Pembahasan Soal USBN SD Uraian/Essay Matematika Tahun 2018/2019
Assalamualaikum,
USBN atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun 2018/2019 telah dilaksanakan dari tanggal 21 April hingga 23 April 2019. Dilanjutkan dengan ujian sekolah tiga hari berikutnya.
Tentu beberapa siswa kelas 6 yang telah mengikuti USBN SD Tahun 2018/2019 ingin segera mengetahui hasilnya. Paling tidak, apakah jawaban mereka sesuai dan benar sehingga mereka yakin atas jawabannya.
Naskah soal dalam pembahasan ini merupakan naskah soal yang berlaku di Kota Depok-Jawa Barat. Boleh jadi soal ada kemiripan atau bahkan tidak sama sekali. Sebab naskah soal USBN jenjang SD disusun oleh Tim Pengembang Kurikulum tingkat Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten.
Nah, pada kesempatan kali ini, kami berusaha membagikan pembahasan soal USBN SD Matematika Tahun Pelajaran 2018/2019. Postingan saya batasi untuk membahas jawaban soal uraian atau isian dari USBN SD Matematika. Sedangkan pembahasan soal pilihan ganda akan ada postingan terpisah.
Berikut pembahasannya:
Nomor 31:
pembahasan:
Nomor 32:
Nomor 33:
Nomor:34
Jumlah seluruh poin jawaban Uraian/Essay/Isian USBN SD Matematika memiliki bobot skor sebanyak 30 poin. Setiap deskripsi pembahasan ternyata memiliki pertimbangan skor.
Semoga bermanfaat.
Itulah pembahasan Soal USBN SD Matematika pada bagian Uraian atau Isian atau Essay.
USBN atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun 2018/2019 telah dilaksanakan dari tanggal 21 April hingga 23 April 2019. Dilanjutkan dengan ujian sekolah tiga hari berikutnya.
Tentu beberapa siswa kelas 6 yang telah mengikuti USBN SD Tahun 2018/2019 ingin segera mengetahui hasilnya. Paling tidak, apakah jawaban mereka sesuai dan benar sehingga mereka yakin atas jawabannya.
Naskah soal dalam pembahasan ini merupakan naskah soal yang berlaku di Kota Depok-Jawa Barat. Boleh jadi soal ada kemiripan atau bahkan tidak sama sekali. Sebab naskah soal USBN jenjang SD disusun oleh Tim Pengembang Kurikulum tingkat Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten.
Nah, pada kesempatan kali ini, kami berusaha membagikan pembahasan soal USBN SD Matematika Tahun Pelajaran 2018/2019. Postingan saya batasi untuk membahas jawaban soal uraian atau isian dari USBN SD Matematika. Sedangkan pembahasan soal pilihan ganda akan ada postingan terpisah.
Berikut pembahasannya:
Nomor 31:
Seseorang pengunjung mengamati denah hutan wisata. Ia melihat dari pintu masuk menuju tempat air terjun 6 cm. Jika skala denah hutan wisata tersebut \[1:25.000\], berapa km jarak sebenarnya dari pintu menuju air terjun?
pembahasan:
Pembahasan | Skor |
---|---|
Diketahui: jarak pada denah (jp): 6 cm skala denah (s): \[1:25.000\] Ditanyakan: Berapa jarak sebenarnya dari pintu menuju air terjun? | 1 poin |
Jawab: Rumus Jarak Sebenarnya = \[\frac{Jarak \, pada \, gambar (JP)}{Skala \, Peta} \] Jarak Sebenarnya = \[6 \, cm \div \frac{1}{25.000}\] Jarak Sebenarnya = \[6 \, cm \times \frac{25.000}{1} \] Jarak Sebenarnya = \[6 \times 25.000\] Jarak Sebenarnya = \[150.000 \, cm\] |
2 poin |
Jarak Sebenarnya = \[1,5 \, Km\] | 2 poin |
Jadi, Jarak sebenarnya antara pintu menuju air terjun adalah 1,5 Km | 1 poin |
Jumlah Poin | 6 poin |
Nomor 32:
Pertandingan lari estafet diikuti oleh 16 tim. Setiap tim terdiri dari 4 orang. Masing-masing peserta harus menempuh jarak 400 m. Tentukan berapa meter jarak tempu setiap timnya!
Pembahasan
Pembahasan | Skor |
---|---|
Diketahui: Pertandingan lari estafet diikuti oleh 16 tim masing-masing tim terdiri dari 4 orang (peserta) setiap peserta harus menempuh jarak 400 m Ditanyakan: Tentukan berapa meter jarak tempuh setiap timnya! | 1 poin |
Jawab: Keterangan penalaran: Jumlah tiap tim adalah 4 orang. Masing-masing peserta dalam satu tim harus menempuh 400 meter (angka 16 merupakan pengecoh). Sehingga: jarak temput tiap tim: = \[ 4 \times 400 \, meter \] |
2 poin |
= \[1.600 \, meter \] Jadi, jarak tempuh tiap tim adalah 1.600 meter. |
2 poin |
Jumlah Poin | 5 poin |
Nomor 33:
Sebuah kotak penyimpanan terbuat dari kayu. Kotak ini memiliki panjang sisi yang sama. Kotak tersebut cukup tua dan usang. Agar terlihat menarik dan tidak rusak, kotak tersebut akan dicat pada seluruh permukaannya. Akan tetapi, bagian atas/tutup kotak tersebut terbuat dari kaca bening yang tebal. Permukaan kotak yang akan dicat adalah seluruhnya yang terbuat dari kayu. Tentukan luas permukaan kotak penyimpanan jika panjang sisinya 210 cm!
Pembahasan:
Pembahasan | Skor |
---|---|
Diketahui: Nama bangun ruang: Kotak /persegi panjang sisi kotak = 210 cm alas/tutup terbuat dari kaca, sisi yang lainnya terbuat dari kayu dicat bagian kayunya saja = persegi tanpa tutup Ditanyakan: Luas permukaan yang dicat (luas permukaan kotak/persegi yang terbuat dari kayu)? | 1 poin |
Jawab: Keterangan penalaran: Kubus memiliki 6 sisi. Sementara itu kotak penyimpanan salah satu sisinya terbuat dari kaca yang tidak akan didicat. Sehingga Luas permukaan yang dicat = luas permukaan kubus tanpa tutup: Rumus luas permukaan kubus tanpa tutup = \[ 5 \times s^{2}\] |
3 poin |
= \[5 \times 210^{2} \] | 2 poin |
= \[220.500 \, cm^{2} \] Jadi, Luas permukaan yang akan dicat adalah \[220.500 \, cm^{2} \] |
1 poin |
Jumlah Poin | 7 poin |
Nomor:34
Taman alun-alun berbentuk lingkaran dengan jarak satu sisi dan sisi lainnya 56 m. Di sekeliling taman akan dipasang lamu penerang dengan jarak antar tiang lampu adalah 2,2 m. Berapa banyak tiang lampu yang akan dipasang di sekeliling taman?
Pembahasan:Pembahasan | Skor |
---|---|
Diketahui: Nama bangun datar: Lingkaran unsur bangun datar lingkaran: diamater (d) = jarak satu sisi dan sisi lainnya = 56 m \[\pi = \frac{22}{7}\] karena 56 habis dibagi 7 jarak antar tiang lampu = 2,2 m Ditanyakan: Banyaknya tiang lampu yang dibutuhkan? | 1 poin |
Jawab: Rumus Keliling lingkaran = \[\pi \times d\] jadi, Keliling taman =\[\frac{22}{7} \times 56 \, m \rightarrow 176 \, meter\] |
3 poin |
Banyaknya tiang lampu yang dibutuhkan = banyaknyaknya keliing dibagi jarak tiap tiang lamu Banyaknya tiang = = \[176 \div 2,2 \] = \[80 \, buah\] |
2 poin |
Jadi, banyaknya tiang lampu yang dibutuhkan untuk dipasang di sekeliling taman adalah adalah \[80 \, buah\] | 1 poin |
Jumlah Poin | 7 poin |
Baca juga: Rumus Lingkaran Terlengkap: Rumus Luas, Keliling, jari-jari, dan Diameter
Update Terbaru: Materi Pokok USBN SD Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPANomor 35:
Perhatikan data sedekah beras untuk anak yatim dari siswa kelas VI selama satu pekan!
Jika sedekah beras yang terkumpul selama satu pekan sebanyak 115 kg, maka berapakah sedekah yang diperoleh pada hari Sabtu?
Pembahasan:
Jika sedekah beras yang terkumpul selama satu pekan sebanyak 115 kg, maka berapakah sedekah yang diperoleh pada hari Sabtu?
Pembahasan | Skor |
---|---|
Diketahui: Sedekah beras selama 1 pekan sebanyak 115 Kg Dari diagram batang di atas data beras per harinya adalah:
Banyaknya sedekah beras yang diperoleh pada hari Sabtu? | 1 poin |
Jawab: Sedekah hari Sabtu = Total sedekah seluruhnya dikurangi jumlah sedekah hari Senin s/d Jumat. Sedekah hari Sabtu = \[115 \,Kg - \left ( 30 \, Kg + 20 \,Kg + 10 \,kg + 15 \, kg + 35 \,kg \right )\] = \[115 \, kg - 110 \, kg\] |
2 poin |
= \[ 5 \, kg \] Sedekah pada hari Sabtu adalah sebanyak 5 Kg |
2 poin |
Jumlah Poin | 5 poin |
Jumlah seluruh poin jawaban Uraian/Essay/Isian USBN SD Matematika memiliki bobot skor sebanyak 30 poin. Setiap deskripsi pembahasan ternyata memiliki pertimbangan skor.
Semoga bermanfaat.
Itulah pembahasan Soal USBN SD Matematika pada bagian Uraian atau Isian atau Essay.
Bisa minta soal USBN MATEMATIKA SD 2019 yang Jawa Barat?
ReplyDelete