Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisi-kisi Soal Uraian/Essay/Isian USBN IPA SD 2018/2019

Assalamualaikum,

Penyelenggaraan ujian sekolah jenjang sekolah dasar sebentar lagi. Kegiatan pemantapan materi yang harus dikuasai peserta didik kelas 6 sudah dilaksanakan jauh-jauh hari. Apalagi tugas guru kelas 6 adalah memberikan pelayanan pemantapan pengajaran agar peserta ujian benar-benar siap menghadapi soal USBN 2019.
Kisi-kisi soal uraian/Essay/Esai/Isian USBN SD IPA 2019

Perlu diketahui bahwa soal-soal ujian sekolah jenjang sekolah dasar pada tahun pelajaran 2018/2019 ini disusun oleh Tim Pengembang Kurikulum tingkat Kabupaten/Kota. Dinas Pendidikan kabupaten/kota menugaskan beberapa pihak untuk dilibatkan dalam penyusunan soal. Termasuk guru-guru pilihan dengan kualifikasi terbaik, selain itu juga ada campur tangan dari pengawas binaan sebagai tim pengontrol kualitas naskah ujian.
Update: Cara membedah kisi-kisi USBN SD 2019 tentang Penyesuaian Diri Makhluk Hidup
Tim pengembang kurikulum juga bertugas menyusun naskah soal praujian/Tryout yang dilaksanakan oleh dinas pendidikan. Naskah-naskah soal tersebut disusun berdasarkan koridor penomoran naskah yang telah ditentukan oleh kemendikbud bersama dinas pendidikan terkait. Sementara itu, kisi-kisi USBN SD 2018/2019 yang diedarkan oleh Balitbang Kemendikbud ke publik masih bersifat global. Belum mencakup penomoran soal pada naskah ujian.

Oleh karena itu, berikut ini saya mencoba menyajikan kisi-kisi soal uraian/Essay/Essay USBN IPA SD Tahun 2018/2019 berdasarkan naskah-naskah soal praujian/tryout yang telah dilaksanakan.

Adapun kisi-kisinya adalah:
No. Soal Kisi-kisi USBN SD IPA 2019Contoh Indikator Soal
36.Peserta didik Mampu Mengaplikasikan pengetahuan tentang Hubungan antarmakhluk hidup dengan lingkungannya

Baca juga: Bedah Kisi-kisi USBN SD IPA tentang Hubungan Antarmakhluk Hidup dan Lingungan
  • Mengidentifikasi rantai makanan pada ekosistem tertentu.
  • Menentukan organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap.
  • Menentukan peran organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar.
  • Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat.
  • Memberikan contoh hubungan yang erat antarmakhluk hidup (simbiosis)
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang penyesuaian diri makhluk hidup
  • Mengidentifikasi cara hewan  tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya berdasarkan ilustrasi.
  • Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu.
  • Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya.
  • Siswa dapat menyebutkan tujuan dari ciri khusus yang dimiliki oleh makhluk hidup di lingkungan tertentu
Peserta didik mampu mengapllikasikan tentang keseimbangan lingkungan   
  • Siswa dapat menjelaskan tujuan pelestarian hewan/tumbuhan 
  • Menjelaskan cara melestarikan sumber daya alam tertentu berdasarkan kasus di suatu daerah.
  • Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan/sumber daya alam di suatu daerah.
  • Menjelaskan  akibat dari kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan berdasarkan ilustrasi yang disajikan.
  • Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, atau banjir berdasarkan kasus yang disajikan
37.Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang Daur hidup hewan
  • Mengidentifikasi hewan yang mengalami daur hidup seperti tampak pada gambar/diagram.
  • Menentukan salah satu tahapan daur hidup hewan tertentu yang merugikan atau menguntungkan manusia berdasarkan ilustrasi.
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang mekanisme system gerak   
  • Menjelaskan fungsi bagian rangka yang disajikan dalam gambar
  • Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar
  • Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam gambar.
    Menentukan arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar.
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang mekanisme sistem organ (pernapasan, pencernaan, dan peredaran darah)
  • Menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk pada gambar sistem pernapasan pada hewan
  • Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan pada hewan
  • Menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk pada gambar sistem pernapasan.
  • Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan.
  • Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
  • Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menentukan fungsi organ atau saluran pencernaan yang ditandai.
  • Siswa dapat menentukan aliran darah pada salah satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar
  • Siswa dapat menentukan urutan aliran darah pada salah satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar
  • Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia
  • Disajikan percobaan sistem organ, siswa dapat bernalar tentang percobaan tersebut

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang pemeliharaan kesehatan organ
  • Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ tertentu .
  • Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis penyakit pada manusia

38Peserta didik mampu bernalar tentang pemanfaatan benda berdasarkan sifatnya
  • Menentukan pasangan yang tepat antara benda dan sifat-sifatnya, disajikan dalam tabel.
  • Menyebutkan penggunaan benda berdasarkan sifat hantaran panas.)
  • Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu
Pesera didik mampu bernalar tentang perubahan wujud benda
  • Menentukan pasangan yang tepat pada tabel contoh kegiatan dan perubahan wujud benda yang terjadi.
  • Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi
  • Siswa dapat menjelaskan contoh pemanfaatan perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari (mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim).
  • Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan)
Peserta didik mampu bernalar tentang suhu dan kalor
  • Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap benda pada kegiatan tersebut
  • Menjelaskan penerapan kegiatan yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan
  • Menyebutkan contoh perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari
  • Menyebutkan penggunaan benda berdasarkan sifat hantaran panas.
  • Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas
  • Siswa dapat menjelaskan pemanfaatan benda konduktor atau isolator
39.Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang  pengaruh gaya terhadap gerak, arah, dan bentuk benda
  • Menyebutkan jenis  gaya dalam kegiatan sehari-hari berdasarkan gambar. 
  • Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan 
  • Menyebutkan contoh kegiatan yang menunjukkan gaya dapat mengubah gerak, arah, atau bentuk benda. 
  • Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan
Pesera didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang bunyi
  • Menyebutkan benda-benda yang dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung. 
  • Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan). 
  • Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan sumber bunyi dari alat tersebut
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang cahaya
  • Menjelaskan sifat cahaya yang terjadi berdasarkan ilustrasi suatu kegiatan/gambar.
  • Menentukan arah bayangan benda jika posisi sumber cahaya diubah berdasarkan gambar
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang perubahan energi listrik dan penghematan energi listrik   
  • Disajikan ilustasi siswa dapat menyebutkan perubahan energi yang sama
  • Siswa dapat menunjukkan perubahan energi yang terjadi pada benda
  • Siswa dapat menyebutkan cara menghemat energi listrik
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang energi alternative dan cara penggunaannya
  • Menunjukkan gambar benda atau kegiatan yang memanfaatkan energi alternatif  tertentu dalam kehidupan sehari-hari. 
  • Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari. 
  • Menentukan cara menghemat energi berdasarkan ilustrasi tentang kelangkaan energi
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang listrik dan magnet
  • Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar rangkaian listrik yang terdiri atas beberapa lampu dan dua saklar. 
  • Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan lampu yang menyala/padam jika salah satu saklar diputus/disambung 
  • Menentukan cara membuat magnet berdasarkan gambar.
40.Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang mencegah kerusakan lingkungan
  • Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb) 
  • Disajikan suatu kasus, siswa dapat menentukan cara melestarikan sumber daya alam tersebut
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang dampak pengambilan bahan alam
  • Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar 
  • Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan.
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang rotasi dan revolusi bumi dan bulan
  • Siswa dapat menjelaskan akibat dari gerakan bumi dan bulan terhadap kehidupan manusia
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang gerhana bulan dan gerhana matahari
  • Siswa dapat mengidentifikasi gambar/ilustrasi terjadinya gerhana matahari dan bulan
  • Siswa dapat menjelaskan terjadinya gerhana matahari dan bulan

Kisi-kisi di atas adalah hasil dari analisis terhadap naskah soal praujian/tryout pada tahun pelajaran 2018/2019 yang telah dilaksanakan mulai dari bulan Januari hingga bulan April 2019. Semoga, kehadiran kisi-kisi USBN IPA tentang soal Uraian/Essay/Esai/Isian 2019 ini bermanfaat.
Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "Kisi-kisi Soal Uraian/Essay/Isian USBN IPA SD 2018/2019"