Langkah-langkah Pembuatan Video Pembelajaran

Posted By Syahandrian Eda on Friday, 5 January 2018 | 01:20:00

Assalamualikum, Kawan Blogger ...

Kali ini saya ingin berbagi mengenai cara membuat video pembelajaran. Video pembelajaran ini pernah saya terapkan dalam kegiatan belajar mengajar. Hasilnya sungguh mengejutkan. Karena siswa lebih tertarik mengikuti proses pembuatannya. Proses pembuatan inilah yang kemudian saya anggap sebagai proses pembelajaran mereka.

Dalam pembuatan ini, saya sendiri selaku penulis naskah; perekam audio dan visual; sutradara; dan penyunting akhir dari video. Naskah yang saya tulis adalah ringkasan materi pembelajaran. Naskah ini saya serahkan kepada anak-anak untuk dipelajari. Setelah mempelajarinya, saya memilih di antara mereka yang siap untuk proses pembuatan video. Awalnya mereka tidak begitu antusias, tapi setelah mereka melihat hasil video tersebut mereka akhirnya berlomba-lomba menyampaikan naskah atau ringkasan materi kepada saya.

Ternyata dari sini, saya telah memberikan stimulus agar mereka belajar secara mandiri. Mereka mempelajari materi dan berusaha tampil di depan kamera. Sepertinya ini mirip dengan orang yang mau casting ya ..., tapi tidak apa-apa. Namanya juga proses belajar. Toh pun proses pembelajaran ini serasa hidup bagi saya yang merupakan pendidik.

Jika mau lihat video pembelajarannya seperti apa, silakan tonton dulu video berikut:

Nah ... video di atas adalah salah satu hasil karya anak murid saya. Sengaja saya memilih beberapa siswa yang siap untuk proses pembuatan video ini. Lalu saya tampilkan di hadapan anak-anak yang lain, dan mereka antusias. video anak-anak yang lain tidak saya publikasikan. Karena memang untuk kepentingan pribadi dalam proses belajar mengajar.

Oh, ya ... bagi kawan-kawan blogger--terutama guru-- yang ingin membuat proses pembuatan ini saya akan memberikan tips-nya.

Langkah pertama: Siapkan Skenario
 Skenario di sini bukan seperti skenario film atau sinetron. Skenario di sini adalah ringkasan materi yang Anda buat atau siswa yang buat. Periksalah tata bahasa yang akan ada jadikan audio. Setelah jadi, siapkan siapa yang akan menjadi artisnya.

Update: Contoh Skenario Film untuk Membuat Video Pembelajaran



langkah kedua: Cari ilustrasi Pendukung
Cari ilustrasi yang mendukung skenario  Anda. Kali ini adalah tugas Anda untuk mencari gambar atau video yang akan Anda masukkan ke dalam video Anda. Anda boleh mencari di google ataupun hasil rekaman Anda sendiri. Hal terpentingnya, Anda harus yakin bahwa video ataugambar tersebut benar-benar mengilustrasikan skenario Anda. Dan satu lagi, pastikan Anda mencantumkan sumber dari mana Anda mengambil gambar atau video tersebut guna memastikan Anda tidak mencuri karya orang lain.

langkah ketiga: Proses Merekam Audio/Visual
Siapkan skenario dan artis yang akan jadi model untuk video pembelajaran Anda. Gunakan alat rekam seadanya saja. Anda bisa menggunakan ponsel Anda untuk merekam. Lalu semua hasil rekaman simpan dalam satu folder agar memudahkan Anda proses membuat video.


Langkah keempat: Compile Video Anda
Mengcompile video adalah menggabungkan semua hasil rekaman menjadi tampilan video seperti yang ada pada video di atas. Anda bisa menggunakan bawaan windows seperti "Movie Maker" atau yang lainnya. Jika Anda ingin mengcompile video dengan maksimal atau lebih keren, Anda dapat menggunakan aplikasi lain. Seperti Adobe Priemere, Corel Video Studio, dan lain-lain. Anda dapat mencari tutorial-tutorial bagaimana membuat intro untuk awalan video Anda. Intinya, pada langkah ini Anda dituntut untuk menguasai dan mengkreasikan dalam pembuata video.
Setelah jadi, render-lah video Anda dalam format mp4 atau yang lainnya. Merender video artinya video Anda sudah siap untuk menjadi video pembelajaran.

Itulah penjelasan singkat saya mengenai cara membuat video pembelajaran. Dalam prosesnya, memang tidak sesingkat langkah  yang saya tuliskan ini. Tapi, langkah-langkah tersebut memang langkah utama untuk bisa Anda terapkan dalam membuat video pembelajaran.

Semoga bermanfaat....

Blog, Updated at: 01:20:00

4 komentar:

  1. Termakasih kk, berkat tulisan kk sy bisa jdkan referensi dalam pembuatan media pembelajaran yg akan sy buat. sangat membantu

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!

Syahandrian Eda. Powered by Blogger.