Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal dan Rangkuman USBN IPA Pilihan Ganda dan Isian tentang Pelestarian Lingkungan

Rangkuman Materi USBN SD IPA: Pelestarian Lingkungan


Pelestarian lingkungan merupakan salah satu bab yang diujikan dalam USBN SD Mata Pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Beberapa pengawas binaan dari Dinas Pendidikan menyatakan bahwa materi ini merupakan materi yang diujikan dalam dua tipe soal. Yaitu soal pilihan ganda dan isian.

Nah, dalam kesempatan kali ini, saya mencoba menyajikan ringkasan materi mengenai Pelestarian Lingkungan sekligus beberapa contoh kisi-kisi USBN SD Mata Pelajaran IPA mengenai Pelestarian Lingkungan.

contoh soal dan rangkuman soal usbn sd ipa pilihan ganda dan esai


Namun, sebelum kita melanjutkan pembahasan ada baiknya kita lihat terlebih dahulu kisi-kisi terbaru mengenai bab Pelestarian Lingkungan. Sebagaimana diketahui Bersama bahwa kisi-kisi tahun pelajaran 2018/2019 tidak jauh berbeda dengan kisi-kisi tahun pelajaran sebelumnya.

Baca juga: Rangkuman USBN IPA tentang Sifat Benda

Berdasarkan dokumen yang diterbitkan Balitbang Kemendikbud bahwa Kisi-kisi USBN SD Mata Pelajaran tentang Pelestarian Lingkungan ini adalah:
Baca juga artikel terbaru: Kisi-kisi Soal Uraian/Essay/Isian USBN IPA SD 2018/2019

Indikator USBN 2018/2019     Level Kognitif
•    Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang pelestarian lingkungan    

•    Peserta didik mampu menggunakan nalar berkaitan dengan upaya manusia dalam pelestarian lingkungan




L1: Pengetahuan dan Pemahaman
•    Mengidentifikasi
•    Menunjukkan
•    Memberi contoh
•    Menyebutkan
L2: Penalaran
• Menganalisis
• Memprediksi
• Menyimpulkan

Nah, beberapa contoh indikator soalnya adalah
•    Siswa dapat menjelaskan tujuan pelestarian hewan/tumbuhan
•    Menjelaskan cara melestarikan sumber daya alam tertentu berdasarkan kasus di suatu daerah.
•    Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan/sumber daya alam di suatu daerah.
•    Menjelaskan  akibat dari kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan berdasarkan ilustrasi yang disajikan.
•    Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, atau banjir berdasarkan kasus yang disajikan.

Materi Pelestarian Lingkungan sebenarnya adalah materi dari kelas 6, dimana pelestraian lingkungan menjadi standar kompetensi di semester 1.
Update artikel: Cara memprediksi kisi-kisi USBN SD 2019 Matematika dari Soal Praujian/Tryout
Baca juga: Konsep dasar USBN SD Matematika tentang Penyajian dan Pengolahan Data

Ringkasan Materi Pelestarian Lingkungan:


Upaya pelestarian hewan atau tumbuhan bertujuan untuk mencegah terjadinya kepunahan

Upaya pelesteraian hewan atau tumbuhan langka adalah sebagai berikut:

1.    Pelestarian hewan langka, dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya:
-    Pelarangan (hukum tegas) berburu hewan langka
-    Mengganti bahan yang bersumber dari hewan langka dengan bahan sintesis (buatan)

Pelestarian tumbuhan  dapat dilakukan dengan cara, misalnya:
-    Tidak menebang pohon sembarangan
-    Melarang illegal Logging( penebangan pohon secara liar)
-    Sistem tebang pilih
-    Melakukan program reboisasi dengan menanam bibit tumbuhan yang sudah langka
-    Melakukan pemeliharaan tanaman dengan benar

2.    Mendirikan tempat-tempat perlindungan tumbuhan dan hewan langka: Seperti: Cagar Alam, Suaka Margasatwa, Kebun Binatang, Kebun Raya, dan Taman Nasional.

Contoh-contoh tempat perlindungan hewan/tumbuhan:

a.    Suaka Margasatwa Cikepuh-Sukabumi, Jawa Barat: Hewan yang dilindungi penyu hijau, banteng, rusa, kancil, babi hutan, burung rangkong, burung merak, dan biawak.
Terdapat beberapa suaka alam di Indonesia, di antaranya:

-    Suaka Marga satwa Ujung kulon (Banten) untuk melindungi banteng, badak bercula satu, dan burung merak.
-    Suaka Marga satwa Gunung Lauser (Aceh) untuk melindungi orang utan, gajah, badak sumatra, dan harimau sumatra.

b.    Cagar alam yang ada di Indonesia, di antaranya:
-    Cagar Alam Dr. Moch Hatta di Padang, Sumatera Barat. Tumbuhan yang dilindungi: Rafflesia Arnoldi, amorphophallus, Eugenia.
-    Cagar Alam Arjuna Lalijiwo (Jawa Timur) untuk melindungi cemara dan Alpina.

c.    Taman Nasional Komodo, di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Hewan yang dilindunginya Komodo, dan tumbuhan yang dilindungi di taman nasional ini kayu hitam dan bayur

Tujuan pelestarian hewan atau tumbuhan langka sebagai berikut:
1.    Menjaga kesimbangan ekosistem agar kehidupan di muka bumi ini berjalan dengan baik dan seimbang
2.    Melestarikan keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat
3.    Menciptakan lingkungan yang nyaman dan mengurangi pencemaran udara dengan adanya berbagai jenis pohon
4.    Memenuhi kebutuhan  masyarakat. Misal, untuk bahan bangunan, makanan, dan obat-obatan
5.    Mencegah kepunahan berbagai jenis hewan dan tumbuhan

Baca juga: Kumpulan Soal USBN IPA SD tentang Bumi dan Gerhana (Prediksi pasti keluar)

Pengaruh kegiatan manusia yang menggangu keseimbangan lingkungan


Ketidakseimbangan lingkungan sebagian besar terjadi akibat kegiatan-kegiatan yang dilakukan manusia, misal penebangan liar (illegal logging) dan pembakaran hutan, penggunaaan pupuk buatan dan pestisida secara berlebihan, perburuan hewan secara liar, serta pembangunan pabrik (industri)

1.    penebangan liar dan pembakaran hutan


permbukaan kawan hutan untuk kegiatan penambangan atau perluasan industri dengan menebangi pohon dapat mengakibatkan:
-     populasi tumbuhan di hutan menjadi berkurang.
-    Tumbuh-tumbuhan berfungsi untuk mencegah terjadinya erosi tanah oleh air. Jika tumbuhan di hutan habis tanah bagian atas mudah terbawa oleh aliran air hujan. Padahal tanah bagian atas merupakan lapisan tanah yang paling subur.
-    Perusakan hutan juga dapat mengakibatkan bencana banjir dan tanah longsor.
-    Selain itu, perusakan hutan juga dapat mengakibatkan hewan-hewan di hutan kehilangan tempat tinggal dan sumber makanan. Akibatnya, banyak hewan yang tidak dapat bertahan hidup.
-    Hewan yang kehilangan sumber makanan akan mencari makanan ke desa-desa yang berada di sekitar hutan tersebut seingga mengganggu ketenteraman lingkungan.

2.    Penggunaan pupuk buatan yang dan pestisida secara berlebihan


Manusia menggunakan pupuk buatan dan pesetisida untuk meningkatnya produksi perkebunan dan pertanian. Pupuk buatan dan pestisida mengandung zat-zat kimia berbahaya. Pupuk buatan dibutuhkan pada tanah untuk menyediakan mineral-mineral yang diperlukan oleh tanaman. Pestisida digunakan untuk mengendalikan hama dan penyakit yang merusak tanaman. Akan tetapi, penggunaan pupuk buatan dan pestisida secara berlebihan dapat menimbulkan pencemaran tanah dan air. Akibatnya, beberapa jenis makhluk hidup yang berada di dalam tanah dan perairan akan ikut terbunuh. Penggunaan pestisida juga menyebabkan hama menjadi resistan (semakin kebal terhadap pestisida).

3.    perburuan hewan secara liar


manusia melakukan perburuan liar tehadap hewan untuk memanfaatkan bagian-bagian  tubuh hewan yang bernilai jual tinggi. Sebagai contoh, manusia berburu harimau untuk dimanfaatkan kulitnya dan berburu gajauh untuk dimanfaatkan gadingnya. Perburuan hewan secar liar dapat mengakibatkan ketidakseimbangan lingkungan. Akibat perburuan tersebut, jumlah hewan-hewan yang hidup di hutan  semakin berkurang dan lama kelamaan akan punah. Punahnya suatu jenis hewan dapat mengganggu keseimbangan alam

4.    perkembangan pabrik atau industri


kegiatan pabrik-pabrik menghasilkan limbah. Ada pabrik yang mengolah limbahnyaterlebih dahulu, tetapi ada juga yang langsung membuangnya ke lingkungan (misalnya sungai) limbah pabrik kebanyakan mengandung racun yang mencemari sungai.  Racun tersebut dapat membunuh makhluk hidup yang ada di sungai. Selain itu, asap yang dihasilkan dari cerobong pabrik mengandung gas-gas berbahaya yang dapat mencemari udara.

5.     Keseimbangan dan ketidakseimbangan ekosistem juga dimanfaatkan oleh manusia. 

Misalnya dalam mengendalikan hama tikus di lahan pesawahan. Para petani melepaskan ular sawah di lahan persawahan agar tikus dapat dikendalikan.

Cara mencetah terjadinya abrasi, erosi, longsor, dan banjir

Abrasi

Abrasi adalah peristiwa pengikisan bibir pantai oleh gelombang laut yang sangat kuat (ombak yang terus menerus). Cara pencegahannya adalah dengan menanam beberapa jenis tanaman mangrove dan membangun beton pemecah gelombang,

Erosi

Erosi adalah pengikisan tanah oleh air yang mengalir misalnya karena hujan. Erosi disebabkan oleh tidak adanya alat resapan air pada tanah. Alat resapan pada tanah adalah akar pada tumbuh-tumbuhan. Akibat dari erosi adalah longsor di daerah-daerah pegunungan. Penyebab utama dari erosi adalah penggundulan hutan yang dilakukan manusia. Menebang hutan secara liar. Beberapa cara pencegahan erosi adalah dengan melakukan penanaman tumbuhan kembali (reboisasi) atau yang disebut dengan penghijauan. Untuk wilayah pegunungan, terasering (sengkedan) juga merupakan cara petani untuk mengatasi masalah erosi.

Banjir

Banjir merupakan bencana yang terjadi karena rendaman air yang berlebih di suatu tempat atau daerah. Cara pencegahannya adalah dengan menjaga saluran air lancar, tidak membuang sampah sembarangan, pengurasan dasar sungai.


Contoh Soal USBNSD IPA Pilihan Ganda


1.    Hewan Tapir adalah hewan yang harus dilindungi. Tujuan pelestarian hewan tersebut adalah . .
       A.    Memperbanyak hewan lain agar tidak punah
       B.    Memperbanyak populasi untuk keperluan penelitian
       C.    Memperbanyak populasi agar hewan tersebut tidak punah
       D.    Memperbanyak hewan tersebut untuk diperjualbelikan

2.    Salah satu tujuan pemerintah mendirikan kebun binatang adalah . . .
      A.    Melestarikan hewan dan tumbuhan langka
      B.    Melindungi hewan yang berasal dari luar negeri
      C.    Melindungi hewan-hewan dari kepunahan
      D.    Melestarikan hewan asli

3.    Burung Kepodang adalah hewan yang perlu dilindungi. Tujuan pelestarian hewan tersebut adalah. . .
      A.    Memperbanyak populasi untuk kegiatan penelitian
      B.    Mempertahankan populasi untuk dipelihara
      C.    Melakukan penangkaran untuk diperjualbelikan
      D.    Memperbanyak populasi agar hewan itu tidak punah

4.    Tujuan pemerintah melarang pengambilan terumbu karang di laut adalah . . .
       A.    Meningkatkan budi daya laut   
       B.    Meningkatkan wisata laut
       C.    Mencegah pencemaran laut
       D.    Menjaga kelestarian taman laut

5.    Perlindungan terhadap burung Cendrawasih bertujuan untuk . . .
       A.    Diambil bulunya sebagai perhiasan
       B.    Menambah koleksi kebun binatang
       C.    Menjaga kelestariannya
       D.    Dipelihara di dalam sangkar

6.    Pemerintah melindungi hewan dan tumbuhan langka dari perburuan liar dengan tujuan ….
       A.    Jumlahnya semakin banyak
       B.    Tidak mengalami kepunahan
       C.    Populasinya semakin berkurang
       D.     Tetap dapat dimanfaatkan manusia

7.    Tujuan pemerintah menyediakan Suaka Margasatwa adalah . . .
       A.    Melindungi hewan dari kepunahan
       B.    Tersedianya tempat pariwisata
       C.    Menciptakan lapangan kerja baru
       D.    Meningkatkan komoditas ekspor daging

8.    Pemerintah Kota Depok mendirikan Taman Hutan Raya (Tahura) Pancoran Mas dengan tujuan untuk melestarikan beberapa jenis tumbuhan dan hewan. Salah satu hewan langka yang dilestarikan di Tahura Pancoran Mas beserta tujuannya yang benar adalah ...
       A.    Burung cenderawasih, untuk dijadikan sebagai pertunjukan wisata
       B.    Burung Ciblek, untuk menjaga populasinya agar tidak punah
       C.    Harimau, untuk dimanfaatkan kulitnya sebagai bahan hiasan
       D.    Orang utan, untuk mendambah pendapatan negara

9.    Penangkapan ikan yang dilakukan oleh para nelayan dengan menggunakan bahan peledak akan mengakibatkan . . .
       A.    Terumbu karang mengalami kerusakan
       B.    Laut menjadi tempat yang aman bagi hidup ikan
       C.    Kerusakan di pesisir pantai
       D.    Nelayan lebih banyak mendapat ikan

10.    Pengambilan telur penyu yang berlebihan akan mengakibatkan . . .
       A.    Keseimbangan ekosistem terjaga
       B.    Populasi penyu punah
       C.    Meningkatnya populasi penyu
       D.    Penyu melakukan migrasi


Contoh pembahasan soal pilihan ganda di atas adalah:


1. Jawab: C.  Memperbanyak  populasi agar hewan tersebut tidak punah
Hewan Tapir berasal dari pulau Kalimantan. Hewan ini dilindungi karena hampir punah. Oleh karean itu, tujuan pelestarian hewan ini untuk memperbanyak populasi agar hewan tersebut tidak punah.

2.Jawab: C. Melindungi hewan dari   kepunahan
Tujuan pemerintah mendirikan kebun binatang adalah untuk melindungi hewan-hewan dari kepunahan.

3. Jawab: D. Memperbanyak polpulasi agar hewan itu tidak punah
Burung kepodong merupakan salah satu jenis burung yang dilindungi karena populasinya yang semakin menurun. Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, dapat mengakibatkan kepunahan burung Kepodong. Oleh karena itu, burung Kepodong perlu dilestarikan agar populasinya semakin meningkat sehingga tidak punah.

4. Jawab: D Menjaga kelestarian taman laut
Terumbu karang merupakan tempat hidup berbagai jenis hewan di laut. Maraknya pengambilan terumbu karang dapat menyebabkan habitat tempat hidup ikan rusak sehingga populasi ikan berkurang. Oleh karena itu pengambilan terumbu karang di laut dilarang oleh pemerintah. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelestarian taman laut.

5. Jawab: C. Menjaga kelestariannya
Burung Cendrawasih memiliki bulu yang sangat indah. Masyarakat memburunya untuk mengambil bulunya. Bulunya akan dijadikan sebagai hiasan. Kini jumlahnya semakin sedikit. Burung tersebut harus dilindungi. Oleh karena itu, perlindungan terhdap burung Cendrawasih bertujuan untuk menjaga kelestariannya.

6. Jawab: B. Tidak mengalami  kepunahan
Salah satu tujuan pelestarian hewan dan tumbuhan langka adalah mencegah kepunahan berbagai jenis hewan dan tumbuhan

7. Jawab: A Melindungi hewan dari  kepunahan
Suaka Margasatwa adalah salah satu tempat yang disediakan oleh pemerintah untuk melindungi hewan agar tidak punah. Hewan yang dilindungi di suaka margasatwa antara lain penyu hijau, banteng, rusa, kancil, burung rangkong, burung merak, dan biawak.

8. Jawab: B
Burung Ciblek adalah burung langka yang dilestarikan di Tahura Pancoran Mas karena populasinya semakin menurun akibat banyak diburu manusia untuk diperdagangkan. Usaha melestarikan burung Ciblek di Tahura Pancoran Mas adalah untuk menjga populasi burung Ciblek tidak punah.
Burung Cenderawasih adanya di Papua
Harimau terdapat di Jawa dan Sumatra
Orang Utan terdapat di Kalimantan

9. Jawab A. Terumbu karang mengalami kerusakan
Bahan peledak yang digunakan para nelayan untuk menangkap ikan dapat mengakibatkan terumbu karang mengalami kerusakan.

10. Jawab: B. Populasi penyu punah
Penyu berkembang biak dengan bertelur. Oleh karena itu, jika telur-telur penyu diambil secar berlebihan maka akan berdampak pada populasi penyu punah.


Contoh Soal USBN SD IPA Isian/Uraian/Essay/Esai tentang Pelestarian Lingkungan

Sedangkan contoh soal isian/uraian/essay/esai dari Pelestarian lingkungan adalah:
1.    Bencana alam akhir-akhir ini melanda tanah air. Salah satunya peristiwa longsornya tanah di pula sumatera sehingga menimbulkan banyak korban jiwa. Jelaskan upaya manusia dalam mencegah terjadinya bencana tersebut?
2.    Perhatikan gambar berikut!
contoh soal isian/uraian/esai pelestarian lingkungan









Sebutkan 3 akibat yang ditimbulkan dari peristiwa seperti gambar di atas!

Silakan jawab ya ....

Semoga bermanfaat.
Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "Contoh Soal dan Rangkuman USBN IPA Pilihan Ganda dan Isian tentang Pelestarian Lingkungan"