Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal, Kisi-kisi, dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 KD 3.1

Kali ini saya mencoba untuk membuatkan dan mengarsipkan naskah ulangan harian Matematika KD 3.1. Saya buat berurutan berdasarkan Kisi-kisi-nya. Di dalamnnya sudah termasuk Indikator Soal, level kognitif, serta contohs soalnya.

Berikut ini contoh dari Kisi-kisinya


KISI-KISI PENULISAN SOAL SOAL ULANGAN MATEMATIKA

Jenjang

:

Sekolah Dasar

Kurikulum

:

Kurikulum 2013 (Perka Balitbang)

Mata Pelajaran

:

MTK

Alokasi Waktu

:

140 Menit

Jumlah Soal

:

15 Soal
Pilihan Ganda = 10 Soal
Isian = 5 Soal

Penyusun

:

Ade Andriansyah, S.Pd.SD
(UPTD SDN Ratujaya 1)

 

No.

Kompetensi Dasar

Lingkup Materi

Materi Pokok

Level Kognitif

Indikator Soal

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat.

Bilangan

Bilangan Bulat

L1

Siswa dapat menjelaskan pengertian bilangan bulat dengan tepat

Pilihan Ganda

1

2

3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat.

Bilangan

Bilangan Bulat

L1

Siswa dapat menuliskan penulisan bilangan positif dan/atau bilangan negatif dengan tepat

Pilihan Ganda

2

3

3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat.

Bilangan

Bilangan Bulat

L1

Siswa dapat menuliskan penulisan bilangan positif dan/atau bilangan negatif dengan tepat

Pilihan Ganda

3

4

3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat.

Bilangan

Bilangan Bulat

L1

Siswa dapat menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan dengan benar

Pilihan Ganda

4

5

3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat.

Bilangan

Bilangan Bulat

L1

Siswa dapat menentukan lawan dari suatu bilangan bulat dengan benar

Pilihan Ganda

5

6

3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat.

Bilangan

Bilangan Bulat

L1

Siswa dapat menyebutkan bilangan-bilangan negatif berdasarkan tanda perbandingan tertentu (lebih kecil atau lebih besar)

Pilihan Ganda

6

7

3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat.

Bilangan

Bilangan Bulat

L2

Siswa dapat membandingkan dua bilangan bulat dengan benar

Pilihan Ganda

7

8

3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat.

Bilangan

Bilangan bulat

L2

Disajikan beberapa bilangan bulat, siswa dapat mengurutkan bilangan bulat dari nilai terkecil ke terbesar atau sebaliknya

Pilihan Ganda

8

9

3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat.

Bilangan

Bilangan Bulat

L2

Disajikan beberapa bilangan bulat, siswa dapat mengurutkan bilangan bulat dari nilai terkecil ke terbesar atau sebaliknya

Pilihan Ganda

9

10

3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat.

Bilangan

Bilangan Bulat

L2

Disajikan ilustrasi, siswa dapat menuliskan bilangan bulat negatif dengan tepat

Pilihan Ganda

10

11

3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat.

Bilangan

Bilangan bulat

L2

Siswa dapat menyebutkan beberapa bilangan bulat yang berada dalam suatu interval

Isian

11

12

3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat.

Bilangan

Bilangan Bulat

L3

Disajikan Ilustrasi, siswa dapat menganalisis bilangan bulat yang tepat

Isian

12

13

3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat.

Bilangan

Bilangan Bulat

L3

Disajikan notasi matematika, siswa dapat menganalisis bilangan-bilangan bulat dengan benar

Isian

13

14

3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat.

Bilangan

Bilangan Bulat

L3

Disajikan sebuah ilustrasi yang berkaitan dengan bulat dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat membandingkan bilangan bulat dari ilustrasi tersebut dengan benar

Isian

14

15

3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat.

Bilangan

Bilangan Bulat

L3

Disajikan sebuah ilustrasi yang berkaitan dengan bulat dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat membandingkan bilangan bulat dari ilustrasi tersebut dengan benar

Isian

15


sedangkan untuk naskah soalnya:
Pilihlah opsi jawaban yang tepat!
1.Bilangan bulat adalah bilangan yang terdiri dari ....
  1. Bilangan bulat negatif, bilangan bulat positif, dan bilangan netral
  2. Bilangan bulat negatif, bilangan bulat asosiatif, dan bilangan nol
  3. Bilangan bulat positif, bilangan bulat negatif, dan bilangan pecahan
  4. Bilangan Asli, bilangan cacah, dan bilangan nol
2.Jika Kalian akan menuliskan bilangan bulat positif, maka Kalian ....
  1. harus diawali tanda positif (+) pada bilangan
  2. tidak harus diawali tanda positif (+) pada bilangan
  3. harus diawali tanda negatif (-) pada bilangan
  4. harus diberikan tanda kurung (...) pada bilangan
3.Suhu di dalam lemari es adalah 5 derajat celcius di bawah titik beku. Suhu lemari es tersebut ditulis ....
  1. 5
  2. +5
  3. -5
  4. (5)
4.Penulisan posisi bilangan bulat pada garis bilangan yang tepat adalah ....
  1. contoh soal garis bilangan kelas 6
  2. contoh soal garis bilangan kelas 6
  3. contoh soal garis bilangan kelas 6
  4. contoh penulisan garis bilangan yang benar
5.Lawan masing-masing dari bilangan -5 dan 10 adalah ....
  1. 5 dan -10
  2. -5 dan 10
  3. 10 dan -5
  4. -10 dan 5
6.Bilangan bulat negatif yang nilainya lebih dari -7 adalah ....
  1. -7, 0, 7
  2. -6, -5, -4, -3, -2, -1
  3. 1, 2, 3, 4, 5, 6
  4. -7, -6, -5, -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7
7.5 ... -15
Tanda perbandingan yang tepat adalah ....
  1. >
  2. <
  3. =
  4. ~
8.Urutan bilangan tersebut dari yang terkecil adalah ....
  1. 26, 28, 30, -30, -31, -32
  2. 30, 28, 26, -30, -31, -32
  3. -32, -31, -30, 26, 28, 30
  4. -30, -31, -32, 26, 28, 30
9.Urutan dari yang terbesar adalah ....
  1. 20, 22, 18, -16, -20, -21
  2. 22, 20, 18, -21, -20, -16
  3. 22, 20, 18, -16, -20, -21
  4. -21, -20, -16, 18, 20, 22
10.Besarnya penurunan salju pada tahun 2021 dalam bentuk bilangan bulat adalah ....
  1. -1
  2. -11
  3. -20
  4. -21
Jawablah Essay berikut!
11.Bilangan bulat antara -9 dan 3 adalah ....
12.Sebuah Helikopter awalnya berada di ketinggian 3 Km dari sebuah puncak gunung. Kemudian, helikopter tersebut turun sejauh 5 Km dari puncak gunung tersebut. Jika puncak gunung dilambangkan sebagai bilangan nol, posisi helikopter sekarang adalah .... (tulis dalam bentuk bilangan bulat)
13.
Perhatikan notasi Matematika berikut:

-8 ≤ x < 2

Jika x adalah bilangan bulat, carilah seluruh nilai x yang memenuhi notasi matematika tersebut!
Ilustrasi berikut untuk menjawab soal isian nomor 14 dan 15!
Pada akhir tahun beberapa negara mengalami suhu ekstrem. Rusia mencapai minus 21 derajat Celcius. Suhu musim dingin di Kanada bagian barat mencapai hingga minus 50 derajat celcius. Di Hokaido Jepang, suhunya mencapai 6 derajat Celcius di bawah titik beku. Bahkan di Indonesia mengalami suhu minus 1 derajat di dataran tinggi Dieng.
14.Suhu ekstrem terendah dialami oleh negara ....
15.Suhu ekstrem tertinggi dialami oleh negara ....

KUNCI JAWABAN DAN PENSKORAN

SOAL ULANGAN MATEMATIKA

 

No.
Soal

Kunci
Jawaban

Pembahasan/Penskoran

1

A

Bilangan bulat adalah bilangan yang terdiri dari bilangan bulat positif, bilangan bulat negatif, dan bilangan netral atau nol

2

B

Untuk Penulisan bilangan bulat positif, tidak harus diawali dengan tanda positif pada bilangan.

3

C

Titik beku dalam satuan suhu adalah 00C. 
Jika suhu lemari es dibawah titik beku, artinya suhu tersebut adalah negatif 5, atau ditulis dengan -5

4

D

Pembahasan dan Penskoran

KLIK AREA INI UNTUK MENGETIK TEKS

5

A

Lawan dari -5 adalah 5

Lawan dari 10 adalah -10

Jadi, lawan masing-masing -5 dan 10 adalah 5 dan -10

6

B

Bilangan negatif yang nilainya lebih dari -7 adalah:

  • -7 > -7 = Salah
  • -6 > -7 = Benar
  • -5 > -7 = Benar
  • -4 > -7 = Benar
  • -3 > -7 = Benar
  • -2 > -7 = Benar
  • -1 > -7 = Benar
  • 0 > -7 = Benar, tapi bukan bilangan negatif. Nol adalah bilangan netral

7

A

5 > -15

8

C

-32 < -31 < -30 < 26 < 28 < 30

9

C

KLIK DI SINI UNTUK MENGETIK TEKS

10

B

Setiap 1 tahun berkurang 1 meter, artinya dari tahun 2010 ke tahun 2011 selama 11 tahun. 

 

Jadi, penurunan ketebalan selama 11 tahun adalah -11

11

A

-8, -7, -6, -5, -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 

12

A

KLIK DI SINI UNTUK MENGETIK TEKS

13

A

Notasi Matematika -8 ≤ x < 2 artinya nilai-nilai x yang belum diketahui nilainya. Untuk menganalisa nilai x, kita gunakan cara:

 

Ingat: notasi perbandingan "≤" sama dengan "<" dan "="!

 

Misalkan kita ambil x = -9, maka

  • -8 < -9 = salah, 
  • -8 = -9 = salah

Jika x kita ambil x = -8, maka

  • -8 = -8  Benar

Maka, nilai x dimulai dari -8, kemudian cari nilai  -8 < x atau -8 = -8. Hasilnya:

  • -8 = -8 à Benar (notasi perbandingan "≤" sama dengan "<" dan "=")
  • -8 < -7  Benar
  • -8 < -6  Benar
  • -8 < -5  Benar
  • -8 < -4  Benar
  • -8 < -3  Benar
  • -8 < -2  Benar
  • -8 < -1  Benar
  • -8 < 0  Benar
  • -8 < 1  Benar
  • -8 < 2  Benar ????
  • -8 < 3  Benar ???
  • -8 < ... dst  Benar,

Notasi bilangan seterusnya pasti bernilai benar jika -8 < x, tapi lihat notasi berikutnya, yaitu: x < 2

Lihat deretan angka yang ada tanda tanya di atas, kita ambil x = 3 ke atas

  • 3 < 2  Salah
  • 2 < 2  Salah, dan notasinya bukan "≤", jadi x = 2, tetap salah
  • 1 < 2  Benar
  • 0 < 2  Benar
  • .... dst

Jadi, nilai x untuk notasi Matematika -8 ≤ x < 2 adalah:

 

-8, -7, -6, -5, -4, -3, -2, -1, 0, dan 1

 

 

14

A

Urutan negara yang mengalami suhu ekstrem dari yang paling rendah ke paling tinggi (dari yang dingin ke dingin sekali)

  • Indonesia, -10C
  • Jepang, -60C
  • Rusia, -210C
  • Kanada, -500C

Jadi, negara yang mengalami suhu ekstrem terendah adalah di Indonesia.

15

A

Urutan negara yang mengalami suhu ekstrem dari yang paling rendah ke paling tinggi (dari yang dingin ke dingin sekali)

  • Indonesia, -10C
  • Jepang, -60C
  • Rusia, -210C
  • Kanada, -500C

Jadi, negara yang mengalami suhu ekstrem terendah adalah di Indonesia.

 

Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "Contoh Soal, Kisi-kisi, dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 KD 3.1"