Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Isian USBN SD 2018 Bahasa Indonesia (Paket 1)

USBN 2018 mulai menggunakan dua tipe soal. Soal pilihan ganda dan soal isian/Essay/Uraian. Jumlah masing-masing tipe soal terdiri dari:
  • 40 soal pilihan ganda (No. 1 hingga 40)
  • 5 soal soal isian atau essay atau uraian (No. 41 hingga 45)

soal Isian Uraian Essay Esai USBN Bahasa Indonesia SD 2018


Sementara itu, kisi-kisi USBN SD yang diterbitkan balitbang kemendikbud hanya menginformasikan garis besarnya saja. Pemerintah tidak menentukkan indikator soal mana saja yang akan dijadikan soal pilihan ganda maupun soal uraian.

Namun, kita tidak perlu khawatir. Sebenarnya naskah soal USBN SD dikembangkan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Pemerintah daerah memberikan kebebasan kepada pemerintah daerah untuk mengembangkan naskah soal tersebut berdasarkan karakteristik daerahnya masing-masing.

Mengenai soal mana yang akan dijadikan soal isian, pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan Daerah masing-masing wajib menginformasikan kepada sekolah-sekolah. Sosialisasi ini biasanya dilaksanakan melalui forum KKG, MGMP, dan K3S.

Saya sendiri mendapatkan informasi soal mana yang akan dijadikan naskah soal pilihan ganda dan soal isian bersumber dari hasil pertemuan di acara bedah kisi-kisi. Di sanalah kami selaku guru kelas 6 berkumpul dan mendapatkan informasi tentang ini.

Baiklah, sebagaimana postingan terdahulu. Saya telah menginformasikan kisi-kisi USBN SD yang akan dijadikan soal isian, maka pada postingan kali ini saya mencoba membuatkan kisi-kisi soal USBN SD Bahasa Indonesia untuk soal isian atau essay atau uraian.

Berikut contoh kisi-kisi USBN SD Bahasa Indonesia untuk naskah soal isian.

No Soal Indikator USBN 2018 Level Indikator Soal
41. Peserta didik dapat:
  • menentukan informasi tersurat pada karya sastra
  • menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh)
  • menentukan makna kata/simbol/kias
L1 Mnentukan simpulan cerita
42. Peserta didik dapat:
  • menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
  • menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca


L1 Memperbaiki kesalahan ejaan pada kalimat/paragraf
43. Peserta didik dapat:
  • menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
  • menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
  • melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)
  • melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan


L3 Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf deskripsi
44. Soal dari Pusat
Memperbaiki ksalahan Ejaan pada kalimat
L1 L2 L3 Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
45. Peserta didik dapat:
  • memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
  • memperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tanda baca
L3 Memperbaiki kesalahan ejaan


Nah, bentuk naskah soalnya adalah:
41.
Mengapa tidak Boleh Marah
Oleh: Nuniek Puspitawati

Ketika aku akan bermain lompat bambu bersama teman-teman di lapangan depan rumah, tiba-tiba tnpa aku tahu sebabnya si Ali yang baru saja melakukan hom pim pa untuk menentukan pemain dan penjaga, mendadak membanting batang bambu yang sedang ia pegang. Bambu itu menimpa kaki Siti hingga berteriak kesakitan. Hanya dalam hitungan detik, Kakek berada di dekat kami dan membantu Siti yang terjatuh dan menangis. Rupanya Kakek duduk di beranda rumah dan mengawasi kami bermain.

Sesaat aku terpana, terkejut atas kejadian yang begitu cepat. Lalu aku tersadar, aku telah mendapat jawaban dari pertanyaan yang selama ini berada dalam pikiranku, tidak mengapa jika kita menjadi marah, tetapi bagaiman cara menyikapi marah itu sehingga tidak akan merugikan diri sendiri dan juga orang lain.

Manusialah yang seharusnya mengendalikan amarah dan bukan amarah yang mengendalikan manusia

Buatlah simpulan dari cerita di atas!

42.
para guru dan anak-anak yang ibu banggakan dalam rangka menghadapi kegiatan FL2SN tingkat kecamatan di tahun ini Ibu berharap sekolah kita memperoleh prestasi lebih baik dari tahun lalu
Demikian himbauan ini ibu sampaikan dan mohon diperhatikan.
Ejaan pada teks di atas adalah kurang tepat. Perbaikilah ejaan di atas hingga menjadi benar!

43. Perhatikan gambar berikut!

soal tentang menyusun berbagai teks (Deskripsi, narasi)


Deskripsikan gambar tersebut dalam satu paragraf utuh!

44.
Pada hari Minggu ini, Deni menonton pertandingan bola voli. Lapangan di desa Deni menyaksikan pertandingan. Deni begitu bersemangat mendukung regu kesukaannya.
Perbaikilah tata kalimat pada teks di atas sehingga menjadi kalimat yang benar dan tepat!

45. Perhatikan kalimat berikut!
Komala berkata “sepatu baruku asli buatan indonesia”

Perbaikilah penulisan ejaan pada teks di atas sehingga menjadi kalimat yang benar!




Demikian postingan contoh soal isian, essay, uraian untuk naskah USBN SD 2018 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat.
Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "Contoh Soal Isian USBN SD 2018 Bahasa Indonesia (Paket 1)"