Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembahasan Soal USBN SD Uraian/Essay Matematika Tahun 2018/2019

Assalamualaikum,

USBN atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun 2018/2019 telah dilaksanakan dari tanggal 21 April hingga 23 April 2019. Dilanjutkan dengan ujian sekolah tiga hari berikutnya.
Pembahasan Soal USBN SD Matematika 2019 pada soal uraian essay atau isian

Tentu beberapa siswa kelas 6 yang telah mengikuti USBN SD Tahun 2018/2019 ingin segera mengetahui hasilnya. Paling tidak, apakah jawaban mereka sesuai dan benar sehingga mereka yakin atas jawabannya.

Naskah soal dalam pembahasan ini merupakan naskah soal yang berlaku di Kota Depok-Jawa Barat. Boleh jadi soal ada kemiripan atau bahkan tidak sama sekali. Sebab naskah soal USBN jenjang SD disusun oleh Tim Pengembang Kurikulum tingkat Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami berusaha membagikan pembahasan soal USBN SD Matematika Tahun Pelajaran 2018/2019. Postingan saya batasi untuk membahas jawaban soal uraian atau isian dari USBN SD Matematika. Sedangkan pembahasan soal pilihan ganda akan ada postingan terpisah.

Berikut pembahasannya:

Nomor 31:

Seseorang pengunjung mengamati denah hutan wisata. Ia melihat dari pintu masuk menuju tempat air terjun 6 cm. Jika skala denah hutan wisata tersebut \[1:25.000\], berapa km jarak sebenarnya dari pintu menuju air terjun?


pembahasan:
PembahasanSkor
Diketahui:
jarak pada denah (jp): 6 cm
skala denah (s): \[1:25.000\]

Ditanyakan:
Berapa jarak sebenarnya dari pintu menuju air terjun?
1 poin
Jawab:
Rumus Jarak Sebenarnya = \[\frac{Jarak \, pada \, gambar (JP)}{Skala \, Peta} \]
Jarak Sebenarnya = \[6 \, cm \div \frac{1}{25.000}\]
Jarak Sebenarnya = \[6 \, cm \times \frac{25.000}{1} \]
Jarak Sebenarnya = \[6 \times 25.000\]
Jarak Sebenarnya = \[150.000 \, cm\]
2 poin
Jarak Sebenarnya = \[1,5 \, Km\] 2 poin
Jadi, Jarak sebenarnya antara pintu menuju air terjun adalah 1,5 Km 1 poin
Jumlah Poin 6 poin


Nomor 32:
Pertandingan lari estafet diikuti oleh 16 tim. Setiap tim terdiri dari 4 orang. Masing-masing peserta harus menempuh jarak 400 m. Tentukan berapa meter jarak tempu setiap timnya!
Pembahasan
PembahasanSkor
Diketahui:
Pertandingan lari estafet diikuti oleh 16 tim
masing-masing tim terdiri dari 4 orang (peserta)
setiap peserta harus menempuh jarak 400 m
Ditanyakan:
Tentukan berapa meter jarak tempuh setiap timnya!
1 poin
Jawab:
Keterangan penalaran:
Jumlah tiap tim adalah 4 orang. Masing-masing peserta dalam satu tim harus menempuh 400 meter (angka 16 merupakan pengecoh). Sehingga:

jarak temput tiap tim:
= \[ 4 \times 400 \, meter \]
2 poin
= \[1.600 \, meter \]
Jadi, jarak tempuh tiap tim adalah 1.600 meter.
2 poin
Jumlah Poin 5 poin


Nomor 33:
Sebuah kotak penyimpanan terbuat dari kayu. Kotak ini memiliki panjang sisi yang sama. Kotak tersebut cukup tua dan usang. Agar terlihat menarik dan tidak rusak, kotak tersebut akan dicat pada seluruh permukaannya. Akan tetapi, bagian atas/tutup kotak tersebut terbuat dari kaca bening yang tebal. Permukaan kotak yang akan dicat adalah seluruhnya yang terbuat dari kayu. Tentukan luas permukaan kotak penyimpanan jika panjang sisinya 210 cm!
Pembahasan:
PembahasanSkor
Diketahui:
Nama bangun ruang: Kotak /persegi
panjang sisi kotak = 210 cm
alas/tutup terbuat dari kaca, sisi yang lainnya terbuat dari kayu
dicat bagian kayunya saja = persegi tanpa tutup
Ditanyakan:
Luas permukaan yang dicat (luas permukaan kotak/persegi yang terbuat dari kayu)?
1 poin
Jawab:
Keterangan penalaran:
Kubus memiliki 6 sisi. Sementara itu kotak penyimpanan salah satu sisinya terbuat dari kaca yang tidak akan didicat. Sehingga

Luas permukaan yang dicat = luas permukaan kubus tanpa tutup:
Rumus luas permukaan kubus tanpa tutup = \[ 5 \times s^{2}\]
3 poin
= \[5 \times 210^{2} \] 2 poin
= \[220.500 \, cm^{2} \]
Jadi, Luas permukaan yang akan dicat adalah \[220.500 \, cm^{2} \]
1 poin
Jumlah Poin 7 poin


Nomor:34
Taman alun-alun berbentuk lingkaran dengan jarak satu sisi dan sisi lainnya 56 m. Di sekeliling taman akan dipasang lamu penerang dengan jarak antar tiang lampu adalah 2,2 m. Berapa banyak tiang lampu yang akan dipasang di sekeliling taman?
Pembahasan:
PembahasanSkor
Diketahui:
Nama bangun datar: Lingkaran
unsur bangun datar lingkaran:
diamater (d) = jarak satu sisi dan sisi lainnya
= 56 m
\[\pi = \frac{22}{7}\] karena 56 habis dibagi 7
jarak antar tiang lampu = 2,2 m

Ditanyakan:
Banyaknya tiang lampu yang dibutuhkan?
1 poin
Jawab:
Rumus Keliling lingkaran = \[\pi \times d\]
jadi,
Keliling taman =\[\frac{22}{7} \times 56 \, m \rightarrow 176 \, meter\]
3 poin
Banyaknya tiang lampu yang dibutuhkan = banyaknyaknya keliing dibagi jarak tiap tiang lamu
Banyaknya tiang = = \[176 \div 2,2 \]
= \[80 \, buah\]
2 poin
Jadi, banyaknya tiang lampu yang dibutuhkan untuk dipasang di sekeliling taman adalah adalah \[80 \, buah\] 1 poin
Jumlah Poin 7 poin
Baca juga: Rumus Lingkaran Terlengkap: Rumus Luas, Keliling, jari-jari, dan Diameter
Update Terbaru: Materi Pokok USBN SD Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA
Nomor 35:
Perhatikan data sedekah beras untuk anak yatim dari siswa kelas VI selama satu pekan!
Soal USBN Matematika tentang Diagram Batang

Jika sedekah beras yang terkumpul selama satu pekan sebanyak 115 kg, maka berapakah sedekah yang diperoleh pada hari Sabtu?
Pembahasan:
PembahasanSkor
Diketahui:
Sedekah beras selama 1 pekan sebanyak 115 Kg
Dari diagram batang di atas data beras per harinya adalah:
  • Senin = 30 Kg
  • Selasa = 20 Kg
  • Rabu = 10 Kg
  • Kamis = 15 Kg
  • Senin = 35 Kg
Ditanyakan:
Banyaknya sedekah beras yang diperoleh pada hari Sabtu?
1 poin
Jawab:
Sedekah hari Sabtu = Total sedekah seluruhnya dikurangi jumlah sedekah hari Senin s/d Jumat.
Sedekah hari Sabtu
= \[115 \,Kg - \left ( 30 \, Kg + 20 \,Kg + 10 \,kg + 15 \, kg + 35 \,kg \right )\]
= \[115 \, kg - 110 \, kg\]
2 poin
= \[ 5 \, kg \]
Sedekah pada hari Sabtu adalah sebanyak 5 Kg
2 poin
Jumlah Poin 5 poin

Jumlah seluruh poin jawaban Uraian/Essay/Isian USBN SD Matematika memiliki bobot skor sebanyak 30 poin. Setiap deskripsi pembahasan ternyata memiliki pertimbangan skor.

Semoga bermanfaat. 
Itulah pembahasan Soal USBN SD Matematika pada bagian Uraian atau Isian atau Essay.
Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

1 comment for "Pembahasan Soal USBN SD Uraian/Essay Matematika Tahun 2018/2019"

  1. Bisa minta soal USBN MATEMATIKA SD 2019 yang Jawa Barat?

    ReplyDelete