Cara Membedah Kisi-kisi USBN SD 2019/2020 Tentang Penyesuaian Diri Makhluk Hidup
Bagi guru kelas 6, mempersiapkan strategi pembelajaran untuk mengantarkan peserta didik mencapai nilai USBN adalah suatu keharusan. Salah satunya dengan membedah kisi-kisi USBN SD. Kisi-kisi USBN SD menjadi acuan bagi pembuat naskah soal USBN dimana materi yang diujikan harus sudah dikuasai peserta didik.
USBN jenjang sekolah dasar memilki 3 mata pelajaran utama, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Hasil nilai ketiga mata pelajaran USBN SD ini akan digunakan sebagai syarat memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi.
USBN SD IPA memiliki 5 ruang lingkup materi, di antaranya adalah Hubungan Antarmakhluk Hidup dan Lingkungan. Pada ruang lingkup materi ini mencakup submateri Penyesuaian Diri/Adaptasi Makhluk Hidup.
Dalam kisi-kisi USBN SD IPA 2019/2020, Penyesuaian diri makhluk hdiup memiliki uji kompetensi berupa level kognitif 1 dan 2. Dimana peserta didik harus memahami dan menerapkan pengetahuan Penyesuaian Diri makhluk hidup.
SKL/Kompetensi Dasar Penyesuaian Diri/Adaptasi Makhluk Hidup
Kisi-kisi USBN SD 2019/2020 pada submateri Penyesuian Diri Makhluk Hidup merupakan irisan dari kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Submateri Adaptasi diajarkan di kelas 5 semester 1 pada kurikulum 2006. Dengan Kompetensi dasar:
3. Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
3.2 Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
Sementara pada Kurikulum 2013, submateri ini harus sudah diajarkan di kelas 6. Dengan kompetensi dasar:
3.3 Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber
Dilihat dari kompetensi dasar pada masing-masing kurikulum, kita akan melihat bahwa submateri Penyesuaian diri pada kurikulum 2006 memiliki Kata Kerja Operasi (KKO) pada level kognistif C1 (mengingat). Sedangkan pada kurikulum 2013 sudah pada level kognitif C4 dengan KKO “Menganalisis”.
Artinya, dalam pembelajaran di dalam kelas, guru dan peserta didik wajib menerapkan pembelajaran-pembelajaran yang mendukung kompleksitas tentang materi ini hingga dalam tahap menganalisis.
Materi Pokok Penyesuaian Diri atau Adaptasi Makhluk Hidup
Adapun konten/isi materi Penyesuaian Diri/Adaptasi Makhluk Hidup terkait dengan beberapa informasi tentang:- Tujuan adaptasi pada makhluk hidup
Meliputi:- Tujuan adaptasi pada hewan
- Tujuan adaptasi pada tumbuhan
- Jenis-jenis Adaptasi, meliputi
- Adaptasi morfologi
- Adaptasi fisiologi
- Adaptasi tingkah laku
- Adaptasi pada tumbuhan di lingkungan tertentu, meliputi
- Tumbuhan hidrofit,
- Tumbuhan xerofit,
- Tumbuhan mesofit,
- Tumbuhan saprofit
- Tumbuhan parasit
- Tumbuhan epifit
- Ciri khusus pada tumbuhan/hewan sebagai bentuk adaptasi
Konten materi ini wajib dikuasai peserta didik dalam menghadapi tipe-tipe soal yang akan diujikan. Apalagi, soal USBN SD tahun depan selalu menerapkan soal berorientasi berpikir tingkat tinggi.
Bagaimana bentuk soal HOTS USBN SD IPA tentang Penyesuaian Diri Makhluk Hidup?
Sebelum mengenal bentuk soal HOTS, ada baiknya kita pahami dulu karakteristik dari soal HOTS itu sendiri. Paradigma mengenai soal HOTS merupakan soal sulit harus diredupsi. Soal HOTS bukanlah soal yang ditempatkan untuk diluar level jenjangnya.
Maksudnya, soal HOTS merupakan soal yang membutuhkan proses atau tahapan berpikir sebelum menemukan jawabannya. Jadi, soal HOTS cenderung akan menemukan jawaban setelah ada tahapan berpikir peserta didik kemudian menemukan kesimpulan jawabannya.
Setidaknya, soal HOTS tersebut memiliki karakteristik sebagai berikut:
- Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi,
- Berbasis permasalahan kontekstual
Soal-soal USBN SD IPA berorientasi HOTS akan mengajak siswa berpikir melalui tahapan-tahapan kognitif. Domain kata kerja operasional yang dijadikan indikator soal biasanya termasuk pada level kognitif level 4 ke atas. Mulai dari C4 hingga C5. Dari analisis hingga mengkreasi.
Selain itu, soal-soal juga disajikan dekat dengan kehidupan peserta didik. Atau minimal memiliki relevansi pengelaman yang telah dimiliki siswa. Sehingga soal HOTS akan menghadirikan stimulus-stimulus yang mengajak peserta didik berpikir terlebih dahulu untuk menjawabnya.
Berikut adalah contoh soal HOTS USBN SD IPA terutama pada submateri Penyesuaian Diri Makhluk Hidup.
1. Ani melihat bunga yang sedang mekar di Taman Bunga di Bogor. Saat mendekati ternyata bunga tersebut mengeluarkan bau busuk seperti bangkai. Bau busuk pada bunga tersebut bertujuan untuk . . . .
(Soal Tryout 2015/2016 Tgl. 04-03-2016)
A. Menarik lalat untuk memenuhi tumbuhan
B. Menarik lalat untuk mengambil nektar
C. Menarik lalat untuk membantu penyerbukan
D. Mengusir lalat agar tidak mendekat
Soal di atas termasuk soal HOTS, karena beberapa hal:(Soal Tryout 2015/2016 Tgl. 04-03-2016)
A. Menarik lalat untuk memenuhi tumbuhan
B. Menarik lalat untuk mengambil nektar
C. Menarik lalat untuk membantu penyerbukan
D. Mengusir lalat agar tidak mendekat
1. Ada stimulus yang kontekstual dimana teks menceritakan pengalaman peserta didik di dunia nyata
2. Ada tahapan berpikir sebelum menjawab.
Contoh lain adalah:
Perhatikan gambar tumbuhan berikut:
Tumbuhan yang cocok hidup di daerah gurun pasir ditujukan nomor …
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
1 | 2 | 3 | 4 |
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Soal di atas termasuk soal HOTS karena:
1. Adanya stimulasi berupa gambar
2. Siswa mengidentifikasi masing-masing gambar, kemudian menganalisis habitat masing-masing soal. Sehingga soal ini menuntut adanya proses berpikir
Indikator Soal USBN IPA pada submateri Penyesuaian Diri:
Berikut ini adalah contoh indikator soal pada naskah UN/US IPA tentang Penyesuaian Diri atau Adaptasi Makhluk Hidup. Indikator soal ini merupakan indikator yang pernah muncul pada kisi-kisi UN SD dari tahun 2010.- Mengidentifikasi cara hewan tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya berdasarkan ilustrasi.
- Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu.
- Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya.
- Siswa dapat menyebutkan tujuan dari ciri khusus yang dimiliki oleh makhluk hidup di lingkungan tertentu
Kesimpulan:
Pada dasarnya, soal HOTS pada USBN SD IPA 2019 tentang Penyesuaian diri makhluk hidup adalah mendekatkan materi dengan situasi soal yang berbeda. Siswa dituntut untuk menggali pengetahuan dasarnya hingga menemukan jawaban soal.
Mengenai materi pokok yang harus dikuasi adalah materi pokok Penyesuaian Diri Makhluk hidup sebagaimana telah disebutkan di atas. Jadi, pengetahuan ini harus sudah dikuasai peserta didik terlebih dahulu. Penguasaan materi ini akan menjadi dasar bagi siswa untuk dapat menganalisa jawaban yang benar.
Post a Comment for "Cara Membedah Kisi-kisi USBN SD 2019/2020 Tentang Penyesuaian Diri Makhluk Hidup"
Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar Anda tidak segera muncul karena diatur moderasi komentar. Komentar Anda akan muncul setelah kami menyetujuinya. Komentar dengan mencantumkan link aktif, unsur sara, ataupun yang melanggar TOS kami tidak akan dipublikasikan. Terima kasih