Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Guru harus bisa menguasai Formula Microsoft Excel


Sejak diberlakukannya kurikulum nasional (kurikulum 2013), guru harus menguasai perangkat komputer dan internet. Penguasaan komputer dan internet ini menunjang tugas guru dalam melaksanakan tugas pokoknya. Misalnya saja membuat bahan ajar yang terintegrasi sumber belajar digital (bse buku guru).

mengapa guru harus bisa menguasai formula excel


Penilaian kurikulum 2013 mencakup 4 aspek yang semuanya harus diukur dan dinilai. Keempat aspek tersebut adalah aspek spiritual, aspek sosial, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Pengolahan tiap aspeknya pun berbeda sesuai dengan arahan dari Kemendikbud. Penilaiain ini diolah guru yang bersinggungan langsung dengan murid demi mengetahui perkembangan hasil belajar.

Sejak diberlakukannya kurikulum 2013, memang menimbulkan pro dan kontra di kalangan para pendidik. Sistem penilaian yang rumit membuat sebagian guru merasa kesulitan mengolah hasil belajar. Meski Dinas Pendidikan terkait memberikan pelatihan-pelatihan mengenai kurikulum 2013, para guru tidak sepenuhnya paham. Belum lagi, laporan hasil belajar atau raport menggunakan sistem deskripsi dimana nilai-nilai hasil belajar siswa harus dideskripsikan mana-mana kompetensi dasar yang sangat dikuasai dan kurang terlalu dikuasai.

Deskripsi hasil belajar dengan mengacu pada kriteria tertentu membuat guru yang belum paham penilaian kurikulum 2013 akan mengalami kesulitan. Apalagi jika dilakukan secara manual -- tanpa bantuan komputer -- akan membutuhkan waktu yang lama dan melelahkan. Maka dari itu diciptakanlah semacam aplikasi pengolahan nilai berbasis Microsoft Excel.

Pengolahan nilai dalam kurikulum 2013 akan mudah dilakukan melalui perangkat komputer dengan software spreadsheet seperti Microsoft Excel. Karena sifatnya yang bersifat seperti pengolahan data, Microsoft Excel menjadi alat bantu wajib untuk mengolah hasil belajar dalam pembelajaran kurikulum 2013. Maka tak heran jika di alat pencarian daring seperti google, beragam aplikasi raport yang berbasis Microsoft Excel bertebaran di internet.

Berdasarkan pengamatan saya sendiri, aplikasi-aplikasi raport yang betebaran di internet tersebut memang menggunakan microsoft excel. Setidaknya, dengan menggunakan microsft excel telah disediakan beberapa formula untuk mengolah data-data yang dibutuhkan. Seperti formula penjumlahan, rata-rata, nilai maksimal, nilai minimal.


Deskripsi nilai pada laporan hasil belajar pun bisa diakses dengan bantuan formula di dalam excel. Misalnya formula 'if condition' ataupun 'vlookup'. Asal mengerti formulasi di dalam excel, maka deskripsi akan muncul sesuai kriteria tertertentu yang diinginkan.

Pemahaman mengenai formula Microsoft Excel membantu guru dalam mengolah nilai. Tidak hanya itu, pemahaman mengenai dasar-dasar penggunaan Excel pun akan membantu guru dalam melaporkan administrasi penilaiannya. 

Setidaknya dengan menguasai beberapa pemahaman penggunaan excel berikut akan membantu tugas guru dalam melaporkan administrasinya.

Formula-formula berikut ini cukup bermanfaat bagi guru dalam menggunakan Microsoft Excel



Fungsi Jumlah


Formulanya =Sum(RangeyangAkandiJumlah)


Fungsi jumlah digunakan untuk menghitung sekumpulan area (range) yang berisi angka-angka. Biasanya formula ini digunakan untuk menghitung jumlah nilai siswa dalam mata pelajaran tertentu.


Fungsi Rata-rata


Formulanya =Average(Rangeyangakandirata-rata)


Fungsi rata-rata digunakan untuk menghitung rata-rata dari sekumpulan area (range) yang berisi angka-angka. Misalnya mencari nilai rata-rata dari nilai mata pelajaran tertentu.


Fungsi Max


Formula = Max(RangeYangInginDicariNilaiTerbesarnya)


Sama halnya dengan fungsi rata-rata, fungsi max digunakan untuk mencari nilai terbesari dari sekumpulan area (range) yang berisi angka-angka.


Fungsi Min


Formula =Min(RangeYangInginDicariNilaiTerkecilnya)


Sama halnya dengan fungsi rata-rata dan fungsi max, fungsi min digunakan untuk mencari nilai terkecil dari sekumpulan area (range) yang berisi angka-angka.


Fungsi Rank


Formula =Rank(CellsNilaiAnak;RangeNilaiAcuan;0)


Fungsi rank digunakan untuk mencari rangking suatu nilai berdasarkan area (range) nilai. Area nilai yang dimaksud adalah area sekumpulan nilai untuk membandingkan nilai seorang anak dengan seluruh nilai yang ada. Biasanya rangeNilaiAcuan diambil dari hasil penjumlahan.  Nilai absolute 0 merupakan kriteria yang akan diambil. 0 menunjukkan data yang diambil dari terbesar ke terkecil (ascending). Sedangkan nilai absolute lain adalah 1 yang menunjukkan data rangking dari nilai terkecil ke terbesar.

Penggunaan rumus untuk memisahkan CellsNilaiAnak dengan RangeNilaiAcuan tiap PC berbeda-beda. Ada yang menggunakan titik-koma (;) ada juga dengan menggunakan koma (,). Ini semua tergantung dari settingan waktu yang ada di komputer.


Fungsi = Index-Match


Sebenarnya fungsi index-match lebih saya sukai daripada VLookup dan HLookup. Anda boleh suka menggunakan formula VLookup atau HLookup untuk mencari data tertentu berdasarkan kriterianya. Sama halnya dengan Index-match, formula ini digunakan untuk mencari kriteria tertentu berdasarkan kecocokan (match) posisi kriteria.

Contoh formula index-match:


=INDEX(IndeksYangInginDicari;MATCH(SelKriteria;RangeKolompokSelKriteria;0)


Fomula Excel If


Satu lagi formula yang mesti dipahami guru yaitu formula excel if. Formula ini sering digunakan untuk mencari nilai tertentudengan persyaratan/kondisi benar dan salah. Dalam penilaian kurikulum 2013, formula excel if sering digunakan untuk menentukan kriteria dari nilai yang diperoleh siswa. Misalnya nilai yang diperoleh siswa adalah 76,65 kemudian diformulasikan dengan formula excel, maka akan tampil kriterianya.


Mohon maaf dalam postingan kali ini tidak saya cantumkan tutorial formulanya. Saya yakin dalam pencarian google banyak yang memposting mengenai formula-formula tersebut, bahkan mungkin lebih lengkap dari uraian postingan saya.

Selain mencari informasi mengenai cara mempelajari formula excel di google, Anda juga dapat bergabung dalam forum-forum diskusi online. Misalnya grup Facebook Excel User Indonesia Group (EUIG), banyak para anggota grup yang siap membantu permasalahan formula excel Anda. Bahkan untuk tingkat lanjut dari sekadar formula, VBA dapat Anda pelajari di grup ini.


Simpulan:


Microsoft Excel merupakan software yang berguna untuk guru dalam mengolah administrasi penilaian atau yang lainnya bersifat data. Dengan software ini, guru mampu mengolah nilai dengan cepat tanpa harus menghitung manual. Cukup dengan pengetahuan formula excel, maka pekerjaan kita akan terbantu dengan cepat.

Banyak informasi mengenai cara belajar formula excel di internet. Bahkan, banyak pula yang menyediakan semacam aplikasi pengolahan nilai untuk dijadikan laporan hasil belajar. Pembuat aplikasi raport rata-rata menggunakan formula dari excel. Kita tinggal menginput nilai, maka nilai bisa langsung jadi dan siap mencetaknya ke dalam format laporan hasil belajar (buku raport).

Namun, tidak semua aplikasi berbasis excel itu sesuai dengan apa yang kita inginkan. Beberapa aplikasi berbasis excel yang betebaran di internet kebanyakan dirombak ulang oleh sekolah-sekolah untuk disesuaikan dengan kebijakan sekolah dalam penilaian kurtilas. Untuk bisa menyesuaikannya dibutuhkan pemahaman dasar berupa pengetahuan mengenai formula microsoft excel.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat...
Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "Mengapa Guru harus bisa menguasai Formula Microsoft Excel"