Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsep Dasar Penyajian dan Pengolahan Data



Ruang lingkup ketiga dari kisi-kisi USBN SD Matematika adalah Penyajian Data. Ruang lingkup  ini termasuk dari tiga ruang lingkup materi utama USBN SD Matematika yang diujikan.

konsep dasar penyajian dan pengolahan data

Dalam kisi-kisi USBN SD Matematika, kisi-kisi soal tentang penyajian data berupa:
  • Peserta didik dapat mengenal dan memahami pengetahuan tentang penyajian data dalam tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran

  • Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang penyajian data dalam tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran

  • Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan penyajian data dalam tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran 

Pengertian Data, Penyajian Data, dan Pengolahan Data

Data merupakan catatan sekumpulan fakta. Catatan tersebut berupa informasi-informasi yang diperoleh dari ragam tehnik pengumpulan data. Misalnya pengamatan (observasi), wawancara (interview), angket, voting, dan tehnik lainnya.

Contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari mengenai data, penyajian data, dan pengolahan data adalah:

Siswa Kelas 6 telah melaksanakana ujian sekolah mata pelajaran Matematika. Masing-masing siswa telah mendapatkan nilai hasil ujiannya. Nilai ini yang disebut dengan fakta. Guru menuliskan nilai-nilai yang diperoleh siswa dalam buku nilai. Kegiatan guru inilah yang disebut dengan 'mendata'.

Selanjutnya, guru mendata nilai dalam buku nilai. Buku nilai tersebut menyajikan nilai-nilai siswa kelas 6. Data dalam buku nilai inilah yang disebut dengan 'penyajian data'.

Kemudian, guru ingin melihat siswa siapa saja yang mendapatkan nilai di atas KKM. Melalui penyajian data yang ada dalam buku nilai, guru mengolah data tersebut berdasarkan kriteria nilai di atas KKM. Kegiatan yang dilakukan inilah yang disebut dengan 'pengolahan data'.

Narasi di atas menggambarkan pengertian dari data, penyajian data, dan pengolahan data. Pada dasarnya, data dibutuhkan oleh seseorang yang membutuhkan informasi berupa fakta. Sehingga dalam pengumpulan, penyajian, hingga pengolahannya harus tepat dan akurat. Jangan sampai ada data yang multitafsir atau sulit untuk dibaca/dipahami.

baca juga artikel tentang Matematika di blog ini

Pengumpulan Data


Sebelum data disajikan, si pembuat data akan mengumpulkan informasi berupa fakta-fakta dengan beragam cara. Tehnik pengumpulan data tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

- Wawancara
- Observasi (Pengamatan langsung)
- Angket
- voting

Tehnik-tehnik pengumpulan data ini memiliki keakuratan dan validitas yang berbeda-beda. Tergantung dari kebutuhan si pengumpul data.


Penyajian Data


Data yang telah dikumpulkan selanjutnya akan disajikan dalam bentuk penyajian data. Penyajian data umumnya bertujuan agar pihak yang membutuhkan informasi berupa data dapat dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi tersebut berdasarkan data yang disajikan.

Penyajian data dilakukan dalam bentuk:

1. Data Random/Data tunggal


Data tunggal merupakan data yang masih bersifat sederhana. Data ini masih berupa narasi-narasi sederhana yang disajikan berdasarkan kebutuhan yang sangat mendesak. Umumnya, data tunggal masih dalam bentuk draft-draft yang dilakukan oleh pengumpul data.

Data random merupakan data yang masih belum disusun berdasarkan kriteria atau urutan tertentu. Data ini juga termasuk ke dalam data tunggal namun sifatnya masih acak dan belum tersusun dengan rapi.

Biasanya, dalam soal USBN SD Matematika, data tunggal atau data random menjadi stimulus soal untuk menentukan 'penyajian data' datau 'pengolahan data' lainnya. Jika Kalian mendapati petunjuk soal USBN SD Matematika seperti soal berikut ini, berati data tersebut disajikan dalam bentuk data tunggal/data random:


2. Tabel


Tabel merupakan daftar yang berupa ikhtisar/rangkuman yang berisi informasi yang ditulis secara sistematis berurutan dari atas ke bawah, kanan ke kiri, yang dibatasi oleh garis pembatas.

Unsur yang harus ada dalam penyajian data tabel adalah:

- Judul/identitas tabel
- Header (baris pertama) yang berisi nama-nama variabel data
- Kolom (berupa ruang/area dari atas ke bawah)
- baris (berupa ruang/area dari kiri ke kanan secara mendatar)

Unsur-unsur di atas harus ada dan wajib ada. Ini penting bagi siswa pahami ketika mendapati soal Uraian/Isian/Essay yang berkaitan dengan penyajian data. Unsur-unsur di atas memiliki poin/nilai tersendiri dalam menjawab soal USBN SD Matematika.

3. Diagram (Chart)


Diagram merupakan penyajian data yang disajikan dalam bentuk deskripsi-deskripsi yang mewakili atau membandingkan data sebenarnya.

Penyajian data dalam bentuk diagram memiliki beragam bentuk. Yaitu:
- Diagram batang
- Diagram lingkaran (pie)
- Diagram Garis
- Diagram simbol
- Diagram kartesius

Unsur-unsur yang ada dalam diagram

a. Diagram batang

Diagram batang merupakan penyajian data yang digambarkan dalam bentuk persegi panjang atau batang yang merupakan perwakilan/perbandingan data aslinya.

Unsur-unsur diagram batang:
- Judul/identitas diagram batang
- Sumbu x dengan nama variabel dan unit-unitnya
- sumbu y dengan nama variabel dan unit-unitnya
- persegi panjang (batang) dengan panjang berdasarkan unit yang dibandingkannya

b. Diagram lingkaran

Diagram lingkaran merupakan penyajian data yang digambarkan dalam bentuk lingkaran. Masing-masing data digambarkan/diperbandingkan berdasarkan luas bagian lingkaran (dikenal dengan nama juring).

Unsur-unsur diagram lingkaran
- Judul/identitas diagram lingkaran
- Luas juring (bagian lingkaran)
- Nama variabel berdasarkan luas juring yang mewakilinya
- satuan sudut atau persen yang merupakan angka perbandingan data sebenarnya

baca juga: Satu rumus ini, kamu bisa menyelesaikan soal tentang perbandingan, skala, dan diagram lingkaran

c. Diagram Garis

Diagram garis merupakan penyajian data yang digambarkan dalam garis yang menghubungkan titik-titik tertentu dalam diagram. Umumnya, diagram garis digunakan untuk melihat pertumbuhan dan perubahan dalam suatu variabel.


Pengolahan Data

Pengolahan data merupakan kegiatan mengolah data untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Dalam pengolahan data ada kegiatan membaca, menghitung, dan menganalisis data berdasarkan penyajian data.

Adapun pengolahan data adalah:
1. Data Tertinggi
2. Data Terendah
3. Data Terbesar
4. Data Terkecil
5. Data paling banyak
6. Data paling sedikit
7. Selisih
8. Rata-rata
9. Modus
10. Nilai tengah (Median)

Pengolahan data di atas harus benar-benar dikuasai oleh siswa. Perbedaan data tertinggi dengan data paling banyak, perbedaan data terendah dengan data paling sedikit, merupakan contoh dari pemahaman dari tehnik pengolahan data.

Untuk lebih jelasnya mengenai konsep dasar penyajian data dan pengolahan data dapat Anda saksikan dalam video pembelajaran berikut ini:


Di video tersebut, Anda dapat mengakses dokumen powerpoint dari presentasinya. Silakan tonton di chanel youtube di atas.

Demikian konsep dasar dari materi USBN SD Matematika tentang Penyajian Data.

Saran dan kritik silakan Anda sampaikan dalam kolom komentar blog ini.
Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "Konsep Dasar Penyajian dan Pengolahan Data"