Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Isian/Uraian/Essay USBN SD IPA 2018 (Paket 2)

Sebagaimana postingan terdahulu mengenai Contoh Soal Isian/Uraian/Essay USBN SD IPA 2018 paket 1, kini kita akan membahas contoh lanjutan dari soal isian IPA.

contoh soal isian IPA USBN SD 2018


Perlu diingat, bahwa dalam naskah soal isian, kisi-kisi USBN SD 2018 Irisan tidak menyebutkan indikator soal-soal mana yang akan dijadikan naskah soal isian. Di dokumen tersebut tidak dijelaskan indikator mana yang akan dijadikan soal isian.

Baca juga: Cara Mengajar Siswa Kelas 6 dalam Mempersiapkan Ujian Sekolah

Namun, dinas pendidikan menggarisbawahi bahwa soal isian dapat diberitahukan melalui forum bedah kisi-kisi yang dilakukan oleh dinas pendidikan. Sosialisasi ini dilaksanakan di forum KKG guru kelas VI sehingga guru dapat memfokuskan pendalaman materi.
Baca juga artikel terbaru: Kisi-kisi Soal Uraian/Essay/Isian USBN IPA SD 2018/2019
Sebagaimana yang telah kita ketahui pada postingan sebelumnya di contoh soal isian/uraian/essay USBN SD IPA 2018 Paket 1. Bahwa soal isian untuk mata pelajaran IPA terdiri dari: 5 indikator dari 3 ruang lingkup materi yang akan dijadikan soal ujian. Artinya, dari 5 Ruang lingkup materi IPA hanya 3 ruang lingkup materi yang akan keluar sebagai soal isian.

Ruang lingkup materi yang akan dijadikan soal isian untuk mata pelajaran IPA adalah:

  • Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
  • Energi dan Perubahannya
  • Bumi dan Alam Semesta
Baca juga: Kumpulan Soal USBN SD IPA tentang Bumi dan Gerhana
Berikut contoh indikator soal yang dapat kita kembangkan kisi-kisinya:

No. Lingkup Materi & Indikator Irisan Level Indikator
36 Upaya manusia dalam keseimbangan/pelestarian lingkungan L1 Menjelaskan cara melestarikan sumber daya alam tertentu berdasarkan kasus di suatu daerah.

37 Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
  • daur hidup hewan
  • mekanisme sistem gerak
  • mekanisme sistem organ (pernapasan, pencernaan, dan peredaran darah)
  • pemeliharaan kesehatan organ

L2 Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang mekanisme sistem gerak (Sendi) pada suatu bagian rangka manusia
38 Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan:
  • hubungan antara sistem organ dan gangguan yang ditimbulkan
  • percobaan pada sistem organ
  • hubungan antara daur hidup/perkembangbiakan dengan pelestarian makhluk hidup

L3 Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan percobaan sistem organ
39 Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
  • gaya dan gerak
  • bentuk energi dan perubahannya
  • suhu dan kalor
  • bunyi dan cahaya
  • listrik dan magnet

L2 Menyebutkan contoh kegiatan yang menunjukkan gaya dapat mengubah gerak, arah, atau bentuk benda.
40 Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan:
  • sumber daya alam
  • daur air 
  • Gerhana bulan dan Matahari
  • Sistem Penanggalan

L3 Siswa mampu menggunakan nalar berkaitan dengan daur air terhadap salah satu kegiatan manusia

Berikut contoh soalnya:

31 Jelaskan upaya pelestarian hewan dan tumbuhan langka yang ada di Indonesia!
32 Perhatikan gambar di bawah ini!

sendi pada rangka manusia


Sebutkan sendi-sendi yang ada pada rangka gerak di atas!

33. Ardi diminta membuat sebuah percobaan IPA dengan peralatan seperti gambar berikut:

percobaan sistem organ


Ketika balon B ditarik ke bawah, balon A yang berada di dalam botol ikut mengembang. Percobaan organ apa yang dilakukan Ardi dan apa yang dibuktikan dalam percobaan di atas?
34 Perhatikan gambar berikut:

gaya dapat mengubah arah benda


Dari gambar di atas, Gery menggiring bola hingga sampai di depan gawang lawan. Seketika Gery menendang kuat-kuat bola tersebut. Sayangnya, bola tersebut hanya mengenai mistar gawang lawan. Jelaskan pengaruh gaya apa yang bekerja pada bola tersebut?
35 Perhatikan gambar berikut:
daur air

Jika Pak Samin membangun rumah dengan membuat tamannya disemen atau diaspal, Jelaskan bagian tahapan daur air nomor berapa yang dapat terganggu?

Baca juga: Contoh Soal dan Rangkuman USBN SD IPA tentang Pelestarian Lingkungan


Dan penjelasannya adalah:
36. Upaya pelesteraian hewan atau tumbuhan langka adalah sebagai berikut:
Pelestarian hewan langka, dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya:
  •     Pelarangan (hukum tegas) berburu hewan langka
  •     Mengganti bahan yang bersumber dari hewan langka dengan bahan sintesis (buatan)
Pelestarian tumbuhan  dapat dilakukan dengan cara, misalnya:
  •     Tidak menebang pohon sembarangan
  •     Melarang illegal Logging( penebangan pohon secara liar)
  •     Sistem tebang pilih
  •     Melakukan program reboisasi dengan menanam bibit tumbuhan yang sudah langka
  •     Melakukan pemeliharaan tanaman dengan benar

Baca Juga: Ringkasan Materi IPA: Upaya Pelestarian Hewan dan Tumbuhan
Baca juga: Contoh Soal dan Rangkuman USBN IPA tentang Pelestarian Lingkungan
37. Sendi-sedi yang ada pada rangka gerak bagian tangan adalah:
  1. Sendi peluru, yaitu Sendi ini terdapat di antara tulang lengan atas dan gelang bahu
  2. sendi putar, yaitu sendi yang terdapat di antara tulang hasta dan pengumpil
  3. sendi engsel, yaitu sendi yang terdapat di antara tulang lengan atas dengan tulang hasta, sendi yang berada di antara pergelangan tangan
  4. sendi pelana, yaitu sendi yang terdapat pada tulang ibu jari dan telapak tangan


Baca juga: Contoh Soal USBN 2018 IPA tentang Hubungan Daur Hidup/Perkembangbiakkan dengan pelestarian lingkungan

38. Cara kerja paru-paru

Percobaan di atas membuktikan cara kerja paru-paru ketika bernapas. Ketika menarik napas, paru-paru akan mengembang. Ketika menghembuskan napas, paru-paru akan mengempis.

Update: Contoh Soal USBN IPA tentang Penalaran Berkaitan Percobaan Sistem Organ


39. Bola mengenai mistar gawang sehingga bola memantul setelah ditendang oleh pemain. Peristiwa memantulnya bola merupakan pengaruh gaya dapat mengubah arah gerak benda.
40. Kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi siklus air adalah:
1. Penggundulan hutan
2. Penutupan tanah oleh aspal dan semen
3. Pembangunan hunian (rumah) di daerah resapan air
4. Pencemaran air oleh limbah industri

Penutupan tanah oleh aspal dan semen akan mengganggu tahap daur nomor 4, yaitu infiltrasi. Suatu proses penyerapan air ke dalam tanah
Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "Contoh Soal Isian/Uraian/Essay USBN SD IPA 2018 (Paket 2)"