Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Kemampuan Komputer dan IT yang Harus Dikuasai Guru SD

Assalamualaikum, Sobat Guru ....

6 Kemampuan Komputer dan IT Harus Dikuasai Guru


Jika Anda seorang guru SD, percayalah Anda adalah orang yang paling diingat oleh anak didik Anda. Anda adalah orang yang pertama kali diingat oleh 'mantan' murid Anda ketika mereka mengingat siapa yang telah membuatnya bisa membaca. Apalagi, jika Anda adalah guru yang menyenangkan, pasti selalu dikenang selama hidup anak didik Anda.

Seiring perkembangan zaman, cara mengajar anak didik pun mengalami pergeseran yang signifikan. Guru harus bisa menguasai beberapa teknologi guna menunjang pembelajaran. Guru harus bisa menampilkan cara pengajaran yang berbeda dan unik kepada anak didiknya.

Kita tentu paham bahwa teknologi semakin berkembang pesat. Perangkat elektronik semakin hari semakin canggih. Perkembangan ini tidak akan bisa terbendung oleh larangan atau batasan kepada anak didik kita. Lebih lagi, perangkat elektronik seperti smartphone, malah menunjang pekerjaan orang tua anak didik. Sehingga keberadaan perangkat elektronik semakin dekat dengan kehidupan anak-anak.

Lingkungan yang mendukung perkembangan teknologi semakin mengenalkan anak-anak usia sekolah dasar pada pemanfaatan gadget dan internet. Dunia bermain anak-anak teralihkan dengan dunia game online yang ada di perangkat gadget. Sosialisasi yang semestinya berkembang di usia tersebut malah terhambat sebagaimana mestinya. Wajar saja jika karakter anak didik yang individualis terbentuk karena faktor-faktor tersebut.

Anak didik lebih suka bermain game daripada belajar. Belajar di kelas amat membosankan daripada bermain game yang ada tantangannya. Apalagi jika gurunya hanya ceramah saja. Kalau tidak mengantuk di kelas pasti mereka mengobrol tanpa memperhatikan gurunya.

Oleh karena itu, untuk mengimbangi perkembangan teknologi yang semakin pesat, guru harus memiliki kemampuan dasar tentang teknologi. Terutama IT dan komputer. Kemampuan ini akan membantu guru dalam menyajikan pembelajaran yang lebih fresh dan menyenangkan.

Berikut ini adalah 7 kemampuan komputer dan IT yang harus dikuasai guru SD

1. Menguasai Internet


Internet sebagai sarana pemenuhan  informasi yang mudah didapat oleh siapapun. Termasuk anak-anak. Maka tak jarang jika anak-anak mendapatkan contoh atau figur di luar lingkungannya karena membaca atau menonton video-video dari internet.

Oleh karena itu, kemampuan ber-internet ini wajib dikuasai guru sekolah dasar. Setidaknya, guru memiliki kemampuan untuk mencari artikel (searching), mengunduh (download), dan berkomunikasi (email).

Kemampuan tersebut akan memberikan kesegaran dalam penyajian materi. Banyak netizen yang mengupload video-video yang dapat dijadikan bahan pembelajaran. Di internet juga guru akan berkenalan dengan komunitasnya dalam memajukan pendidikan.

2. Menguasai Aplikasi Microsoft Word


Microsoft Word berguna untuk menyusun administrasi guru. Menyusun perencanaan, pelaporan, dan pengadministrasian lainnya hingga karya ilmiah wajib menggunakan  Ms. Word. Guru yang belum menguasai betul penggunaan Ms. Word wajib bertanya kepada teman sejawatnya agar bisa. Jangan sampai guru dalam menyusun laporan malah menyuruh orang lain untuk mengerjakannya.

Sejak diberlakukannya sertifikasi bagi pendidik, guru harus bisa mengembangkan diri. Terutama penggunaan komputer. Maka dari itu, Microsoft Word adalah salah satu aplikasi yang benar-benar wajib dikuasai oleh guru SD.

Di blog ini terdapat berbagai artikel mengenai Tutorial Microsoft Word. Anda dapat mengunjunginya mana saja yang yang perlu Anda ketahui.

3. Menguasai Aplikasi Microsoft Excel


Selain Word, guru juga harus menguasai Ms. Excel. Aplikasi ini berguna untuk mengolah angka-angka atau data agar bisa diformulasikan dengan cepat. Dengan Excel guru tidak lagi menggunakan kalkulator untuk mencari rata-rata nilai hasil belajar siswa. Cukup dengan menggunakan rumus / formula yang ada pada Excel, semuanya bisa dilaksanakan dengan cepat.

Sejak diberlakukannya Kurikulum 2013, guru disibukkan dengan sistem penilaian yang ribet. Alur penilaian kurikulum 2013 tidak semudah penilaian kurikulum sebelumnya. Guru harus bisa mengolah angka-angka hinga berbentuk laporan deskripsi atas hasil belajar siswa. Beruntung, dengan Ms. Excel ini banyak aplikasi adminstrasi yang dapat mempermudah mengerjakan semua itu.

Baca juga: Tutorial Microsoft Excel di Blog ini

4. Menguasai Aplikasi Microsoft Power Point


Aplikasi selanjutnya adalah Power Point. Aplikasi ini berguna untuk menyajikan pembelajaran penayangan dalam bentuk presentasi. Power point disajikan dengan perangkat elektronik berupa proyektor. Guru dapat membuat presentasi dan animasi pembelajaran sehingga anak tidak bosan dalam menerima pembelajaran.

Anak didik usia SD, mengenal sesuatu yang baru adalah hal yang paling menggembirakan. Anak-anak akan merasa tertarik untuk melihat presentasi apa yang hendak ditampilkan gurunya.

Dengan menguasai Power point, guru dapat membuat presentasi yang berkualitas. Menampilkan animasi yang menarik dan membuat siswa tertuju pada materi yang disampaikan.

5. Menguasai Tehnik Mencetak (Nge-print)


Guru harus menguasai tehnik mencetak dokumen yang dibuat agar dapat dilaporkan secara tertulis.  Selain itu, guru juga harus bisa mencetak dokumen agar pas dengan kertas outputnya. Selama ini, saya sering menemukan guru mencetak dokumen F4, akan tetapi seting page-setup di komputernya masih menggunakan dokumn Legal. Mengenai ini, saya pernah menyampaikannya dalam cara mencetak dokumen dengan kertas F4

Baca juga di blog ini tentang: Tutorial Print

6. Menguasai Penggunaan Sarana dan Prasarana Lainnya di Sekolah


Pemerintah kita sekarang sudah memfasilitasi sarana dan prasaran pendidikan. Melalui dana BOS, Bantuan Sapras, hibah alat pembelajaran, dan lain-lain sering diberikan  pemerintah untuk sekolah-sekolah. Alat sapras tersebut diberikan untuk menunjang proses pembelajaran dan operasional sekolah. Pemerintah berharap dengan pemenuhan tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Penggunaan alat kit sebagai alat peraga IPA, misalnya. Alat ini harus benar-benar dieksplor oleh guru dalam kegiatan pembelaaran di kelas. Umumnya, guru usia muda saja yang sering menggunakan fasilitas ini. Guru senior jarang sekali menggunakannya. Padahal, penggunaan ini benar-benar telah lulus uji kelayakan dari pemerintah bahwa alat tersebut mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Selain fasilitas dalam kegiatan pembelajaran, guru juga harus bisa menggunakan sarana yang lain. Hal ini dilakukan agar pendidikan kita semakin optimal. Sehingga kualitas pendidikan kita semakin meningkat.





Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "6 Kemampuan Komputer dan IT yang Harus Dikuasai Guru SD"