Kisi-kisi soal PAT Kelas 5 Tema 8: Lingkungan Sahabat Kita
Assalamualaikum,
Setelah saya memposting Kisi-kisi Soal PAT Kelas 5 Tema 6: Panas dan Perpindahannya dan Kisi-kisi Soal PAT Kelas 5 Tema 7: Peristiwa dalam Kehidupan. Kita lanjutkan pada Kisi-kisi Soal PAT Kelas 5 Tema 8: Lingkungan Sahabat Kita.
Tema 5 di kelas 5 ini terdiri dari 4 subtema. Keempat subtema ini merupakan penjabaran dari tema lingkungan. Materi ajar pun disesuaikan melalui jaring-jaring indikator kompetensi. Baik kompetensi pengetahuan dan keterampilannya.
Penilaian aspek pengetahuan diukur melalui alat penilaian berupa tes kognitif. Seperti Ulangan, tes lisan/wawancara, maupun tes lainnya yang dapat mengukur ketercapaian siswa dalam menguasai kompetensi yang telah diukur.
Untuk mengukur kompetensi pengetahuan pada tema 8, saya mencoba membuatkan Kisi-kisi soal PAT atau Penilaian Akhir Tahun agar menjadi bayangan bagi guru atau orang tua yang membimbing peserta didik mencapai kompetensi yang diinginkan.
PAT bukan semata-mata ulangan kenaikan kelas. Sebab penilaian untuk menentukan kenaikan kelas tidak terbatas dari tercapainya kompetensi pengetahuan saja. Melainkan aspek-aspek lainnya pun harus sudah dikuasai peserta didik. Minimal sesuai dengan persyaratan untuk menentukan naik tidaknya peserta didik ke kelas yang lebih tinggi.
Identitas Naskah Soal:
Sebaran Nomor Soal:
Dari kisi-kisi soal di atas, setidaknya Kalian mendapatkan gambaran mengenai soal yang harus Kalian kuasai. Demikianlah kisi-kisi Soal Kelas 5 dalam Penaiaian Akhir Tahun atau PAT yang biasa disebut dengan Ujian Kenaikan Kelas.
Setelah saya memposting Kisi-kisi Soal PAT Kelas 5 Tema 6: Panas dan Perpindahannya dan Kisi-kisi Soal PAT Kelas 5 Tema 7: Peristiwa dalam Kehidupan. Kita lanjutkan pada Kisi-kisi Soal PAT Kelas 5 Tema 8: Lingkungan Sahabat Kita.
Tema 5 di kelas 5 ini terdiri dari 4 subtema. Keempat subtema ini merupakan penjabaran dari tema lingkungan. Materi ajar pun disesuaikan melalui jaring-jaring indikator kompetensi. Baik kompetensi pengetahuan dan keterampilannya.
Penilaian aspek pengetahuan diukur melalui alat penilaian berupa tes kognitif. Seperti Ulangan, tes lisan/wawancara, maupun tes lainnya yang dapat mengukur ketercapaian siswa dalam menguasai kompetensi yang telah diukur.
Untuk mengukur kompetensi pengetahuan pada tema 8, saya mencoba membuatkan Kisi-kisi soal PAT atau Penilaian Akhir Tahun agar menjadi bayangan bagi guru atau orang tua yang membimbing peserta didik mencapai kompetensi yang diinginkan.
PAT bukan semata-mata ulangan kenaikan kelas. Sebab penilaian untuk menentukan kenaikan kelas tidak terbatas dari tercapainya kompetensi pengetahuan saja. Melainkan aspek-aspek lainnya pun harus sudah dikuasai peserta didik. Minimal sesuai dengan persyaratan untuk menentukan naik tidaknya peserta didik ke kelas yang lebih tinggi.
Identitas Naskah Soal:
Kelas | : | 5 (Lima) |
Kurikulum | : | 2013 (Revisi 2016) |
Tema | : | 8 (Lingkungan Sahabat Kita) |
Jumlah Soal | : | 40 Soal |
Alokasi Waktu | : | 90 Menit |
Bentuk Soal | : |
|
Mata Pelajaran | Soal PG | Isian Singkat | Essay | Jumlah |
---|---|---|---|---|
Bahasa Indonesia | 1, 2, 3, 4, 5 | 26, 27 | 36 | 8 |
IPA | 6, 7, 8, 9, 10 | 28, 29 | 37 | 8 |
IPS | 11, 12, 13, 14, 15 | 30, 31 | 38 | 8 |
PPKn | 16, 17, 18, 19, 20 | 32, 33 | 39 | 8 |
SBdP | 21, 22, 23, 24, 25 | 34, 35 | 40 | 8 |
Jumlah soal | 40 |
No Soal | Mata Pelajaran | Contoh Indikator Soal |
---|---|---|
Pilihan Ganda | ||
1 | Bahasa Indonesia | Disajikan teks nonfiksi, siswa dapat menyebutkan peristiwa yang terjadi pada teks tersebut |
2 | Bahasa Indonesia | Disajikan paragraf tentang suatu peristiwa, siswa dapat mengurutkan peristiwa dengan runut |
3 | Bahasa Indonesia | Disajikan paragraf tentang lingkungan hidup, siswa dapat mengartikan istilah kata yang terdapat pada paragraf tersebut |
4 | Bahasa Indonesia | Disajikan sebuah gambar kegiatan, siswa dapat mendeskripsikannya dalam kalimat |
5 | Bahasa Indonesia | Disajikan data tentang jenis kegiatan, siswa dapat membuat kalimat laporan sesuai data tersebut. |
6 | IPA | Siswa dapat menyebutkan kegiatan manusia yang dapat mengakibatkan terganggunya siklus air. |
7 | IPA | Disajikan tabel tentang fungsi air, siswa dapat menunjukkan 3 contoh yang termasuk dalam fungsi air. |
8 | IPA | Siswa dapat menjelaskan salah satu tahapan dalam siklus air |
9 | IPA | Siswa dapat menyebutkan 3 komponen yang termasuk persyaratan air bersih. |
10 | IPA | Siswa dapat menyelaskan jenis kegiatan yang dapat memanfaatkan air bekas pakai |
11 | IPS | Siswa dapat menyebutkan jenis usaha masyarakat Indonesia |
12 | IPS | Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri salah satu jenis usaha |
13 | IPS | Siswa dapat menyebutkan pengertian koperasi menurut undang-undang nomor 25 tahun 1992. |
14 | IPS | Siswa dapat membedakan antara anggota aktif dengan anggota pasif pada CV |
15 | IPS | Siswa dapat membedakan BUMN dan BUMS |
16 | PPKn | Siswa dapat memberikan contoh budaya daerah di Indonesia |
17 | PPKn | Siswa dapat menyebutkan nama rumah adat dari suatu daerah. |
18 | PPKn | Siswa dapat memberikan salah satu contoh cara melestarikan budaya daerah |
19 | PPKn | Siswa dapat menyebutkan 2 contoh suku dari suatu pulau di Indonesia |
20 | PPKn | Disajikan sebuah gambar pakaian adat, siswa dapat menyebutkan nama pakaian adat tersebut dan daerah asalnya. |
21 | SBdP | Siswa dapat menyebutkan pengertian dari tangga nada |
22 | SBdP | Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri tangga pada diatonis mayur |
23 | SBdP | Siswa dapat menyebutkan urutan tangga nada diatonis minor harmonis |
24 | SBdP | Disajikan gambar pola lantai gerak tari, siswa dapat menyebutkan bentuk formasi bentuk penari. |
25 | SBdP | Disajikan sebuah gambar tarian, siswa dapat menyebutkan nama tarian tersebut dan daerah asalnya. |
Isian Singkat | ||
26 | Bahasa Indonesia | Siswa dapat menyebutkan nama teks yang dihasilkan dalam bentuk cerita nyata |
27 | Bahasa Indonesia | Disajikan kalimat tentang lingkungan, siswa dapat membuat kalimat poster dengan tepat |
28 | IPA | Siswa dapat menyebutkan salah satu syarat air minum berkualitas. |
29 | IPA | Siswa dapat menyebutkan hasil dari siklus air |
30 | IPS | Siswa dapat mendeskripsikan pengertian konsumen |
31 | IPS | Siswa dapat menyebutkan Bapak Koperasi Indonesia |
32 | PPKn | Disajikan sebuah gambar alat musik, siswa dapat menyebutkan nama alat musik tersebut dan daerah asalnya. |
33 | PPKn | Siswa dapat menyebutkan nama buku yang memuat kata Bhineka Tunggal Ika. |
34 | SBdP | Siswa dapat menyebutkan salah satu tanda tempo cepat. |
35 | SBdP | Siswa dapat menyebutkan nama pencipat salah satu lagu wajib nasional |
Essay | ||
36 | Bahasa Indonesia | Siswa dapat menjelaskan urutan 3 langkah dalam mengidentifikasi peristiwa dari teks nonfiksi |
37 | IPA | Siswa dapat menjelaskan 3 contoh tindakan yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi krisi air bersih |
38 | IPS | Siswa dapat memberikan 2 contoh tujuan pendirian BUMD |
39 | PPKn | Siswa dapat menjelaskan 3 contoh tindakan yang dapat dilakukan untuk melestarikan dan mengembangkan budaya daerah. |
40 | SBdP | Siswa dapat menyusun 4 langkah dalam membuat gambar cerita dengan benar |
Dari kisi-kisi soal di atas, setidaknya Kalian mendapatkan gambaran mengenai soal yang harus Kalian kuasai. Demikianlah kisi-kisi Soal Kelas 5 dalam Penaiaian Akhir Tahun atau PAT yang biasa disebut dengan Ujian Kenaikan Kelas.
Post a Comment for "Kisi-kisi soal PAT Kelas 5 Tema 8: Lingkungan Sahabat Kita"
Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar Anda tidak segera muncul karena diatur moderasi komentar. Komentar Anda akan muncul setelah kami menyetujuinya. Komentar dengan mencantumkan link aktif, unsur sara, ataupun yang melanggar TOS kami tidak akan dipublikasikan. Terima kasih