Contoh Soal Isian/Uraian/Essay USBN SD IPA 2018 (Paket 1)
Assalamualaikum,
USBN atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional 2018 untuk jenjang SD mempunyai dua tipe soal. Yakni soal Pilihan Ganda dan Soal Isian.
Sebagaimana dalam postingan terdahulu, saya pernah menyampaikan Inilah kisi-kisi USBN SD yang akan Dijadikan Soal Isian pada Naskah Soal USBN. Dalam postingan tersebut, saya sudah menyampaikan materi apa yang akan dijadikan soal isian.
Untuk Soal USBN IPA 2018, terdapat 5 indikator dari 3 ruang lingkup materi yang akan dijadikan soal ujian. Artinya, dari 5 Ruang lingkup materi IPA hanya 3 ruang lingkup materi yang akan keluar sebagai soal isian.
Ruang lingkup materi yang akan dijadikan soal isian untuk mata pelajaran IPA adalah:
Oleh karena itu, saya berusaha menyusun kisi-kisi berikut agar dapat dijadikan rujukan untuk membuat soal latihan.
Contoh Kisi-kisi Soal Isian USBN SD
Berikut ini adalah contoh kisi-kisi soal latihan USBN SD 2018 mata pelajaran IPA
Dari kisi-kisi tersebut, saya kembangkan untuk membuat soal latihannya.
Berikut contoh soalnya:
Untuk pembahasannya:
Itulah contoh soal isian yan saya buat. Insya Allah akan saya posting untuk contoh soal selanjutnya (Paket 2 hingga Paket seterusnya.)
USBN atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional 2018 untuk jenjang SD mempunyai dua tipe soal. Yakni soal Pilihan Ganda dan Soal Isian.
Sebagaimana dalam postingan terdahulu, saya pernah menyampaikan Inilah kisi-kisi USBN SD yang akan Dijadikan Soal Isian pada Naskah Soal USBN. Dalam postingan tersebut, saya sudah menyampaikan materi apa yang akan dijadikan soal isian.
Baca juga: Contoh kisi-kisi soal uraian/essay Matematika SD beserta pedoman penskorannya
Untuk Soal USBN IPA 2018, terdapat 5 indikator dari 3 ruang lingkup materi yang akan dijadikan soal ujian. Artinya, dari 5 Ruang lingkup materi IPA hanya 3 ruang lingkup materi yang akan keluar sebagai soal isian.
Ruang lingkup materi yang akan dijadikan soal isian untuk mata pelajaran IPA adalah:
- Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
- Energi dan Perubahannya
- Bumi dan Alam Semesta
Oleh karena itu, saya berusaha menyusun kisi-kisi berikut agar dapat dijadikan rujukan untuk membuat soal latihan.
Baca Juga: Cara Mengajar Siswa Kelas 6 dalam Mempersiapkan Ujian Sekolah
Baca juga artikel terbaru: Kisi-kisi Soal Uraian/Essay/Isian USBN IPA SD 2018/2019
Contoh Kisi-kisi Soal Isian USBN SD
Berikut ini adalah contoh kisi-kisi soal latihan USBN SD 2018 mata pelajaran IPA
No.
|
Lingkup Materi & Indikator Irisan
|
Level
|
Indikator
|
No. Soal
|
1
|
Upaya manusia dalam keseimbangan/pelestarian lingkungan
|
L1
|
Menjelaskan cara melestarikan sumber daya alam tertentu berdasarkan
kasus di suatu daerah.
|
36
|
2
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
Ë— daur hidup hewan
Ë— mekanisme sistem gerak
Ë— mekanisme sistem organ (pernapasan, pencernaan, dan peredaran
darah)
Ë— pemeliharaan kesehatan organ
|
L2
|
Menentukan salah satu tahapan daur hidup hewan tertentu yang
merugikan atau menguntungkan manusia berdasarkan ilustrasi.
|
37
|
3
|
Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan:
Ë— hubungan antara
sistem organ dan gangguan yang ditimbulkan
Ë— percobaan pada
sistem organ
Ë— hubungan antara
daur hidup/perkembangbiakan dengan pelestarian makhluk hidup
|
L3
|
Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ
tertentu
|
38
|
4
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
Ë— gaya dan gerak
Ë— bentuk energi dan
perubahannya
Ë— suhu dan kalor
Ë— bunyi dan cahaya
Ë—
listrik dan magnet
|
L2
|
Disajikan gambar /kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis
gaya yang dimanfaatkan
|
39
|
5
|
Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan:
Ë— sumber daya alam
Ë— daur air
- Gehana bulan dan matahari |
L3
|
Menjelaskan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air.
|
40
|
Dari kisi-kisi tersebut, saya kembangkan untuk membuat soal latihannya.
Baca juga: Contoh soal isian/uraian/essay USBN SD IPA 2018 Paket 2
Baca Juga: Contoh Soal dan Rangkuman USBN IPA Tentang Pelestarian Lingkungan
Update terbaru: Kumpulan Contoh Soal USBN SD IPA tentang Bumi dan GehanaContoh Soal Isian USBN SD 2018 Mata pelajaran IPA
Berikut contoh soalnya:
36. | Pencemaran Sungai Citarum yang diakibatkan banyaknya industri yang beroperasi di sekitar sungai tersebut dapat mengancam kelestarian ekosistem lingkungan. Selain itu, kebiasaan masyarakat juga mendukung pencemaran sungai terus meningkat. Jelaskan usaha yang harus dilakukan untuk mengatasi pencemaran sungai tersebut! |
37. | Perhatikan daur hewan berikut: Berdasarkan daur hidup hewan di atas, jelaskan fase-fase mana yang menguntungkan manusia dan fase mana yang yang merugikan manusia! |
38. | Pak Amir didiagnosa mengalami suatu penyakit. Gejala yang dialami adalah lambung terasa perih dan mual. Beliau tidak bisa makan karena merasa enek. Jelaskan jenis penyakit apa yang diderita Pak Amir dan bagaimana cara mencegahnya! |
39. | Beberapa bulan yang lalu, Sri Ranti berhasil memperoleh medali emas dalam ajang Sea Games 2017. Sri Ranti merupakan atlit panahan asal Sukabumi. Dalam memanah, gaya apa saja yang bekerja saat Sri Ranti melakukan panahan? |
40. | Daur air akan terjadi terus menerus selama bumi masih ada. Manusia sangat memerlukan air yang bersih, sehingga daur air dapat membuat air kotor dapat dikonsumsi kembali. Jelaskan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air! |
Untuk pembahasannya:
36. | Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi pencemaran air di antaranya: - 1. Penggunaan pupuk organik dan kompos sebagai pengganti pupuk buatan pabrik. - 2. Pemanfaatan musuh alami dan parasitoid dalam pemberantasan hama. - 3. Hindari penggunaan racun dan bahan peledak untuk menangkap ikan. - 4. Jangan membuang limbah rumah tangga di sungai atau danau. - 5. Kurangi penggunaan detergen. (Usahakan menggunakan deterjen yang ramah lingkungan) - 6. Pengolahan limbah cair dari pabrik/industri dengan benar. (Limbah cair dari pabrik sebaiknya disaring, diencerkan, diendapkan dan dinetralkan dulu sebelum dibuang ke sungai) - 7. Pembangunan kawasan industri sebaiknya disertai dengan perencanaan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) - 8. Persyaratan untuk kawasan industri yaitu telah memiliki instalasi pengolahan limbah, jauh dari pemukiman warga, serta seminimal mungkin menghasilkan limbah. - 9. Memiliki bak penampungan limbah (septi tank) Rumah sakit dan peternakan sebaiknya memiliki bak penampungan limbah (septi tank) untuk menampung limbah yang dihasilkan - 10. Pencegahan kebocoran instalasi pengeboran minyak lepas pantai dan kebocoran tanker minyak - 11. Melakukan gerakan penghijauan, reboisasi, pembuatan jalur hijau, mempertahankan areal resapan air pada kawasan-kawasan penyangga untuk mencegah terjadinya banjir. Baca Juga: Ringkasan Materi IPA: Upaya Pelestarian Hewan dan Tumbuhan |
37. | Fase daur hewan yang menguntungkan manusia: >> Fase kupu-kupu dewasa: Menguntungkan karena: Dapat membantu petani dalam mengembangbiakkan tanaman. Kupu-kupu dapat membantu proses penyerbukan tanaman >> Kepompong: Kepompong dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri tekstil. Misalnya kepompong ulat sutra sebagai bahan baku pembuatan kain sutra. Fase yang merugikan >> Ulat Ulat dapat memakan daun tumbuhan >> Telur Sebenarnya, telur tidak begitu merugikan. Akan tetapi, beberapa fase daur hewan, telur yang diletakkan di daun sering membuat daun tidak berkembang. Daun yang berisi telur ini biasanya mengelinting sehingga dapat mengganggu proses potosintesis tanaman Baca juga: Contoh Soal USBN 2018 IPA tentang Hubungan Daur Hidup/Perkembangbiakkan dengan pelestarian lingkungan |
38. | Beberapa jenis penyakit yang menyerang organ pencernaan di antaranya Maagh, Apendiktis, Disentri, Sembelit. Penyakit yang menyerang lambung diantaranya adalah penyakit Maagh. Gejala penyakit maagh di antaranya tidak enak makan , terus sendawa, kembung, dan lambung terasa perih. Cara mencegahnya penyakit maagh: - Membiasakan makan teratur atau tidak telat makan Update: Contoh Soal USBN IPA tentang Penalaran Berkaitan Percobaan Sistem Organ |
39. | Dalam memanah, ada gaya yang bekerja di dalamnya, yaitu: - Gaya Otot, saat Sri Ranti menarik busur - Gaya pegas, yang ada pada panahan |
40. | Kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi siklus air adalah: 1. Penggundulan hutan 2. Penutupan tanah oleh aspal dan semen 3. Pembangunan hunian (rumah) di daerah resapan air 4. Pencemaran air oleh limbah industri |
Itulah contoh soal isian yan saya buat. Insya Allah akan saya posting untuk contoh soal selanjutnya (Paket 2 hingga Paket seterusnya.)
mantul kali soalnya
ReplyDeleteterima kasih sudah berkunjung, Kak....
Delete