Kisi-kisi Soal PAT/UKK Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku
Assalamualaikum
Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada Anda yang telah menyempatkan waktunya menilik blog ini. Saya juga memohon maaf karena postingan mengenai kisi-kisi Penilaian Akhir Tahun atau PAT semester genap (Semester 2) untuk kelas 4 sempat tertunda.
Untuk itu, dalam postingan kali ini saya mencoba melengkapi kisi-kisi PAT kelas 4 tema 8 (Daerah Tempat Tinggalku). Kisi-kisi PAT ini sangat berguna untuk dijadikan acuan dalam menyusun soal-soal HOTs yang telah dicanangkan oleh Kurikulum 2013. Bisa juga dijadikan bahan pertimbangan guru, sekolah, atau penyusun soal dalam menyusun soal-soal ujian kelas 4.
Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada Anda yang telah menyempatkan waktunya menilik blog ini. Saya juga memohon maaf karena postingan mengenai kisi-kisi Penilaian Akhir Tahun atau PAT semester genap (Semester 2) untuk kelas 4 sempat tertunda.
Untuk itu, dalam postingan kali ini saya mencoba melengkapi kisi-kisi PAT kelas 4 tema 8 (Daerah Tempat Tinggalku). Kisi-kisi PAT ini sangat berguna untuk dijadikan acuan dalam menyusun soal-soal HOTs yang telah dicanangkan oleh Kurikulum 2013. Bisa juga dijadikan bahan pertimbangan guru, sekolah, atau penyusun soal dalam menyusun soal-soal ujian kelas 4.
Postingan sebelumnya:Adapun dalam penyusunan kisi-kisi ini, kita akan mengawalinya dengan menyusun identitas soal terlebih dahulu. Setelah itu, kita akan kaji indikator kunci pada masing-masing Kompetensi Dasar (KD) yang ada dalam Buku Guru. Kajian indikator ini adalah menelaah Kata Kerja Operasional (KKO) yang menjadi kunci ketercapaian kompetensi siswa dengan level kognisi sehingga kita akan menemukan KKO kunci. Dari KKO kunci tersebut, dapat membantu pekerjaan guru dalam menyusun strategi pembelajaran dengan berorientasi pada KKO pendukung dan KKO pengayaannya. Selanjutnya, kita akan susun Kisi-Kisi PAT tersebut.
Terbaru, saya telah membuatkan Bahan Ajar Digital untuk semua kelas di semester 2 ini. Di sana kami juga menyajikan bahan ajar berupa powerpoin, kumpulan soal PTS, PAT, dan kumpulan video pembealjaran yang saya anggap sesuai.
Identitas Naskah Soal:
Kelas | : | 4 (Empat) |
Kurikulum | : | 2013 (Revisi 2016) |
Tema | : | 8 (Daerah Tempat Tinggalku) |
Jumlah Soal | : | 40 Soal |
Alokasi Waktu | : | 90 Menit |
Bentuk Soal | : |
|
Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar |
Soal PG | Isian Singkat | Essay | Jumlah |
---|---|---|---|---|---|
PPKN | 3.3 | 1, 2, 3, 4, 5 | 26, 27 | 36 | 8 |
Bahasa Indonesia | 3.9 & 3.10 | 6, 7, 8, 9, 10 | 28, 29 | 37 | 8 |
IPA | 3.4 | 11, 12, 13, 14, 15 | 30, 31 | 38 | 8 |
IPS | 3.3 | 16, 17, 18, 19, 20 | 32, 33 | 39 | 8 |
SBdP | 3.1 | 21, 22 | 35 | - | 8 |
3.2 | 23 | 34 | - | ||
3.3 | 24, 25 | - | 40 | ||
Jumlah soal | 40 |
- Keterangan:
- KD 3.3 PPKN
Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari - KD 3.9 Bahasa Indonesia
Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi - KD 3.10 Bahasa Indonesia
Membandingkan watak setiap tokoh pada teks fiksi - KD 3.4 IPA
Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar - KD 3.3 IPS
Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi/Kota/Kabupaten sampai provinsi - KD 3.1 SBdP
Memahami gambar dan bentuk tiga dimensi - KD 3.2 SBdP
Memahami gerak tanda tempo dan tinggi rendah nada - KD 3.3 SBdP
Memahami dasar-dasar gerak tari daerah
Kata yang ditandai warna biru adalah Kata Kerja Operasional (KKO) Kunci dimana kompetensi minimal yang harus dikuasai siswa. Pada naskah soal, indikator soal bisa saja berupa KKO penghubung atau KKO pengayaan. Inilah contoh kisi-kisi Soal PAT/UKK yang berorientasi HOTS pada Tema 8 Kelas 4.
No Soal | Mata Pelajaran | Contoh Indikator Soal |
---|---|---|
Pilihan Ganda | ||
1 | PPKN | Disajikan gambar ilustrasi kegiatan sehari-hari, Siswa dapat menentukan gambar yang menunjukkan sikap rukun dalam keberagaman dengan benar |
2 | PPKN | Disajikan deskripsi tentang keberagaman karakteristik individu berdasarkan ciri fisik dalam keluarga, siswa menentukan cara menghargai keberagaman tersebut dengan benar. |
3 | PPKN | Disajikan ilustrasi keberagaman agama di sekolah, siswa menentukan sikap yang menunjukkan toleransi dalam keberagaman tersebut dengan benar |
4 | PPKN | Disajikan gambar ilustrasi yang menunjukkan keberagaman dalam keluarga, siswa mengidentifikasi manfaat keberagaman dengan benar |
5 | PPKN | Disajikan deskripsi tentang keberagaman karakteristik individu berdasarkan ciri fisik di lingkungan sekolah, siswa menentukan cara menghargai keberagaman tersebut dengan benar |
6 | Bahasa Indonesia | Disajikan teks paragraf fiksi sederhana yang memuat lebih dari 3 tokoh cerita, siswa menentukan tokoh utama dari teks fiksi dengan benar |
7 | Bahasa Indonesia | Disajikan ilustrasi jenis-jenis teks fiksi dan contohnya, siswa menentukan contoh teks fiksi dengan benar |
8 | Bahasa Indonesia | Disajikan teks paragraf fiksi sederhana, siswa mengidentifikasi watak tokoh utama dari teks fiksi dengan benar |
9 | Bahasa Indonesia | Disajikan teks paragraf fiksi sederhana, siswa mengidentifikasi tokoh protagonis dan antagonis dari teks fiksi dengan benar |
10 | Bahasa Indonesia | Disajikan 5 judul cerita rakyat, siswa menentukan 3 judul cerita rakyat yang berasal dari Jawa Barat dengan benar. |
11 | IPA | Disajikan gambar ilustrasi kegiatan yang berhubungan dengan gaya, siswa menentukan gambar yang menyajikan hubungan antara gaya dan gerak benda dengan benar |
12 | IPA | Disajikan ilustrasi kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan gaya, siswa menentukan jenis kegiatan yang menunjukkan gaya dapat mengubah arah gerak benda |
13 | IPA | Disajikan deskripsi berbagai kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan gaya, siswa mengelompokkan kegiatan yang termasuk aktifitas gaya akibat tarikan dan dorongan dengan benar |
14 | IPA | Disajikan deskripsi kegiatan yang menunjukkan pengaruh gaya dengan kecepatan gerak benda, siswa menentukan hubungan gaya dengan kecepatan gerak benda dengan benar. |
15 | IPA | Disajikan tabel deskripsi kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan pengaruh gaya, siswa menentukan kegiatan yang menunjukkan pengaruh gaya terhadap letak suatau benda dengan benar. |
16 | IPS | Disajikan tabel jenis pekerjaan, siswa mengelompokkan jenis pekerjaan masyarakat di daerah perkotaan dengan benar |
17 | IPS | Disajikan ilustrasi kegiatan petani, siswa mengidentifikasi perbedaan petandi dataran rendah dan dataran tinggi dengan benar |
18 | IPS | Disajikan 5 jenis pekerjaan, siswa menentukan 3 jenis pekerjaan bidang jasa dengan benar |
19 | IPS | Disajikan gambar siswa dapat menunjukkan contoh sumber daya alam di Indonesia |
20 | IPS | Disajikan deskripsi kegiatan ekonomi yang berlangsung di pasar, terminal, atau tempat wisata, siswa mengidentifikasi jenis pekerjaan terkait dengan kegiatan ekonomi tersebut dengan benar |
21 | SBdP | Disajikan contoh benda-benda yang ada di sekitar, siswa menentukan kelompok benda tiga dimensi dengan benar |
22 | SBdP | Disajikan beberapa teknik dasar menggambar, siswa menentukan teknik dasar yang dipakai dalam menggambar benda 3 dimensi dengan benar |
23 | SBdP | Disajikan 5 judul lagu daerah, siswa menentukan lagu daerah asal jawa barat dengan benar |
24 | SBdP | Disajikan deskripsi tarian daerah, siswa menentukan asal daerah tarian tersebut dengan benar |
25 | SBdP | Disajikan deskripsi gerakan tari saman, siswa mengidentifikasi ciri-ciri dari tarian tersebut dengan benar |
Isian Singkat | ||
26 | PPKN | Disajikan deskripsi tentang keragaman individu berdasarkan kegemaran dalam keluarga, siswa mengidentifikasi cara menyikapi keragaman tersebut dengan benar |
27 | PPKN | Disajikan deskripsi keragaman dalam keluarga, siswa mendeskripsikan keberagaman dalam konteks keluarga dengan benar |
28 | Bahasa Indonesia | Disajikan 2 teks, paragraf fiksi sederhana, siswa membandingkan watak tokoh utama kedua paragraf dengan benar |
29 | Bahasa Indonesia | Disajikan teks paragraf fiksi sederhana, siswa mengidentifikasi tokoh protagonis dan antagonis dari teks fiksi dengan benar |
30 | IPA | Disajikan deskripsi berbagai kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan gaya, siswa mengelompokkan kegiatan yang termasuk aktifitas gaya akibat tarikan dan dorongan dengan benar |
31 | IPA | Disajikan deskripsi kegiatan yang menunjukkan pengaruh gaya dengan kecepatan gerak benda, siswa menentukan hubungan gaya dengan kecepatan gerak benda dengan benar |
32 | IPS | Disajikan deskripsi kegiatan ekonomi yang berlangsung di pasar, termasuk, atau tempat wisata, siswa mengidentifikasi jenis pekerjaan terkait dengan kegiatan ekonomi tersebut dengan benar |
33 | IPS | Disajikan gambar ilustrasi daerah pesisir petani, siswa menentukan pekerjaan yang sesuai di daerah tersebut dengan benar |
34 | SBdP | Diajikan deskripsi pembuatan gerabah, siswa mengidentifikasi bahan yang dipakai untuk pembuatannya dengan benar |
35 | SBdP | Disajikan deskripsi tarian daerah, siswa menentukan asal daerah tarian tersebut dengan benar |
Essay | ||
36 | PPKN | Disajikan deskripsi keragaman sifat individu dalam keluarga, siswa mengidentifikasi cara menyikapi keragaman tersebut dengan benar |
37 | Bahasa Indonesia | Disajikan teks paragraf fiksi sederhana, siswa mengidentifikasi tokoh, watak setiap tokoh dan tema dari eks tersebut dengan benar |
38 | IPA | Disajikan gambar ilustrasi permainan sepak bola, siswa mengidentifikasi tiga pengaruh gaya yang terjadi pada permainan tersebut dengan benar |
39 | IPS | Disajikan informasi kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggalnya, siswa mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan terkait kgiatan ekonomi tersebut dengan benar |
40 | SBdP | Disajikan lagu "Apuse", siswa menyebutkan asal daerah lagu dan tanda temponya dengan benar |
Itulah kisi-kisi soal kelas 4 pada PAT/UKK Tema 8: Daerah Tempat Tinggalku. Kisi-kisi ini yang akan menjadi rujukan penyusunan soal PAT/UKK kelas 4. Beberapa kata yang telah ditandai dengan warna biru adalah Kata Kerja Operasional yang menunjukkan soal tersebut telah masuk kategori soal HOTS atau bukan. Bagi Anda yang menjadi guru, Anda dapat menelaah kisi-kisi yang ada di blog ini.
Semoga bermanfaat...
Yang revisi 2020 ada ngga?
ReplyDelete