Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Blog yang Diterima Google Adsense: Pengalaman Diterima Adsense

Assalamualaikum, Kawan ...

Sebelumnya, saya mengucapkan terimakasih atas kunjungan Anda di blog saya ini. Blog biasa yang menyajikan sekumpulan opini, materi ajar, artikel blogging, artikel tentang otak-atik blog, dan lainnya. Terima kasih juga kepada pihak Google Adsense yang telah menyatakan blog ini lulus dan layak untuk bermitra menjadi Adsense.

Banyak di antara kawan blogger sering bertanya-tanya bagaimana caranya agar blog mereka mudah diterima menjadi google Adsense. Padahal, semua syarat dan ketentuan agar diterima sudah terpenuhi semua. Sekalinya mendaftar, malah ada penolakan yang tidak tahu apa yang salah dengan blognya itu.

Pertanyaan-pertanyaan itu sebenarnya pernah saya tanyakan juga. Saya mengoreksi apa saja yang membuat blog saya tidak layak bermitra dengan Adsense. Saya pun bergerilya mencari sebab-musababnya. Dari sekian banyak artikel yang saya pahami inilah akhirnya saya terapkan di blog ini dan Alhamdulillah, tepat pada hari Kamis, 15 Maret 2018 saya mendapatkan email menggembirakan dari Google Adsense.

(Google Adsense)
Contoh blog yang diterima Adsense, berbagi pengalaman diterima Adsense

Postingan ini hanya bersifat berbagi pengalaman saja. Bukan menggurui atau mengajarkan kepada Anda yang sedang ingin bermitra dengan Google Adsense. Karena saya yakin Anda lebih menguasai dari saya tentang blog ini.

Inilah beberapa pengalaman dari saya ketika bermitra menjadi Publisher Google Adsense

1. Perhatikan Umur Blog

Blog saya ini adalah contoh blog yang sudah diterima Google Adsense. Blog ini berdiri sejak tahun 2012. Saat itu saya sering membuat artikel tentang kehidupan pribadi saya. Awalnya saya memang tidak ingin menjadikan blog ini terkenal, karena memang hanya ingin untuk meluapkan ekspresi dan pendapat saya melalui tulisan.

Namun, akhir tahun 2017 saya malah tertarik dengan Google Adsense. Saya pun mendaftarkan blog ini agar dapat diterima karena perihal umurnya. Sayangnya, itu ditolak. Alasannya, karena memang blog saya melanggar kebijakan google.

Saya sempat mencari apa saja yang melanggar itu. Saya periksa satu per satu. Apakah saya mempunyai konten yang melanggar ketentuan kebijakan Adsense. Apakah blog saya mudah dirayapi dan digunakan oleh pengguna dari berbagai perangkat? Apakah blog saya belum pantas dipasangi iklan karena hal yang lain? Semuanya saya periksa dan saya terus menerus mencobanya. Tapi sayang gagal.

Baca juga: kuasai beberapa hal berikut agar blog Anda Hebat

Akhirnya, saya mendapati pesan bahwa konten yang dimiliki blog saya harus mempunyai keunikan dan kebermanfaatan bagi banyak pengunjung. Maka saya pun mencoba untuk membuat sekumpulan artikel.

Pertama-tama apa yang membuay blog saya unik. Saya memeriksa konten blog yang paling banyak dikunjungi. Ternyata saya memiliki satu postingan yang apabila dicari di search google masuk ke peringkat 10 besar. Saya pun mencoba membuat artikel sejenis itu di kemudian hari.

2. Konten yang Dibutuhkan Banyak Pengunjung

Di sini saya saya berasumsi bahwa ada kegagalan ketika mendaftarkan google itu karena saya memasang Widget Statistic. Widget ini digunakan untuk mengetahui jumlah pengunjung. Setelah saya lepas widgetnya, ada kelegaan yang membuat saya dapat diterima Adsense.

Jadi, widget Statistic itu saya anggap sebagai salah satu penentu juga dalam mendaftarkan Adsense. Saya belum tahu pendapat para blogger senior tentang pengaruh widget ini. Tapi yang jelas, saya pernah membaca di situs resmi Adsense bahwa Anda tidak boleh menaruh widget statistic alih-alih untuk merayu pihak Adsense bahwa situs Anda sudah banyak pengunjung.

Konten dari semua postingan di blog Anda juga harus diperhatikan. Konten yang disukai oleh Google adalah konten yang memberikan kontribusi bagi para pembaca. Maksudnya, konten Anda harus memberikan kebermanfaatan dari pengunjung Anda. Lebih penting lagi, Anda jangan sekali-kali mencopast artikel dari blog manapun dengan alasan ingin lekas viral. Itu salah besar.

Buatlah artikel yang sesuai dengan visi-misi Anda tadi. Jika Anda mempunyai visi-misi pada blog Anda untuk membuat konten tentang pendidikan, maka fokuslah dengan konten pendidikan. Jangan sekali-kali Anda membuat konten di luar konten pendidikan karena melihat betapa banyak artikel yang membahas postingan viral dan Anda mengikutinya juga. Jika pun Anda terpaksa menginginkannya, buatlah artikel yang Anda anggap viral itu dengan sudut pandang blog Anda.

Pengalaman itu saya alami. Blog saya ini memiliki visi-misi tentang kehidupan guru dan blogger. Makanya deskripsi blognya adalah opini, materi ajar, media pembelajaran, blogging, dan tehnik komputer. Deskripsi blog ini menjadi ruang lingkup blog yang harus saya khususkan. Sehingga saya tidak akan membuat artikel-artikel di luar konten itu.

Ada satu tips yang menurut saya agar dapat mendapatkan pengunjung naik. Salah satu di antaranya adalah melihat postingan populer yang kita miliki. Lalu, buatlah postingan lain yang setema dengan postingan populer itu.
Baca juga: Obrolan bagaimana Cara Mengurusi Banyak Blog (Diskusi Eksklusif dengan Narablog Hebat)
Perlu juga dipertimbangkan jika Anda ingin menuliskan artikel yang setema dengan postingan populer Anda. Anda harus meyakini bahwa artikel baru yang setema itu berbeda dengan yang lama. Ada kekhususan di sana yang merupakan lanjutan.

Contoh yang Anda lihat di blog saya adalah postingan mengenai Cara Mencetak (Nge-print) dokumen seperti buku. Postingan ini begitu populer di blog ini. Bahkan sampai masuk juga ke rangkin teratas di pencarian google. Selanjutnya saya pun membuat artikel lain yang masih setema dengan tutorial print.
Baca juga: Menjadi blogger, apa yang mesti diperhatikan?

3. Daftarkan Blog di Webmaster tools, Search Console, dan Google Analytic. 

Dengan Webmasters Tools dan Search Console Anda akan terbantukan mengenai kesehatan dan kebergunaan blog anda di mata Google. Meskipun bukan persyatan mutlak agar dapat diterima Adsense, dengan mendaftar di Search Console akan membantu peringkat pengunjung dan melihat kesehatan blog.

Melalui Search Console dan Webmaster Tools, saya dapat melihat kebergunaan blog saya di semua perangkat. Tema yang dikaitkan juga apakah membuat blog reaponsive atau tidak. Di sini juga dapat mengecek landas landing blog Anda. 

Pernah saya membava artikel di Adsense, bahwa keberlakuan blog agar memberikan kemudahan saat landing bagi pengguna adalah hal yang utama bagi mitra Google Adsense. Adsense menganggap bahwa blog atau situs yang membuat nyaman pengguna memjadi salah satu pertimbangan untuk diterima.

Jadi, periksalah dan lihatlah semua kesehatan blog Anda di webmaster tool dan search console.

4. Gunakan Domain TLD sebagai cara yang mudah diterima Adsense?


Saya rasa tidak. Buktinya blog ini tidak berdomain TLD. Saya masih diterima di Google Adsense. 

Anda boleh menggunakan domaian TLD seandainya Anda memang ingin membagi Adsense dengan blog lain yang Anda miliki. Jika cukup satu saja, ya sudah ngga usah pake domain TLD. Kecuali jika Adsense sendiri memintanya.

5. Jadilah anggota forum yang dirujuk Adsense


Pihak Adsense sendiri ketika calon mitranya bertanya mengapa blognya tidak diterima, maka adsense tidak menjawab spesifik alasan penolakannya. Adsense hanya menyarankan untuk bertanya di Komunitas. 

Bagi saya, komunitas yang membantu saya dalam bermitra Adsense adalah grup G+, yakni IAPD (Indonesian Adsense Publisher Discussion). Silakan Anda masuk di sana dan ikuti segala aturan dan kebijakan di sana. Banyak orang baik kok di sana yang masih sudi berbagi.


Itu saja kali ya pengalaman-pengalaman saya bermitra dengan Google Adsense. Sebenarnya masih banyak yang ingin saya bagikan. Insya Allah saya akan berbagi pengalaman lain terkait diterimanya blog bermitra dengan google Adsense. Sehingga blog ini bisa dijadikan contoh blog yang diterima Adsense.
Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

53 comments for "Contoh Blog yang Diterima Google Adsense: Pengalaman Diterima Adsense"

  1. Tambahan lagi om... akun Google adsense yang di daftarkan melalui blogspot dan top domain berbeda... Seperti nya yang dapat dari tld penghasilan tidak di bagi sama pihak blogger... Oh iya keren ni artikelnya salam blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, Mas Sigit. Saya bener-bener Newbie Mas. Hehehe... Makanya berani berkesimpulan seperti itu. Oke deh..., Salam blogger selalu.

      Delete
  2. Thanks sobat sudah berbagi ilmu, saya juga sedang nunggu review tahap kedua dari google adsense. Keep trying..

    ReplyDelete
  3. thanks atas sharing pengalamanany

    ReplyDelete
  4. mau nanya dong... kalo misal kita gagal di approved trs kita rombak ulang semua isi blog kita , trs kita bikin dr awal tetapi tidak bikin blog baru apakah masih bisa kita ajukan ke google adsense lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. tetap bisa. blog ini juga semua konten dirombak. Pilah-pilih postingan mana yang menurut Adsense cocok. Kalau sekiranya melanggar adsense mending dihapus atau dibuat draft aja postingan tersebut

      Delete
  5. Masih belajar gan. Terimakasih . barakallah

    ReplyDelete
  6. lebih lengkap, terima kasih informasinya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  7. maaf mba, mau nanya saya sudah bikin blog dari lebih 6 bulan yang lalu trus kurang lebih seminggu yang lalu saya hapus semua postingannya trus bikin postingan baru, saya coba daftarkan adsense ,tapi malah diliatkan halaman blog saya?

    ReplyDelete
  8. Mba/Mas Novriyanton, jika menghapus seluruh postingan artinya url postingan tersebut tidak lagi keindeks mesin pencarian google. Semua postingan baru milik Mba dianggap sebagai blog baru (yang diliat dari kapan mulai diindeks). Justru jika ingin beberapa postingan dihapus harus hapus url dulu di webmaster agar tidak lagi di crawl index oleh mesin pencari.

    Memang ada beberapa blogger ahli yang bilang indeks google tidak mempengaruhi keputusan adsense, tapi bagi saya indeks google juga penting untuk melamar menjadi mitra adsenes

    Coba Mba/Mas Novriyanton kembali melihat kesehatan blognya di Webmastertool Googlenya. Semoga bisa membantu. Terus berusaha ya..

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum..
    Mau tanya nih min,, kalo mau daftar ads harus hosting berbayar atau masih bisakah daftar dengan blog gratisan untuk tahun millenial ini... Thaks

    ReplyDelete
  10. @unknown

    Domain tld (.com bukan blogspot.com) masih bisa didaftarkan ke google adsense. Buktinya blog ini. Tentunya harus penuhi beberapa persyaratan yang ada pada google adsense.

    ReplyDelete
  11. Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat kak.

    ReplyDelete
  12. Aduh saya lagi tahap riview nga pasang google analytic lagi

    ReplyDelete
  13. Saya mau nanya juga nih..blog Anda ini masih gratisan atau sudah berbayar? maaf sya masih awam. Masih harus banyak belajar dan bertanya. Masih .blogspot.com berarti msih gratis??tpi tampilanx keren persis yg berbayar?.sya jga punya blog yanh mau saya kembangkan. Terima kasih. Salam kenal

    ReplyDelete
  14. Salam kenal. Saya juga punya blog yang mau sya kembangkan.saya baru belajar dan harus banyak bertanya. Apakah blog Anda ini sudah berbayar atau masih gratisan?tpi kalau masih .blogspot.com berarti masih gratis?tapi tampilannya keren sperti sudah berbayar. Mudah-mudahan Anda mengerti pertanyaan saya. Sya tunggu balasannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  15. Terimakasih sblumnya sudah berkunjung Kak Ifanda,

    Iya. Blog ini maaih berdomain blogspot yang artinya saya ambil gratisan.

    Mengenai tampilan sebenarnya ini masalah template yang kita gunakan. Saya membuat template swndiri dngan sedikit penyesuaian.

    Terus semangat kak, insya allah berhasil. Terus memberikan informasi otentik yg bermanfaat bagi semua orang.

    ReplyDelete
  16. Minyak gan....sangat membantu skali

    ReplyDelete
  17. Sama sama kak. Terima kasih sudah berkunjung

    ReplyDelete
  18. Sudah ditolak 2 x dengan alasan konten tidak memadai, apakah saya harus ganti Niche baru atau gimana..?
    Mohon pencerahannya...😅

    ReplyDelete
  19. Hampir mendekati itu, Kak Rio... kalo permasalahannya coba artikel yang kontennya banyak gambar, artikel memberikan kemanfaatan untuk banyak orang. Meski blog gado gado, asal kontennya bermanfaat akaan ada peertimbangan...

    Saya ditolakk lebih dari 10 kali kak... semangat!!!

    ReplyDelete
  20. mantapp. pengalaman yg baik untuk para blogger pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih, Kak atas kunjungannya. Semoga bermanfaat

      Delete
  21. Replies
    1. komunitas yg saya ikuti banyak, Kak... namun untuk ilustrasi di atas dulu lebih condong ke Google+. Sejak G+ hilang, komuntas saya berpindah ke Facebook. Komunitas favorit saya adalah Indonesian Adsensen Publisher Discussion.

      Delete
  22. Bagaimana cara menulis tata letak yg dalam sebuah artikel, yg baik dan benar?
    Trs bagaimana cara masuk pengaturan widget,
    Terima kasih,mohon di jawab,kl ada contact yg bisa di hub,akan sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  23. Bagaimana cara membuat sebuah contoh artikel yg masuk kriteria adsense?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelajari TOS google Adsense, Kak... Nanti Kaka akan tahu

      Delete
  24. Jadi dari blogspot aja bisa ya di daftarkan buat adsense ?

    Salam newbie

    ReplyDelete
  25. kak aku baru pemula , baru aja buat blog tapi masih bingung apa yg mau aku taru di dalam blogg ku ini , mintol dong ksi inspirasi kira" apa ya yg hrus saya buat ,

    ReplyDelete
  26. kak aku pemula , aku baru sjh buat blogg , tapi aku msih bngung mw buat seperti ap blogg ku ini , kira" bgaimana yh cara jadi blogger yg brhsil ?

    ReplyDelete
  27. kak aku pemula , aku baru sjh buat blogg , tapi aku msih bngung mw buat seperti ap blogg ku ini , kira" bgaimana yh cara jadi blogger yg brhsil ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menulis dengan hati, Kak. Apa yang Kakak sanggup bagi kepada pembaca blog Kakak...

      Delete
  28. Maaf kak numpang nanya, saya masih pemula menggunakan blogg .
    Tapi saya bingung mau buat artikel seperti apa . Yang cocok seperti apa ia kak 😊

    ReplyDelete
  29. udah baca tips sana sini masih kena tolak juga,, sedih jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat, Kak ... saya sudah ditolak hampir belasan kali. Fokus kita adalah berbagi pengetahuan kepada pembaca kita. Insya Allah ada rezeki lain.

      Delete
  30. Terima kasih atas info nya. Sangat membantu untuk saya yang baru belajar nak menggunakan blogspot ni.

    ReplyDelete


  31. Saya cuman ngimpi aja 😒

    ReplyDelete
  32. Alhamdulillah..., jadi bisa faham apa saja yang harus diperhatikan supaya diterima oleh google adsense.

    ReplyDelete
  33. Saya aja baru lolos bisa nampilin iklan setelah 10 tahun nge-blog atau 8 tahun sejak percobaan pertama hehe. Ini percobaan yang aku lakukan: https://a-rahman-z.blogspot.com/2023/11/lolos-iklan-adsense-setelah-10-tahun-blogging.html

    ReplyDelete
  34. Blog saya cuma beberapa artikel sudah bisa berhasil adsense, ceritanya bikin blog iseng2 buat nyatet2 aja... bikin beberapa post... paling sekitar 10 postingan. udah lama ngga buka2 sekitar setahunan lebih liat2 lagi... agak banyak yang ngunjungin total diatas 10k, coba2 adsense ehh ngga lama disetujuin. intinya original aja jangan copas2 dari artikel orang karena itu akan kedetek sama google. earlykha.blogspot.com

    ReplyDelete