Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahapan Dalam Mengasah Keterampilan Menulis: Tahap Penulisan

Sebelumnya saya sudah membahas dalam postingan terdahulu, bahwa dalam mengasah keterampilan menulis diperlukan tiga tahapan penting. Yaitu:

Tahap Prapenulisan
Tahap Penulisan
Tahap Pascapenulisan

tahapan-dalam-keterampilan-menulis-tahap-penulisan


Sekadar mereviu pembahasan sebelumnya pada tahap prapenulisan, bahwa sebelum kita menuliskan gagasan-gagasan dalam bentuk karangan utuh kita disarankan melakukan tahap persiapan. Beberapa tahapan ini dijelaskan dalam tahap prapnulisan.

Diantara tahapan tersebut diantaranya adalah menentukan topik dan tujuan karangan, mengumpulkan informasi, dan membuat kerangka karangan. Di dalam kerangka karangan terdapat tiga bagian penting yaitu bagian awal, bagian tengah, dan bagian akhir. Pada kerangka inilah tahap penulisan mulai dikembangkan.

Baca juga: Tahapan dalam Keterampilan Menulis: Tahap Prapenulisan

Tahap Penulisan


Proses penulisan bermuara pada kerangka karangan. Proses ini dapat dikerjakan dengan mengembangkan bagian-bagian kerangka karangan. Ingat, bahwa kerangka karangan  dapat dibagi-bagikan kedalam tiga bagian. Yaitu bagian awal, tengah, dan akhir.

Tahap Penulisan pada Bagaian Awal Kerangka Karangan

Pada bagian awal kerangka karangan terdapat gagasan-gagasan yang berfungsi mengenalkan dan sekaligus menggiring pembaca untuk melanjutkan seluruh karangan. Menurut beberapa penulis, disinilah letak seni penulisan teruji.

Setiap penulis yang membuat tulisan awal semenarik mungkin, membuat orang penasaran untuk melahap habis tulisan, serta karangan yang mampu membuat pembaca terusik untuk membacanya adalah tehnik yang sering dilakukan dalam tahapan penulisan di bagian awal ini.

Pada bagian awal kerangka karangan, kita dituntut untuk membuat tulisan berdasarkan gagasan-gagasan pembuka dan penggiringan opini pembaca kepada tujuan penulisan tersebut. Penulis dituntut untuk selalu bisa membuat tulisan yang berkesan kepada pembacanya.

Beberapa penulis yang sudah melalang buana dan sudah terkenal, sering memberikan rumusan baku dalam membuat tulisan di awal karangan. Di antaranya:
- Menggunakan konsep piramida terbalik
- Menggunakan kata spekulatif
- Menggunakan tehnik paradoks
- dan lain-lain.

Mengenai rumusan baku tersebut sebenarnya tetap pada kejelian dari penulis itu sendiri dimana memposisikan pembaca adalah senyaman mungkin. Maksudnya, dalam tulisan itu penulis mencoba memposisikan diri bukan sebagai bagian diluar pembaca. Akan tetapi berusaha memahami pembacanya. Dan yang lebih penting lagi, untuk bisa membuat tulisan yang membuat terkesan diperlukan jam terbang yang cukup tinggi dalam menulis.

Tahap Penulisan pada bagian Tangah atau isi karangan


Isi karangan menyajikan bahasan topik atau ide utama karangan. Di sini semua hal-hal yang berkaitan dengan informasi yang telah dikumpulkan dalam tahap prapenulisan dikembangkan.

Ketika mengembangkan gagasan dalam isi karangan, penulis dituntut untuk mengambil keputusan mengenai kedalaman dan keluasan isi karangan, jenis informasi yang disajikan, pola organisasi karangan termasuk di dalamnya teknik pengembangan alenia, serta gaya dan cara pembahasan.

Pengambilan keputasan itu tetap harus mengacu dan mengimbangi atau menyelaraskan dengan topik, tujuan, corak karangan, dan sasaran pembaca. Selain itu, dalam prosesnya penulis mesti memiliki kesadaran bahwa dalam menulis ini memang merupakan suatu proses yang terus berulang-ulang. Sehingga dibutuhkan kesabaran dalam melatih dan menumbuhkan karakter tulisan diri penulis.


Tahap Penulisan pada bagian Akhir kerangka karangan


Bagian Akhir pada kerangka karangan berfungsi untuk mengembalikan pembaca pada ide-ide inti karangan melalui perangkuman atau penekanan-penekanan ide-ide penting. Biasanya dalam bagian akhir ini berisi simpulan, rekomendasi, saran, dan penutup lainnya.


Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "Tahapan Dalam Mengasah Keterampilan Menulis: Tahap Penulisan"