Kisi-Kisi Soal Kelas 4 PAT Tema 7: Indahnya Keragaman di Negeriku
Assalamualaikum
Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba memposting kisi-kisi soal kelas 4 pada Penilaian Akhir Tahun atau PAT. PAT merupakan istilah baru dalam Kurikulum 2013, sebelumnya nama tersebut adalah Ujian Kenaikan Kelas atau UKK. Bisa dikatakan bahwa PAT merupakan UKK.
Namun, penilaian dalam kurikulum tidak hanya mengarah pada aspek pengetahuan aja. Setidaknya, ada tiga aspek penting yang merupakan sasaran penilaian. Yaitu aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan.
Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku merupakan salah satu tema pembelajaran di kelas 4 yang mengacu pada kurikulum 2013. Bentuk penilaian aspek pengetahuan dalam PAT mengacu pada kisi-kisi soal untuk mengukur sejauh mana kompetensi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di akhir tahun. Subtema yang ada dalam tema 7 ini memuat bebeapa Kompetensi Dasa (KD) tiap-tiap mata pelajaran. Melalui jaring-jaring Kompetensi Dasar berdasarkan tema, uji kompetensi peserta didik inilah disusun kisi-kisi soalnya.
Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba memposting kisi-kisi soal kelas 4 pada Penilaian Akhir Tahun atau PAT. PAT merupakan istilah baru dalam Kurikulum 2013, sebelumnya nama tersebut adalah Ujian Kenaikan Kelas atau UKK. Bisa dikatakan bahwa PAT merupakan UKK.
Namun, penilaian dalam kurikulum tidak hanya mengarah pada aspek pengetahuan aja. Setidaknya, ada tiga aspek penting yang merupakan sasaran penilaian. Yaitu aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan.
Postingan sebelumnya:
Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku merupakan salah satu tema pembelajaran di kelas 4 yang mengacu pada kurikulum 2013. Bentuk penilaian aspek pengetahuan dalam PAT mengacu pada kisi-kisi soal untuk mengukur sejauh mana kompetensi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di akhir tahun. Subtema yang ada dalam tema 7 ini memuat bebeapa Kompetensi Dasa (KD) tiap-tiap mata pelajaran. Melalui jaring-jaring Kompetensi Dasar berdasarkan tema, uji kompetensi peserta didik inilah disusun kisi-kisi soalnya.
baca juga: Kisi-kisi PAT Kelas 3 Tema 7
Terbaru, saya telah membuatkan Bahan Ajar Digital untuk semua kelas di semester 2 ini. Di sana kami juga menyajikan bahan ajar berupa powerpoin, kumpulan soal PTS, PAT, dan kumpulan video pembealjaran yang saya anggap sesuai.
Identitas Naskah Soal:
Kelas | : | 4 (Empat) |
Kurikulum | : | 2013 (Revisi 2016) |
Tema | : | 7 (Indahnya Keragaman di Negeriku) |
Jumlah Soal | : | 40 Soal |
Alokasi Waktu | : | 90 Menit |
Bentuk Soal | : |
|
Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar |
Soal PG | Isian Singkat | Essay | Jumlah |
---|---|---|---|---|---|
PPKn | 3.4 | 1, 2, 3, 4, 5 | 34, 35 | 36 | 8 |
Bahasa Indonesia | 3.7 | 6, 7, 8, 9, 10 | 32, 33 | 37 | 8 |
IPA | 3.3 | 11, 12, 13, 14, 15 | 30, 31 | 38 | 8 |
IPS | 3.2 | 16, 17, 18, 19, 20 | 28, 29 | 39 | 8 |
SBdP | 3.2 | 21, 23 | - | 40 | 8 |
3.3 | 22, 24 | 27 | - | ||
3.4 | 25 | 26 | - | ||
Jumlah soal | 40 |
- Keterangan:
- KD 3.4 PPKn
mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indoensia yang terkait dengan persatuan dan kesatuan. - KD 3.7 Bahasa Indonesia
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi - KD 3.3 IPA
Mengidentifikasi macam-macam gaya antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan - KD 3.2 IPS
Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang - KD 3.2 SBdP
Mengetahui tanda temp dan tinggi rendah nada - KD 3.3 SBdP
Mengetahui gerak tari kreasi daerah - KD 3.4 SBdP mengetahui karya seni rupa teknik tempel
berikut ini contoh kisi-kisi Soal Kelas 4 PAT/UKK (Penilaian Akhir Tahun/UKK) tema 7
No Soal | Mata Pelajaran | Contoh Indikator Soal |
---|---|---|
Pilihan Ganda | ||
1 | PPKn | Disajikan fakta tentang keagaman suku bangsa di Indonesia, Siswa dapat menentukan sikap yang baik terhadap fenomena keragaman suku bangsa di Indonesia dengan benar |
2 | PPKn | Disajikan tabel suku bangsa yang ada di Indonesia, Siswa dapat mengidentifikasi suku bangsa yang ada di salah satu pulau besa di Indonesia dengan benar |
3 | PPKn | Disajikan deskripsi 2 kekhasan/karakteristik suku bangsa yang ada di Indonesia, siswa menentukan asal suku berdasarkan provinsinya dengan benar |
4 | PPKn | Disajikan deskripsi tentang keragaman rumah adat suku bangsa di Indonesia, siswa menentukan 2 hal yang mempengaruhi perbedaan rumah adat di Indonesia dengan benar |
5 | PPKn | Disajikan deskripsi hubungan dengan kerukunan antaumat beragama di Indonesia, siswa mengidentifikasi sikap yang harus dilakukan berdasarkan deskripsi yang disajikan dengan benar |
6 | Bahasa Indonesia | Disajikan teks bacaan tentang fakta penggunaan bahasa daerah yang hampir punah di Indonesia, siswa menemukan informasi yang sesui dengan benar |
7 | Bahasa Indonesia | Disajikan teks bacaan tentang fakta penggunaan bahasa daerah yang hampir punah di Indoensia, siswa membandingkan informasi yang ada pada teks dengan fakta yang ada secara tekstual dengan benar |
8 | Bahasa Indonesia | Disajikan bacaan tentang suku Baduy, siswa menemukan informasi yang tepat sesuai bacaan dengan benar |
9 | Bahasa Indonesia | Disajikan bacaan tentang suku Baduy, siswa mengidentifikasi informasi tersirat yanga da pada bacaan dengan benar |
10 | Bahasa Indonesia | Disajikan deskripsi tentang kerukunan antarumat beragama di Indonesia, siswa menemukan arti salah satu kata pada deskripsi yang disajikan dengan benar |
11 | IPA | Disajikan ilustrasi kehidupan berhubungan dengan pemanfaatan gaya otot dalam kehidupan sehari-hari, siswa mengidentifikasi penggunaan gaya oto pada ilustrasi yang disajikan dengan benar |
12 | IPA | Disajikan gambar pemanfaatan gaya otot dalam aktivitas sehari-hari, siswa menentukan jenis gaya berdasarkan gambar yang disajikan dengan benar |
13 | IPA | Disajikan gambar bola lampu dengan sakla yang tidak teraliri arus listrik, siswa menentukan cara bagaimana agar arus listrik dapat mengaliri bola lampu dengan benar |
14 | IPA | Disajikan gambar peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik, siswa mengidentifikasi proses perubahan pada benda yang disajikan sehingga dapat digunakan dengan benar |
15 | IPA | Disajikan gambar dua buah magnet dengan kutub sama, siswa menentukan peristiwa yang tejadi dengan kedua kutub yang didekatkan tersebut dengan benar |
16 | IPS | Disajikan deskripsi tentang keragaman agama di Indonesia, siswa menentukan informasi yang sesuai bedasarkan deskipsi yang disajikan dengan benar |
17 | IPS | |
18 | IPS | Disajikan gambar tarian adat Pulau Sumatera yang sudah familiar, siswa mendeskripsikan kelima faktor tersebut dengan benar |
19 | IPS | Disajikan gambar pakaian adat daerah salah satu provinsi di Indonesia, siswa menentukan nama pakaian tersebut dengan benar |
20 | IPS | Disajikan deskripsi tentang aktivitas ekonomi pada salah satu bidang di Indonesia, siswa mengidentifikasi jenis kegiatan tersebut dengan benar |
21 | SBdP | Disajikan kumpulan lagu nasional, siswa mengidentifikasi lagu-lagu yang memiliki nada tinggi dengan benar |
22 | SBdP | Disajikan gambar pola lantai dari gerak yang dilalui penari, siswa menentukan jenis pola tersebut dengan benar. |
23 | SBdP | Disajikan jenis-jenis tempo dalam bahasa latin, siswa mengidentifikasi informasi benar tentang jenis tempo dengan benar |
24 | SBdP | Disajikan gambar pola lantai dari gerak yang dilalui penari, siswa menentukan jenis pola tersebut dengan benar. |
25 | SBdP | Disajikan gambar hasil karya seni rupa dengan tehnik tempel, siswa mengidentifikasi jenis teknik tempel yang digunakan pada gambar tersebut dengan bena |
Isian Singkat | ||
26 | SBdP | Disajikan deskripsi salah satu dari empat teknik hasil karya seni rupa dengan teknik tempel, siswa mengidentifikasi nama teknik tempel yang dideskripsikan dengan benar |
27 | SBdP | disajikan deskipsi tentang garis imajiner, siswa menginterpretasi definisi pola lantai pada ragam dan gerak tari daerah dengan benar |
28 | IPS | Disajikan deskripsi ringkas kegiatan ekonomi di bidang perdagangan, siswa menyebutkan 3 jenis ekonomi pada bidang perdagangan dengan benar |
29 | IPS | Disajikan jenis-jenis tarian daerah di Indonesia, siswa mengidentifikasi jenis tarian yang termasuk tarian kelompok atau perorangan berdasarkan data yang disajikan dengan benar |
30 | IPA | Disajikan gambar kompas, siswa menentukan manfaat dari penggunaan kompas hubungannya dengan sifat magnet dengan benar |
31 | IPA | Disajikan ilustrasi kegiatan berhubungan dengan gaya listrik, siswa menentukan informasi yang sesuai dengan konsep gaya listrik dengan benar |
32 | Bahasa Indoensia | Disajikan deskipsi salah satu tokoh pendidikan Indonesia dalam 1 paragraf 5 kalimat, siswa menentukan nama lengkap tokoh yang dideskripsikan dengan benar |
33 | Bahasa Indonesia | Disajikan informasi ringkas tentang pakaian adat daerah, siswa mengidentifikasi informasi tesirat dari bacaan tersebut dengan benar |
34 | PPKn | Disajikan gambar berhubungan dengan kerukuanan antarumat beragama di Indonesia dengan deskripsi yang mendukung, siswa menentukan pentingnya menjaga kerukunan antarumat beragama di Indonesia berdasarkan deskripsi yang disajikan dengan benar |
35 | PPKn | Disajikan gambar rumah adat daerah di salah satu provinsi di Pulau Jawa disertai deskripsi singkat, siswa menentukan asal provinsi dan nama rumah adat tersebut dengan benar |
Essay | ||
36 | PPKn | Disajikan gambar bangun rumah adat suku Manggarai, siswa menafsirkan 5 tingaktan pada bangun tersebut dengan benar. |
37 | PPKn | Disajikan 4 kat yang berhubungan dengan keragaman suku bangsa di Indonesia, siswa mengembangkan 4 kata tersebut menjadi paragraf informatif yang mendeskripsikan tentang keragaman suku bangsa di Indonesia dengan benar |
38 | IPA | Disajikan ilustrasi tentang listik statis dan dinamsi, siswa mengklasifikasikan 3 ciri khas dari listrik statis dan listrik dinamis dengan benar |
39 | IPS | Disajikan deskripsi tentang 5 faktor penyebab keragaman masyarakat di Indonesia, siswa mendeskripsikan kelima faktor tersebut dengan benar dengan alas logisnya. |
40 | SBdP | Disajikan deskripsi tentang tempo pada sebuah lagu, siswa mendeskipsikan 3 jenis tempo dengan benar |
Itulah kisi-kisi soal kelas 4 pada PAT/UKK. Kisi-kisi ini yang akan menjadi rujukan penyusunan soal PAT/UKK kelas 4.
Bagi Anda guru atau orang tua siswa, Anda akan mendapatkan gambaran mengenai penysusunan soal yang akan diujikan.
Semoga bermanfaat...
test
ReplyDelete