Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Isian Uraian Essay USBN SD Matematika 2018 (Paket 2)

Pada postingan terdahulu, saya telah memposting Contoh Soal Isian Uraian Essay USBN SD Matematika 2018 (Paket 1). Kali ini saya akan membagikan contoh soal isian / uraian / essay USBN SD 2018 mata pelajaran Matematika Paket 2

Contoh Soal Uraian Isian Essay USBN SD 2018 Matematika


Perhatikan baik-baik contoh indikator soal berikut:
No. Soal Lingkup Materi & Indikator Irisan Level Indikator
31 Bilangan
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- operasi hitung bilangan cacah
- operasi hitung bilangan bulat
- operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga
- KPK dan FPB
- pecahan
- perbandingan

L2 Menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan bulat
32 Bilangan
Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
- operasi hitung bilangan cacah
- operasi hitung bilangan bulat
- KPK dan FPB
- pecahan
- perbandingan

L3 Menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat tentang energi
33 Geometri dan Pengukuran
Luas lingkaran

L2 Menentukan luas bangun datar lingkaran
34 Geometri dan Pengukuran
Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
- satuan ukuran
- waktu, jarak, dan kecepatan
- keliling dan luas segiempat
- keliling dan luas lingkaran
- luas permukaan kubus, balok, dan tabung
- volume kubus, balok, dan tabung

L3 Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.
35 Pengolahan Data
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran
- rata-rata hitung dan modus

L2 Menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel

Dari kisi-kisi tersebut di atas, kita bisa susun contoh soal uraian dengan contoh naskah:

31. Berapakah hasil perhitungan dari bilangan matematika berikut 74 - 32 : (-16) + (-25)?

32. Suhu air di dalam termos adalah 89 oC. Sebagian air tersebut dituangkan ke dalam gelas dan setelah beberapa saat suhunya menjadi 23 oC. Berapa derajat Celcius penurunan suhu termos tersebut?

33. Diketahui sebuah bangun datar lingkaran memiliki keliling sebesar 638 mm. Berapakah luas lingkaran tersebut dalam satuan cm2?

34. Kecepatan Zaky bersepeda ke rumah nenek adalah 16 km/jam. Ia berangkat dari rumah pukul 05.30 dan tiba di rumah nenek pukul 09.45. Berapakah jarak (Km) yang ditempuh Zaky?

35. Diagram berikut menerangkan tentang makanan kegemaran 60 siswa kelas VI SD.

contoh soal USBN SD/MI 2018 tentang diagram lingkaran


Buatlah tabel jumlah siswa berdasarkan kegemaran masing-masing!

Baca juga: Materi Pokok USBN SD Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA
Baca juga: Pembahasan Soal USBN SD Matematika Uraian/Essay Tahun Pelajaran 2018/2019
Sedangkan pembahasannya sebagai berikut:

31. Penyelesaian: Operasi hitung campuran bilangan bulat
Dik : / Dit : 74 – 32 : (-16) + (-25) = . . .

Jawab :
= 74 – 32 : (-16) + (-25)
= 74 – 32 : (-16) + (-25)  hitung perkalian terlebih dulu dengan memperhatikan tanda bilangan (+) dan (-) nya)
= 74 – (32: (-16)) + (-25) (perkalian dikerjakan dahulu. tanda (-) depan 32 adalah tanda hitung pengurangan, bukan tanda bilangan negatif. Sehingga operasi perkaliannya jadi (32 : (-16)).
= 74 – (-2) + (-25) ( kerjakan dari depan ke belakang. Perhatikan tanda (+) dan (-).
= 74 + 2 – 25 (perhatikan ketentuan tanda (+) dan (-) yang berkaitan dengan penjumlahan/pengurangan)
= 76 – 25
= 51 (positif)

Kesimpulannya: hasilnya dari perhitungan 74 – 32 : (-16) + (-25) adalah 51

32. Penyelesaian: Soal penalaran bilangan bulat
Dik:
Suhu awal = 89 oC
Suhu Akhir = 23 oC

Dit: Penurunan suhu?

Jawab:
Kalimat Matematika: Penurunan suhu dihitung berdasarkan suhu awal dikurangi suhu akhir, sehingga:
Penurunan suhu = suhu awal – suhu akhir
= 89 0C – 23 oC
= 89 – 23 oC
= 66oC

Kesimpulannya: penurunan suhu pada termos sebesar 66oC

33. Dik: Keliling lingkaran=628 mm

Dit: Luas lingkaran

Jawab:
Menentukan jari-jari terlebih dahulu dengan rumus turunan dari keliling lingkaran
K = 2 r
Artinya, r = rumus mencari jari-jari jika keliling diketahui
r = pembahasan soal diagram lingkaran USBN SD 2018pembahasan soal lingkaran =100 mm
r = 100 mm atau 10 cm

Jadi, luas lingkaran tersebut adalah:
L =.r2
= 3,14 x 102
= 314 cm2
Kesimpulannya: Luas lingkaran tersebut 314 cm2

34 Penyelesaian: Soal cerita tentang kecepatan
Dik:
Kecepatan (V): 16 Km/Jam
Waktu Awal / berangkat (WAw) = 05.30 = ubah ke menit = 330 menit
Waktu Akhir / Tiba (WAk) = 09.45 = 585 menit
Durasi waktu (t) = WAk – WAw = 585 – 330 = 255 menit

Samakan satuan-satuan yang diketahui, yaitu durasi (t) sesuai dengan satuan waktu pada kecepatan. Satuan waktu pada kecepatan adalah jam, sehingga satuan pada langkah 1 harus diubah menjadi Jam:
255 menit = perhitungan 255 dibagi 60=bentuk pecahan sederhana dari 17 per 4 jam

Dit: Berapa jarak tempuh Zaky?

Jawab:
Tentukan Rumus Jarak:
s=V x t→16 x 17 per 4>>=4 x 17→68 Km

35 Penyelesaian: Menentukan unsur diagram lingkaran
Diagram lingkaran dengan satuan persentase (%)

Unsur-unsur data yang diketahui:
banyak seluruh siswa (nilai seluruh) = 60 siswa
% seluruh = 100%
% bakso = 30%
% soto = 20%
% Mie = 15%
% gado-gado = siku-siku = 900 = 25%
% Sate = 100% - (30 + 20 + 15 + 25)%  100-90 =10%

Rumus mencari banyak siswa yang gemar makan sate (nilai sate) adalah:
nilai kegemaran x = rumus perbandingan
nilai bakso= perhitungan perbandingan 30% siswa
nilai soto= perhitungan perbandingan 20% siswa
nilai Mie= perbandingan 15% siswa
nilai gado-gado= perbandingan 25% siswa
nilai sate= perbandingan 10% siswa

Jadi, bentuk tabelnya adalah:
No. Kegemaran Jumlah Siswa
1 Bakso 18
2 Soto 12
3 Mie 9
4 Gado-gado 15
5 Sate 6
Jumlah 60 siswa
Itulah contoh soal isian USBN SD 2018 Mata pelajaran Matematika.

Semoga bermanfaat ....
Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "Contoh Soal Isian Uraian Essay USBN SD Matematika 2018 (Paket 2)"