Kisi-kisi USBN SD 2018 Mata Pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kemarin saya telah memposting kisi-kisi USBN SD 2018 mata pelajaran PKn (Pendidikan Kewargangaraan). Kisi-kisi tersebut merupakan contoh dari kisi-kisi USBN SD 2018 untuk dijadikan pedoman penyusunan naskah soal. Penggunaan kisi-kisi ini dapat juga dimanfaatkan untuk rambu-rambu pembelajaran di kelas 6.
Nah, sekarang saya akan membagikan kisi-kisi USBN SD 2018 mata pelajaran lainnya. Kisi-kisi USBN 2018 jenjang SD/MI mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kali ini saya bagikan untuk Anda. Berikut contoh kisi-kisi USBN SD 2018 untuk mata pelajaran IPS
Jadi, rambu-rambu penulsan soal USBN SD 2018 mata pelajaran IPS akan berpatokan pada kisi-kisi seperti ini. Setidaknya, peserta didik akan siap dalam menghadapi ujian sekolah.
Semoga bermanfaat.
Nah, sekarang saya akan membagikan kisi-kisi USBN SD 2018 mata pelajaran lainnya. Kisi-kisi USBN 2018 jenjang SD/MI mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kali ini saya bagikan untuk Anda. Berikut contoh kisi-kisi USBN SD 2018 untuk mata pelajaran IPS
NO | MATERI | INDIKATOR |
---|---|---|
1. | Peta lingkungan setempat | Mendiskripsikan legenda atau simbol simbol yang ada pada peta |
Menjelaskan unsur unsur peta , Misalnya Judul peta, legenda, skala ,dll | ||
2 | Kenampakan alam sosial dan budaya | Mengidentifikasi berbagai kenampakan alam, Misalnya: gunung, dataran tinggi, laut ,dll |
Mengidentifikasi peristiwa alam misalnya: banjir, gempa bumi, angin topan,dll | ||
Mengidentifikasi penyebab terjadinya bencana alam dan cara menanggulanginya | ||
3 | Sumber daya alam kita | Mengidentifikasi jenis jenis sumber daya alam dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi |
Menjelaskan hasil pengolahan sumber daya alam | ||
Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di lingkungan | ||
Mengidentifikasi berbagai sumber daya alam sebagai komuditas ekspor indonesia | ||
4 | Peninggalan ber sejarah di daerah setempat | Menjelaskan cara menjaga dan melestarikan peninggalan bersejarah |
Menceritakan peninggalan sejarah yang ada di lingkungan setempat | ||
5 | Perkembangan tehnologi produksi, transportasi dan komunikasi | Mengidentifikasi bermacam macam tehnologi masa lalu dan masa kini/modern |
Menyebutkan manfaat penggunaan tehnologi modern | ||
Menceritakan perkembangan tehnologi produksi, komonikasi, dan transportasi | ||
6 | Masalah sosial dan dampaknya | Menyebutkan berbagai masalah sosial dan dampaknya dalam kehidupan masyarakat |
Menjelaskan cara menanggulangi masalah sosial di masyarakat | ||
7 | Keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia | Mengidentifikasi keragaman suku, budaya yang terdapat di Indonesia |
Menjelaskan cara menghargai keberagaman | ||
8 | Jenis jenis usaha dan kegiatan ekonomi di indonesia | Menyebutkan jenis jenis usaha perekonomian dalam masyarakat Indonesia. |
Memberi contoh usaha yang dikelola sendiri maupun kelompok | ||
Menjelaskan kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi | ||
9 | Makna peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu | Budha dan Islam di Indonesia Menceritakan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu,Buda, dan Islam di Indonesia |
10 | Tokoh tokoh sejarah pada masa Hindu Budha, dan Islam | Menyebutkan tokoh tokoh sejarah pada masa Hindu Budha dan Islam di Indonesia |
11 | Pembagian wilayah waktu di Indonesia | Menunjukkan pada peta pembagian wilayah waktu yang ada di Indonesia. |
12 | Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional | Menceritakan sebab jatuhnya daerah daerah nusantara ke dalam kekuasaan Belanda |
Menceritakan peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928 | ||
Menceritakan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya mengusir penjajah belanda | ||
13 | Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar Negara | Menjelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan indonesia |
Mengidentifikasi para tokoh dalm mempersiapkan kemerdekaan | ||
14 | Proklamasi kemerdekaan Indonesia | Menyebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia |
Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan | ||
15 | Perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan | Menjelaskan cara menghargai jasa perjuangan para tokoh dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan |
Mengidentifikasi para tokoh perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. | ||
16 | Kenampakan alam dan keadaan sosial Negara Negara tetangga (ASEAN) | Menunjukkan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial Negara Negara tetangga( ASEAN ) |
Menjelaskan Negara Negara anggota ASEAN | ||
Mengidentifikasi bentuk pemerintahan Negara Negara ASEAN | ||
Mengidentifikasi karakteristik Negara anggota ASEAN , seperti : bendera, mata uang , nama nama bandara, dll | ||
Menjelaskan usaha usaha mempererat hubungan antar Negara anggota ASEAN | ||
17 | Benua benua di dunia Menunjukkan benua benua di dunia . | Menjelaskan Negara Negara di Benua Asia |
Menjelaskan Negara Negara di benua Eropa | ||
Menjelaskan Negara Negara di benua Amerika | ||
Menjelaskan Negara Negara di benua Asia | ||
Mengidentifiksi berbagai keajaiban dunia dan letaknya | ||
Mengidentifkasi ciri khas hewan dan tumbuhan di kawasan dunia | ||
Mengidentifikasi sebutan berbagai Negara, misalnya:Negeri kincir angin , Negeri Paman Sam, dll | ||
18 | Gejala alam | Mengidentifikasi gejala alam, seperti: hujan, gempa bumi, tanah longsor , |
Mengidentifikasi masalah pemanasan global dan penyebabnya | ||
19 | Cara cara menghadapi bencana alam | Menjelaskan cara cara menghadapi bencana alam Mengidentifikasi penyebab terjadinya bencana alam |
20 | Peranan Indonesia pada era globalisasi | Menjelaskan contoh perubahan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi |
Menjelaskan dampak positif dan negatif globalisasi | ||
Menjelaskan jenis jenis perjanjian antar negara | ||
21 | Manfaat ekspor dana impor | Menemutunjukkan barang yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia Menjelaskan alasan mengimpor barang komuditas |
Menjelaskan pentingnya investasi modal bagi pemerintah |
Jadi, rambu-rambu penulsan soal USBN SD 2018 mata pelajaran IPS akan berpatokan pada kisi-kisi seperti ini. Setidaknya, peserta didik akan siap dalam menghadapi ujian sekolah.
Semoga bermanfaat.
Post a Comment for "Kisi-kisi USBN SD 2018 Mata Pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)"
Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar Anda tidak segera muncul karena diatur moderasi komentar. Komentar Anda akan muncul setelah kami menyetujuinya. Komentar dengan mencantumkan link aktif, unsur sara, ataupun yang melanggar TOS kami tidak akan dipublikasikan. Terima kasih