Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Skenario Film untuk Membuat Video Pembelajaran

Sebagaimana postingan terdahulu, saya pernah membahas langkah-langkah membuat video pembelajaran. Salah satu langkah-langkahnya adalah dengan membuat skenario. Skenario yang saya maksud di sini adalah rangkuman yang siswa atau guru buat. Nah, untuk mempermudah pembuatan video (praproduksi), kita coba membuat skenarionya seperti contoh skenario sinetron atau iklan.

Contoh Skenario Film, Cara membuat video pembelajaran, Contoh Skenario Film Pendidikan

Contoh Format Skenario Video Pembelajaran


Pernahkah kita berpikir bagaimana caranya membuat video iklan seperti yang ada di tivi-tivi? Bagaimana bentuk skenario-nya? Bagaimana cara mengeditnya?

Jawabannya itu tergantung dari format video yang digunakan. Skenario merupakan rancangan yang harus dibuat oleh si pembuat konten video. Di dalam skenario mengatur semua dialog, durasi, metode fokus view, fade out, dan lain-lain. Dari skenario tersebut, aktor atau pemain memperagakan peran dan dialognya. Bagi sang sutradara, skenario berguna untuk menilai peran, setting, mutu pengambilan gambar agar sesuai dengan skenario.

Format skenario iklan, misalnya. Karena iklan berdurasi singkat, maka pembuat video iklan harus mengatur bagaimana semua pesan itu tersampaikan dalam durasi yang singkat. Juga bagaimana kru pengedit untuk mengcompile video semenarik mungkin.

Nah, di bawah ini untuk membuat video pembelajaran kita menggunakan format skenario iklan. Ada banyak kelebihan menggunakan skenario iklan untuk membuat video pembelajaran. Selain karena kemudahannya, skenario iklan juga dapat membantu pembuat film untuk menempatkan ilustrasi apa yang tepat agar konten videonya sesuai dengan materi yang disampaikan.

Berikut contoh format  skenario iklan:
Durasi Waktu Audio/Visual/Audio-visual Materi
Audio visual Audio-Visual
Durasi introAnimasi Intro(Gambar intro video Anda)
Durasi SalamCast:
Abdi
Buya
Cindy
Assalamualaikum Warrohmatullahi Wa Barokaatuh
Durasi PerkenalanAbdiHai, nama saya Abdi
Buyanama saya Buya
Cindydan Saya Cindy
Durasi Jeda Intro KeduaAnimasi video intro(Berisi video animasi intro)
Durasi rekaman audio visual AbdiAbdiKami semua ingin menjelaskan ringkasan materi IPA kelas 6 mengenai Gerakan Bumi dan Bulan serta pengaruhnya
Druasi rekaman audio visual BuyaBuyaYa, ringkasan ini kami susun berdasarkan kisi-kisi USBN agar kita semua bisa memahami dengan benar materi ini.
Durasi rekaman audio visual CindyCindy Semoga dengan video ini, kawan-kawan kelas 6 dapat memahami materi IPA yang akan keluar nanti saat USBN. Selamat menonton ya ....
Deurasi rekaman audio visual ArdiAbdiTeman-teman, materi ke-18 ini adalah mengenai gerak bumi dan bulan serta pengaruhnya bagi kehidupan di bumi.
Durasi audio saja AbdiAbdiIlustrasi Materi Gerak Bumi/Peta Konsep MateriTeman-teman, gerak bumi ada dua jenis yaitu rotasi bumi dan revolusi bumi.
durasi ilustrasi rotasi bumiIlustrasi tentang rotasi bumiRotasi bumi adalah gerakan (berputarnya) bumi tahadap porosnya.
durasi ilustrasi kutub selatanIlustrasi tentang kutub selatan dan kutub utaraPoros bumi terletak dari kutub selatan dan kutub Utara. Arah rotasi bumi adalah berlawanan arah dengan jarum jam. Arah rotasi bumi berputar dari Barat ke Timur. Kala rotasi bumi adalah 24 Jam (satu hari).
...dst....dst....dst....dst....dst.

Penjelasan:

Kolom Audio yang terisi nama orang artinya orang terserbut hanya merekam suaranya saja.
Kolom Visual merupakan kolom yang digunakan untuk mengilustrasikan gambar dari apa yang diaudiokan
Kolom audiovisual artinya orang tersebut melakukan adegan / lakon yang direkam kita.
Kolom Materi berarti materi atau dialog yang harus diucapkan/disuarakan.


Bagaimana? Apa teman-teman ada gambaran?

Ini hanya contoh saja dalam pembuatan skenario. Format ini tidak baku harus seperti ini. Tergantung pemanfaatan Anda. Contoh format ini pernah saya buat dalam pembuatan video pembelajaran yang saya buat.

Memang dalam prakteknya akan semakin berbeda. Dengan skenario ini minimal teman-teman yang ingin membuat konten video pembelajaran ada sedikit gambaran.

Demikianlah Contoh Skenario Film untuk membuat Video Pembelajaran. Cocok digunakan untuk membuat video youtube berkonten pendidikan. Contoh ini mempermudah untuk  skenario layar film layar lebar dalam praproduksi


Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

2 comments for "Contoh Skenario Film untuk Membuat Video Pembelajaran"

  1. Mantraaaap trimakasih...sukses

    ReplyDelete
  2. Termakasih, Bli .... sudah mampir. Sukses jg buat Bli Sri Wayana

    ReplyDelete