Kisi-kisi Soal Uraian/Essay/Isian USBN IPA SD 2018/2019
Assalamualaikum,
Penyelenggaraan ujian sekolah jenjang sekolah dasar sebentar lagi. Kegiatan pemantapan materi yang harus dikuasai peserta didik kelas 6 sudah dilaksanakan jauh-jauh hari. Apalagi tugas guru kelas 6 adalah memberikan pelayanan pemantapan pengajaran agar peserta ujian benar-benar siap menghadapi soal USBN 2019.
Perlu diketahui bahwa soal-soal ujian sekolah jenjang sekolah dasar pada tahun pelajaran 2018/2019 ini disusun oleh Tim Pengembang Kurikulum tingkat Kabupaten/Kota. Dinas Pendidikan kabupaten/kota menugaskan beberapa pihak untuk dilibatkan dalam penyusunan soal. Termasuk guru-guru pilihan dengan kualifikasi terbaik, selain itu juga ada campur tangan dari pengawas binaan sebagai tim pengontrol kualitas naskah ujian.
Adapun kisi-kisinya adalah:
Kisi-kisi di atas adalah hasil dari analisis terhadap naskah soal praujian/tryout pada tahun pelajaran 2018/2019 yang telah dilaksanakan mulai dari bulan Januari hingga bulan April 2019. Semoga, kehadiran kisi-kisi USBN IPA tentang soal Uraian/Essay/Esai/Isian 2019 ini bermanfaat.
Penyelenggaraan ujian sekolah jenjang sekolah dasar sebentar lagi. Kegiatan pemantapan materi yang harus dikuasai peserta didik kelas 6 sudah dilaksanakan jauh-jauh hari. Apalagi tugas guru kelas 6 adalah memberikan pelayanan pemantapan pengajaran agar peserta ujian benar-benar siap menghadapi soal USBN 2019.
Perlu diketahui bahwa soal-soal ujian sekolah jenjang sekolah dasar pada tahun pelajaran 2018/2019 ini disusun oleh Tim Pengembang Kurikulum tingkat Kabupaten/Kota. Dinas Pendidikan kabupaten/kota menugaskan beberapa pihak untuk dilibatkan dalam penyusunan soal. Termasuk guru-guru pilihan dengan kualifikasi terbaik, selain itu juga ada campur tangan dari pengawas binaan sebagai tim pengontrol kualitas naskah ujian.
Update: Cara membedah kisi-kisi USBN SD 2019 tentang Penyesuaian Diri Makhluk HidupTim pengembang kurikulum juga bertugas menyusun naskah soal praujian/Tryout yang dilaksanakan oleh dinas pendidikan. Naskah-naskah soal tersebut disusun berdasarkan koridor penomoran naskah yang telah ditentukan oleh kemendikbud bersama dinas pendidikan terkait. Sementara itu, kisi-kisi USBN SD 2018/2019 yang diedarkan oleh Balitbang Kemendikbud ke publik masih bersifat global. Belum mencakup penomoran soal pada naskah ujian.
Oleh karena itu, berikut ini saya mencoba menyajikan kisi-kisi soal uraian/Essay/Essay USBN IPA SD Tahun 2018/2019 berdasarkan naskah-naskah soal praujian/tryout yang telah dilaksanakan.
Adapun kisi-kisinya adalah:
No. Soal | Kisi-kisi USBN SD IPA 2019 | Contoh Indikator Soal |
---|---|---|
36. | Peserta didik Mampu Mengaplikasikan pengetahuan tentang Hubungan antarmakhluk hidup dengan lingkungannyaBaca juga: Bedah Kisi-kisi USBN SD IPA tentang Hubungan Antarmakhluk Hidup dan Lingungan |
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang penyesuaian diri makhluk hidup |
| |
Peserta didik mampu mengapllikasikan tentang keseimbangan lingkungan |
| |
37. | Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang Daur hidup hewan |
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang mekanisme system gerak |
| |
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang mekanisme sistem organ (pernapasan, pencernaan, dan peredaran darah) |
| |
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang pemeliharaan kesehatan organ |
| |
38 | Peserta didik mampu bernalar tentang pemanfaatan benda berdasarkan sifatnya |
|
Pesera didik mampu bernalar tentang perubahan wujud benda |
| |
Peserta didik mampu bernalar tentang suhu dan kalor |
| |
39. | Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang pengaruh gaya terhadap gerak, arah, dan bentuk benda |
|
Pesera didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang bunyi |
| |
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang cahaya |
| |
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang perubahan energi listrik dan penghematan energi listrik |
| |
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang energi alternative dan cara penggunaannya |
| |
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang listrik dan magnet |
| |
40. | Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang mencegah kerusakan lingkungan |
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang dampak pengambilan bahan alam |
| |
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang rotasi dan revolusi bumi dan bulan |
| |
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang gerhana bulan dan gerhana matahari |
|
Kisi-kisi di atas adalah hasil dari analisis terhadap naskah soal praujian/tryout pada tahun pelajaran 2018/2019 yang telah dilaksanakan mulai dari bulan Januari hingga bulan April 2019. Semoga, kehadiran kisi-kisi USBN IPA tentang soal Uraian/Essay/Esai/Isian 2019 ini bermanfaat.
Post a Comment for "Kisi-kisi Soal Uraian/Essay/Isian USBN IPA SD 2018/2019"
Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar Anda tidak segera muncul karena diatur moderasi komentar. Komentar Anda akan muncul setelah kami menyetujuinya. Komentar dengan mencantumkan link aktif, unsur sara, ataupun yang melanggar TOS kami tidak akan dipublikasikan. Terima kasih