 37 | 8 |
IPA | 3.2 | 11, 12, 13, 14, 15 | 30, 31 | 38 | 8 |
IPS | 3.1 | 16, 17, 18, 19, 20 | 32, 33 | 39 | 8 |
SBdP | 3.2 | 21, 22 | 35 | - | 8 |
3.3 | 23 | 34 | - | ||
3.4 | 24, 25 | - | 40 | ||
Jumlah soal | 40 |
update: Kisi-kis Soal PAT Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013
No Soal | Mata Pelajaran | Contoh Indikator Soal |
---|---|---|
Pilihan Ganda | ||
1 | Bahasa Indonesia | Siswa dapat menyebutkan jenis irama puisi modern |
2 | Bahasa Indonesia | Disajikan suatu teks puisi siswa dapat menjelaskan amanat puisi yang dibaca |
3 | Bahasa Indonesia | Siswa dapat menjelaskan langkah-langkahmembuat puisi |
4 | Bahasa Indonesia | Siswa dapat menjelaskan narasi dari bacaan yang dibaca |
5 | Bahasa Indonesia | Disajikan data tentang jenis kegiatan, siswa dapat membuat kalimat laporan sesuai data tersebut. |
6 | PPKn | Disajikan gambar siswa dapat menyebutan asal tarian daerah |
7 | PPKn | Siswa dapat menjelaskan adat istiadat daerah setempat |
8 | PPKn | Disajikan gambar siswa dapat menunjukkan keanekaragaman suku bangsa |
9 | PPKn | Siswa dapat menjelaskan bentuk kerjasama antar suku bangsa di Indonesia |
10 | PPKn | Siswa dapat menyebutkan manfaat keberagaman suku di Indonesia |
11 | IPA | Disajikan tabel siswa dapat menyebutkan hewan yang mengalami metamorfosis |
12 | IPA | Siswa dapat menyebutkan siklus daur hidup |
13 | IPA | Disajikan gambar siswa dapat mengurutkan daur hidup hewan tidak sempurna |
14 | IPA | Siswa dapat menjelaskan cara pelestarian hewan langka |
15 | IPA | Siswa dapat menyebutkan contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna |
16 | IPS | Siswa dapat menyebutkan contoh pemanfaatan SDA dalam kehidupan sehari-hari |
17 | IPS | Disajikan tabel siswa dapat menyebutkan bidang pekerjaan sesuai fungsinya |
18 | IPS | Siswa dapat menyebutkan jenis pekerjaan di daerah dataran tinggi |
19 | IPS | Disajikan gambar siswa dapat menunjukkan contoh Sumbe Daya ALam di Indonesia |
20 | IPS | Siswa dapat menjelaskan manfaat Sumber Daya Alam dalam kehidupan sehari-hari |
21 | SBdP | Siswa dapat menyebutkan pengertian tempo lagu |
22 | SBdP | Siswa dapat menjelaskan pengertian anandate yang bertempo sedang |
23 | SBdP | Disajikan gambar siswa dapat menyebutkan asal daerah tarian |
24 | SBdP | Siswa dapat menjelaskan pengertian kolase |
25 | SBdP | Disajikan gambar siswa dapat menyebutkan jenis karya yang menempel |
Isian Singkat | ||
26 | Bahasa Indonesia | Siswa dapat menyebutkan pengertian deklamasi |
27 | Bahasa Indonesia | Siswa dapat menjelaskan langkah-langkah membuat puisi |
28 | PPKn | Siswa dapat menyebutkan arti dari semboyan Bhineka Tunggal Ika |
29 | PPKn | Siswa dapat menyebutkan tempat ibadah agama di Indonesia |
30 | IPA | Siswa dapat menyebutkan tempat untuk pelestarian lingkungan |
31 | IPA | Disajikan gambar siswa dapat menjelaskan pesan dalam poste |
32 | IPS | Siswa dapat menyebutkan persebaran sumber daya alam di Indonesia |
33 | IPS | Siswa dapat menjelaskan persebaran Sumber Daya Alam di Indonesia |
34 | SBdP | Siswa dapat menyebutkan nama taian dari daerah setempat |
35 | SBdP | Siswa dapat menyebutkan jenis not dalam sebuah lagu |
Essay | ||
36 | Bahasa Indonesia | Siswa dapat membuat puisi dengan kata-kata sesuai ejaan bahasa Indonesia yang benar |
37 | PPKn | Siswa dapat menyebutkan manfaat adanya keberagaman di Indonesia |
38 | IPA | Siswa dapat menyebutkan contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna |
39 | IPS | Siswa dapat menyebutkan contoh jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui |
40 | SBdP | Siswa dapat menjelaskan cara membuat Montase |
Itulah Kisi-kisi Soal Kelas 4 Kurikulum 2013 Tema 6 Cita-citaku. Semoga dengan kehadiran kisi-kisi ini bermanfaat untuk membuat prediksi soal kelas 4 PAT, menyusun contoh soal PAT atau UKK untuk kelas 4.
Semoga bermanfaat.
test
ReplyDeletekak gbs di copas ya ?
ReplyDeleteyaaa nhhhh hhhaa
DeleteThanks
ReplyDelete