Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisi-Kisi Soal Kelas 5 PAT Tema 9: Benda-benda di Sekitar Kita

Assalamualaikum,

Untuk kelas 5 semester 2 tahun pelajaran 2018/2019, jumlah tema dalam kegiatan belajar mengajar adalah 4 tema. Pada Peniaian Akhir Tahun atau PAT ujian dilaksanakan berdasarkan tema, bukan lagi mata pelajaran. Kisi-kisi soal ketiga tema telah saya publikasikan di blog ini yaitu pada postingan:
Kisi-kisi Soal Kelas 5 PAT Semester 2 Tema 9 Benda-benda di sekita kita

Pada postingan kali ini, saya akan mencoba membuatkan prediksi soal PAT berdasarkan kisi-kisinya. Kisi-kisi soal kelas 5 PAT tema 9: Benda-benda di sekitar kita.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa penilaian aspek pengetahuan diukur melalui alat penilaian berupa tes kognitif. Seperti Ulangan, tes lisan/wawancara, maupun tes lainnya yang dapat mengukur ketercapaian siswa dalam menguasai kompetensi yang telah diukur.

Untuk mengukur kompetensi pengetahuan pada tema 9, saya mencoba membuatkan Kisi-kisi soal PAT atau Penilaian Akhir Tahun agar menjadi bayangan bagi guru atau orang tua yang membimbing peserta didik mencapai kompetensi yang diinginkan.

Adapun kisi-kisi tersebut adalah sebagai berikut:

Identitas Naskah Soal:

Kelas:5 (Lima)
Kurikulum:2013 (Revisi 2016)
Tema:8 (Lingkungan Sahabat Kita)
Jumlah Soal:40 Soal
Alokasi Waktu:90 Menit
Bentuk Soal:
  1. Pilihan ganda (25 soal)
  2. Isian Singkat (10 Soal)
  3. Essay
Sebaran Nomor Soal:
Mata Pelajaran Soal PG Isian Singkat Essay Jumlah
PPKn1, 2, 3, 4, 526, 27368
Bahasa Indonesia6, 7, 8, 9, 1028, 29378
IPA11, 12, 13, 14, 1530, 31388
IPS16, 17, 18, 19, 2032, 33398
SBdP21, 22, 23, 24, 2534, 35408
Jumlah soal40



No Soal Mata Pelajaran Contoh Indikator Soal
Pilihan Ganda
1 PPKn Disajikan kalimat, peserta didik mampu mengidentifikasi manfaat saling toleransi dan menjaga keharmonisan hidup
2 PPKn Disajikan sebuah gambar, peserat didik mampu mengidentifikasi lingkungan hidup rukun sesuai gambar
3 PPKn Disajikan kalimat, peserta didik mampu mengidentifikasi perilaku yang tidak menjunjung persatuan dan kesatuan
4 PPKn Disajikan kalimat, peserta didik mampu mengidentifikasi perilaku yang menggambarkan makna penting persatuan dan kesatuan
5 PPKn Disajikan sebuah teks, peserta didik mampu menganalisis penyebab terjadinya ketidakrukunan di lingkungan sekolah
6 Bahasa Indonesia Disajikan sebuah teks, peserta didik mampu meringkas isi teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik
7 Bahasa Indonesia Disajikan sebuah teks, peserta didik mampu menganalisis informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik
8 Bahasa Indonesia Disajikan sebua teks, peserta didik mampu meringkas isi teks penjelasan (esksplanasi) dari media cetak atau elektronik
9 Bahasa Indonesia Disajikan sebuah gambar, peserta didik mampu mengidentifikasi jenis iklan berdasakan gambar yang disjajikan.
10 Bahasa Indonesia Disajikan sebuah gambar, peserta didik mampu menganalisis isi iklan sesuai gambar
11 IPA Disajikan sebuah teks, peserta didik mampu mengidentifikasi zat tunggal dari teks yang disajikan
12 IPA Disajikan sebuah tabe tentang campuran, peserta didik mampu menunjukkan campuran heterogen
13 IPA Disajikan sebuah tabel pasangan unsur, peserta didik mampu menganalisis pasangan unsur dengan jenis unsur yang benar dan tepat
14 IPA Disajikan sebuah teks, peserta didik mampu mengidentifikasi unsur-unsur yang menjadi zat penyusun zat campuran
15 IPA Disajikan kalimat, peserta didik mampu mengidentifikasi campuran dari dua unsur
16 IPS Disajikan kalimat, peserta didik mampu mengidentifikasi suatu usaha penduduk Indonesia sebagai negara agraria
17 IPS Disajikan sebuah tabel nama hewan peternakan, peserta didik mampu mengidentifikasi contoh usaha ekonomi masyaakat (peternakan) yang disajikan.
18 IPS Disajikan kalimat, peserta didik mampu mengidentifikasi suatu hasul usaha perekonomian di daerah yang ditentukan
19 IPS Disajikan contoh-contoh usaha ekonomi, peserta didik mampu menganalisis jenis usaha perorangan berdasakan kegiatan ekonomi
20 IPS Disajikan contoh-contoh usaha ekonomi, peserta didik mampu menganalisis usaha ekonomi yang dikelola secara kelompok/mengidentifikasi suatu usaha ekonomi yang dikelola berdasarkan contoh usaha kerajinan
21 SBdP Disajikan sebuah judul lagu, peserta didik mampu mengidentifikasi tangga nada lagu tersebut
22 SBdP Disajikan sebuah gambar, peserta didik mampu mengidentifikasi jenis alat musik berdasarkan gambar
23 SBdP Disajikan sebuah gambar tangga nada, peserta didik mampu menganalisis interval tangga nada berdasarkan tangga nada tersebut
24 SBdP Disajikan gambar, peserta didik mampu menganalisis gambar sesuai jenis pola lantai
25 SBdP Disajikan kalimat, peserta didik mampu menyebutkan kain yang dibuat dengan bahan benang dan lunsin
Isian Singkat
26 PPKnDisajikan kaimat, peserta didik mampu mengidentifikasi lingkungan tejadinya ketidak-rukunan hidup (perpecahan bangsa)
27 PPKnDisajikan kaimat peserta didik mampu menyebutkan lingkungan peaksanaan hidup rukun.
28 Bahasa IndonesiaDisajikan sebuah gambar, peserta didik mampu menganalisis iklan sesuai gambar
29 Bahasa IndonesiaDisajikan sebuah gambar, peserta didik mampu menganalisis jenis iklan sesuai gambar
30 IPA Disajikan kalimat peserta didik mampu mengidentifikasi jenis zat tunggal berdasarkan zat tunggal yang disajikan
31 IPA Disajikan kalimat, peserta didik mampu menyebutkan unsur yang menyusun secangkir kopi
32 IPSDisajikan contoh usaha ekonomi, peserta didik mampu mengidentifikasi usaha ekonomi yang dikelola berdasarkan usaha kerajinan
33 IPSDisajikan kalimat, peserta didik mampu menyebutkan penegertian dari ekspor
34 SBdP Disajikan kalimat, peseta didik mampu menyebutkan cara memainkan alat musik melodis
35 SBdP Disajikan kalimat, peserta didik mampu menentukan pola lantai salah satu daeah tradisional
Essay
36 PPKnDisajikan kaimat, peserta didik mampu menguaraikan alasan hidup rukun
37 Bahasa IndonesiaDisajikan sebuah gambar, peserta didik mampu menganalisis isi iklan sesuai gambar
38 IPA Disajikan sebuah teks, peserta didik mampu menganalisis campuran heterogen
39 IPSDisajikan kalimat, peserta didik mampu menyebutkan usaha ekonomi yang dikelola berdasarkan contoh usaha kerajinan
40 SBdP Disajikan kalimat, peserta didik mampu membuat pola garis lantai

Itulah kisi-kisi PAT untuk kelas 5 semester 2 pada tema 9 Benda-benda di sekitar kita. Tema ini merupakan tema terakhir di kelas 5.

Semoga bermanfaat.
Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "Kisi-Kisi Soal Kelas 5 PAT Tema 9: Benda-benda di Sekitar Kita"