Kisi-kisi Soal PAT Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013
Assalamualaikum
Mata pelajaran nontema mulai dari kelas 4 adalah Matematika. Pelajaran ini secara resmi dipisahkan dari jaring-jaring tema dan diajarkan terpisah. Sumber belajar berupa buku pelajaran pun dipisah.
Matematika kelas 4 untuk semester 2 terdiri dari 12 kompetensi dasar. Kedua-belas kompetensi tersebut terangkum dalam materi pokok berikut ini:
Sebaran Nomor Soal:
Keterangan Kompetensi Dasar:
Mata pelajaran nontema mulai dari kelas 4 adalah Matematika. Pelajaran ini secara resmi dipisahkan dari jaring-jaring tema dan diajarkan terpisah. Sumber belajar berupa buku pelajaran pun dipisah.
Matematika kelas 4 untuk semester 2 terdiri dari 12 kompetensi dasar. Kedua-belas kompetensi tersebut terangkum dalam materi pokok berikut ini:
- Pecahan
- Taksiran Bilangan
- Bilangan Prima
- Faktor, Kelipatan, FPB dan KPK
- Satuan Berat
- Bangun Segibanyak
- Keliling dan Luas bangun datar
- Hubungan Antargaris dan Sudut
- Penyajian Data Statistika (Diagram Batang)
Kelas | : | 4 (Empat ) |
Kurikulum | : | 2013 (Revisi 2016) |
Mata Pelajaran | : | Matematika |
Jumlah Soal | : | 40 Soal |
Alokasi Waktu | : | 90 Menit |
Bentuk Soal | : |
|
Kompetensi Dasar | Soal PG | Isian Singkat | Essay | Jumlah |
---|---|---|---|---|
3.1 | 1, 2, | 26 | - | 3 |
3.2 | 3, 4 | - | - | 2 |
3.3 | 5, 6 | 27 | - | 3 |
3.4 | 7, 8 | 28 | - | 3 |
3.5 | 5,10 | - | - | 2 |
3.6 | 11, 12 | 29 | - | 3 |
3.7 | 13, 14 | 30 | - | 3 |
3.8 | 15, 16 | 31 | 40 | 4 |
3.9 | 17, 18 | 32 | 39 | 4 |
3.10 | 19, 20 | 33 | 38 | 4 |
3.11 | 21, 22, 23 | 34 | 37 | 5 |
3.12 | 24, 25 | 35 | 36 | 4 |
Jumlah soal | 40 |
Keterangan Kompetensi Dasar:
- 3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
- 3.2 Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya
- 3.3 Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dari desimal
- 3.4 Menjelaskan faktor dan Kelipatan suatu bilangan
- 3.5 Menjelaskan bilangan prima
- 3.6 Menjelaskan dan menentukan faktor peseketuan terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
- 3.7 Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat.
- 3.8 Menganalisis sifat-sifat segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
- 3.9 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua
- 3.10 Menjelaskan hubungan antargaris (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret
- 3.11 Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang
- 3.12 Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat
No Soal | Kompetensi Dasar |
Contoh Indikator Soal |
---|---|---|
Pilihan Ganda | ||
1 | 3.1 | Disajikan salah satu bilangan pecahan, peserta didik dapat menafsirkan bentuk pecahan tersebut secara deskriptif |
2 | 3.1 | Disajikan gambar pola pecahan dengan benda konkrit, siswa menentukan nilai pecahan dai gambar yang disajikan dengan benar |
3 | 3.2 | Disajikan karakteristik suatu bilangan pecahan, siswa menentukan jenis pecahan berdasarkan ciri-ciri yang disajikan dengan benar |
4 | 3.2 | Disajikan 4 buah bilangan pecahan biasa bepenyebut tak sama, siswa mengurutkan pecahan dari yang terkecil dengan benar |
5 | 3.3 | Disajikan operasi hitung bilangan pecahan desimal, siswa menentukan hasil akhir dengan pembulatan satu di belakang koma |
6 | 3.3 | Disajikan gambar sebuah lapangan bermain, siswa menentukan taksiran kelililng ke dalam ratusan terdekat |
7 | 3.4 | Disajikan deskripsi tentang konsep kelipatan, siswa mengidentifikasikan konsep kelipatan pada bentuk bilangan dengan benar. |
8 | 3.4 | Disajikan deskripsi tentang konsep fakto, siswa mengidentifikasikan konsep fakto pada bentuk bilangan dengan benar |
9 | 3.5 | Disajikan deskripsi ringkas behubungan dengan bilangan prima, siswa menentukan jenis atau definisi bilangan prima dengan benar |
10 | 3.5 | Disajikan kumpulan bilangan asli secara acak, siswa mengidentifikasi bilangan prima dari kumpulan bilangan dengan benar |
10 | 3.5 | Disajikan kumpulan bilangan asli secara acak, siswa mengidentifikasi bilangan prima dari kumpulan bilangan dengan benar |
11 | 3.6 | Disajikan dua buah bilangan puluhan tetentu, siswa menentukan KPK dan FPB dai kedua bilangan tersebut dengan benar |
12 | 3.6 | Disajikan permasalahan kehidupan sehari-hari berhubungan dengan FPB, siswa menentukan penyelesaian dari permasalahan yang disajikan dengan benar. |
13 | 3.7 | Disajikan opeasi bilangan dengan satua panjang dalam bentuk bilangan desimal, siswa menentukan hasil akhir dari operasi bilangan tersebut ke dalam pembulatan dengan benar. |
14 | 3.7 | Disajikan sebuah bilangan dengan satuan berat, siswa menentukan konversi ke satuan berat lainnya dengan benar. |
15 | 3.8 | Disajikan kumpulan bangun segibanyak, siswa mengidentifikasi kelompok segibanyak beraturan dari gambar yang disajikan dengan benar. |
16 | 3.8 | Disajikan kumpulan bangun segibanyak, siswa mengidentifikasi kelompok segibanyak tidak beraturan dari gambar yang disajikan dengan benar. |
17 | 3.9 | Disajikan gambar sebuah bangun data, siswa menentukan konsep keliling dari bangun datar yang disajikan dengan benar. |
18 | 3.9 | Disajikan gambar sebuah bangun data, siswa menentukan luas dai bangun yang disajikan dengan benar. |
19 | 3.10 | Disajikan sebuah gamba garis, siswa menentukan jenis hubungan antagaris berdasarkan gambar yang disajikan dengan benar. |
20 | 3.10 | |
21 | 3.11 | Disajikan gambar diagram batang, siswa memerlukan populasi terbanyak dari diagram yang disajikan dengan benar. |
22 | 3.11 | Disajikan kumpulan data sebanyak 10 buah, siswa mengidentifikasi penyajian data dalam bentuk diagram batang dengan benar. |
23 | 3.11 | |
24 | 3.12 | Disajikan gambar bangun data tanpa ukuran, siswa menentukan besar salah satu sudut pada gamba bangun datar yang disajikan dengan benar |
25 | 3.12 | Disajikan gambar salah satu sudut, siswa memprediksi besa sudut dari gambar yang disajikan dengan benar. |
Isian Singkat | ||
26 | 3.1 | Disajikan dua buah pecahan senilai dengan penyebut tidk sama, siswa menentukan hubungan keduanya dengan benar. |
27 | 3.3 | Disajikan deskripsi tentang permasalahan sehari-hari yang menggunakan ukuran panjang, siswa menentukan jumlah keseluruhan dalam bentuk taksiran pada bilangan ratusan dengan benar |
28 | 3.4 | Disajikan kumpulan 5 bilangan bilangan dalam urutan dari bilangan yang disajikan dengan benar. |
29 | 3.6 | Disajikan permasalahan kehidupan sehari-hari berhubungan dengan KPK, siswa menentukan penyelesaian dari permasalahan tersebut dengan benar |
30 | 3.7 | Disajikan deskripsi permasalahan kehidupan sehari-hari berhubungan dengan satuan berat, siswa menentukan konversi ke satuan berat lainnya dengan benar. |
31 | 3.8 | Disajikan sebuah gambar bangun segibanyak, siswa mengidentifikasi jenis segibanyak dari gambar yang disajikan dengan benar |
32 | 3.9 | Disajikan dua buah bangun datar dari konsep benda yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, siswa menentukan keliling bangun tersebut dengan benar |
33 | 3.10 | Disajikan dua buah titik yang sejajar, siswa menentukan dalam bentuk gambar hubungan antargaris jika kedua titik dihubungkan dengan benar. |
34 | 3.11 | Disajikan diagram batang sebanyak 10 data tunggal, siswa menentukan rata-rata dari data yang disajikan dengan benar. |
35 | 3.12 | Disajikan deskripsi berhubungan dengan salah satu ciri sudut, siswa menentukan jenis sudut berdasarkan ciri yang dideskripsikan dengan benar. |
Essay | ||
36 | 3.12 | Disajikan deskripsi sebuah bangun datar empat sisi dengan dengan diketahui satuannya, siswa dapat menentukan sudut dengan benar |
37 | 3.11 | Disajikan data mentah sebanyak 10 data, siswa menyajikan data tersebut ke dalam bentuk diagram batang dengan benar. |
38 | 3.10 | Disajikan deskripsi tentang hubungan antargaris (sejajar, berpotongan, berhimpit) siswa menjelaskan deskripsi masing-masing hubungan antargaris dengan dilengkapi gambarnya masing-masing. |
39 | 3.9 | Disajikan dua buah bangun datar yang berbeda, siswa menentukan luas dan keliling dari bangun tersebut kemudian membandingkan bangun mana yang memiliki luas lebih besar dengan benar. |
40 | 3.8 | Disajikan deskripsi tentang segibanyak, siswa membedakan segibanyak beraturan dengan segibanyak tidak beraturan dengan benar |
Post a Comment for "Kisi-kisi Soal PAT Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013"
Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar Anda tidak segera muncul karena diatur moderasi komentar. Komentar Anda akan muncul setelah kami menyetujuinya. Komentar dengan mencantumkan link aktif, unsur sara, ataupun yang melanggar TOS kami tidak akan dipublikasikan. Terima kasih