Contoh Soal Isian Uraian Essay USBN SD Matematika 2018 (Paket 2)
Pada postingan terdahulu, saya telah memposting Contoh Soal Isian Uraian Essay USBN SD Matematika 2018 (Paket 1). Kali ini saya akan membagikan contoh soal isian / uraian / essay USBN SD 2018 mata pelajaran Matematika Paket 2
Perhatikan baik-baik contoh indikator soal berikut:
Dari kisi-kisi tersebut di atas, kita bisa susun contoh soal uraian dengan contoh naskah:
Itulah contoh soal isian USBN SD 2018 Mata pelajaran Matematika.
Semoga bermanfaat ....
Perhatikan baik-baik contoh indikator soal berikut:
No. Soal | Lingkup Materi & Indikator Irisan | Level | Indikator |
---|---|---|---|
31 | Bilangan Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang: - operasi hitung bilangan cacah - operasi hitung bilangan bulat - operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga - KPK dan FPB - pecahan - perbandingan | L2 | Menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan bulat |
32 | Bilangan Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan: - operasi hitung bilangan cacah - operasi hitung bilangan bulat - KPK dan FPB - pecahan - perbandingan | L3 | Menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat tentang energi |
33 | Geometri dan Pengukuran Luas lingkaran | L2 | Menentukan luas bangun datar lingkaran |
34 | Geometri dan Pengukuran Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan: - satuan ukuran - waktu, jarak, dan kecepatan - keliling dan luas segiempat - keliling dan luas lingkaran - luas permukaan kubus, balok, dan tabung - volume kubus, balok, dan tabung | L3 | Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu. |
35 | Pengolahan Data Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang: - penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran - rata-rata hitung dan modus | L2 | Menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel |
Dari kisi-kisi tersebut di atas, kita bisa susun contoh soal uraian dengan contoh naskah:
31. | Berapakah hasil perhitungan dari bilangan matematika berikut 74 - 32 : (-16) + (-25)? |
32. | Suhu air di dalam termos adalah 89 oC. Sebagian air tersebut dituangkan ke dalam gelas dan setelah beberapa saat suhunya menjadi 23 oC. Berapa derajat Celcius penurunan suhu termos tersebut? |
33. | Diketahui sebuah bangun datar lingkaran memiliki keliling sebesar 638 mm. Berapakah luas lingkaran tersebut dalam satuan cm2? |
34. | Kecepatan Zaky bersepeda ke rumah nenek adalah 16 km/jam. Ia berangkat dari rumah pukul 05.30 dan tiba di rumah nenek pukul 09.45. Berapakah jarak (Km) yang ditempuh Zaky? |
35. | Diagram berikut menerangkan tentang makanan kegemaran 60 siswa kelas VI SD. Buatlah tabel jumlah siswa berdasarkan kegemaran masing-masing! |
Baca juga: Materi Pokok USBN SD Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA
Baca juga: Pembahasan Soal USBN SD Matematika Uraian/Essay Tahun Pelajaran 2018/2019Sedangkan pembahasannya sebagai berikut:
31. | Penyelesaian: Operasi hitung campuran bilangan bulat Dik : / Dit : 74 – 32 : (-16) + (-25) = . . . Jawab : = 74 – 32 : (-16) + (-25) = 74 – 32 : (-16) + (-25) hitung perkalian terlebih dulu dengan memperhatikan tanda bilangan (+) dan (-) nya) = 74 – (32: (-16)) + (-25) (perkalian dikerjakan dahulu. tanda (-) depan 32 adalah tanda hitung pengurangan, bukan tanda bilangan negatif. Sehingga operasi perkaliannya jadi (32 : (-16)). = 74 – (-2) + (-25) ( kerjakan dari depan ke belakang. Perhatikan tanda (+) dan (-). = 74 + 2 – 25 (perhatikan ketentuan tanda (+) dan (-) yang berkaitan dengan penjumlahan/pengurangan) = 76 – 25 = 51 (positif) Kesimpulannya: hasilnya dari perhitungan 74 – 32 : (-16) + (-25) adalah 51 | |||||||||||||||||||||
32. | Penyelesaian: Soal penalaran bilangan bulat Dik: Suhu awal = 89 oC Suhu Akhir = 23 oC Dit: Penurunan suhu? Jawab: Kalimat Matematika: Penurunan suhu dihitung berdasarkan suhu awal dikurangi suhu akhir, sehingga: Penurunan suhu = suhu awal – suhu akhir = 89 0C – 23 oC = 89 – 23 oC = 66oC Kesimpulannya: penurunan suhu pada termos sebesar 66oC | |||||||||||||||||||||
33. | Dik: Keliling lingkaran=628 mm Dit: Luas lingkaran Jawab: Menentukan jari-jari terlebih dahulu dengan rumus turunan dari keliling lingkaran K = 2 Artinya, r = r = r = 100 mm atau 10 cm Jadi, luas lingkaran tersebut adalah: L = = 3,14 x 102 = 314 cm2 Kesimpulannya: Luas lingkaran tersebut 314 cm2 | |||||||||||||||||||||
34 | Penyelesaian: Soal cerita tentang kecepatan Dik: Kecepatan (V): 16 Km/Jam Waktu Awal / berangkat (WAw) = 05.30 = ubah ke menit = 330 menit Waktu Akhir / Tiba (WAk) = 09.45 = 585 menit Durasi waktu (t) = WAk – WAw = 585 – 330 = 255 menit Samakan satuan-satuan yang diketahui, yaitu durasi (t) sesuai dengan satuan waktu pada kecepatan. Satuan waktu pada kecepatan adalah jam, sehingga satuan pada langkah 1 harus diubah menjadi Jam: 255 menit = Dit: Berapa jarak tempuh Zaky? Jawab: Tentukan Rumus Jarak: s=V x t→16 x | |||||||||||||||||||||
35 | Penyelesaian: Menentukan unsur diagram lingkaran Diagram lingkaran dengan satuan persentase (%) Unsur-unsur data yang diketahui: banyak seluruh siswa (nilai seluruh) = 60 siswa % seluruh = 100% % bakso = 30% % soto = 20% % Mie = 15% % gado-gado = siku-siku = 900 = 25% % Sate = 100% - (30 + 20 + 15 + 25)% 100-90 =10% Rumus mencari banyak siswa yang gemar makan sate (nilai sate) adalah: nilai kegemaran x = nilai bakso= nilai soto= nilai Mie= nilai gado-gado= nilai sate= Jadi, bentuk tabelnya adalah:
|
Semoga bermanfaat ....
Post a Comment for "Contoh Soal Isian Uraian Essay USBN SD Matematika 2018 (Paket 2)"
Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar Anda tidak segera muncul karena diatur moderasi komentar. Komentar Anda akan muncul setelah kami menyetujuinya. Komentar dengan mencantumkan link aktif, unsur sara, ataupun yang melanggar TOS kami tidak akan dipublikasikan. Terima kasih