Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Berpartisipasi Menjadi Mitra Google Adsense

Assalamualaikum, kawan blogger....

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saja mengenai cara saya menjadi mitra Google Adsense (selanjutnya saya singkat: GA). Seperti yang sobat lihat di blog ini, pasti ada beberapa tampilan blog yang kosong. Tampilan kosong tersebut sebenarnya saya pasangkan kode iklan GA. Tapi ternyata belum muncul juga kan?

Ya, kali ini saya ingin berbagi pengalaman saja. Barangkali sobat blogger tidak mengikuti jejak saya ini ketika tertarik dengan GA.

Begini:

Saya mempunyai akun google ini sejak 2011 yang lalu. Dengan akun ini, saya pun membuat blog yang sedang sobat baca ini.  Awalnya memang saya tidak tertarik memasangkan iklan di blog. Namun, belakangan saya malah jadi tertarik. Alasan belum tertariknya karena saya masih belum paham bagaimana caranya hingga benar-benar mendapatkan uang dari blog itu sendiri.

Beberapa bulan terakhir saya malah tertarik mendaftarkan akun ini ke GA. Ternyata seringkali mengalami penolakan. Mungkin karena kontent yang kurang berkualitas atau juga mungkin karena kuantitas postingan blog ini. Saya juga tidak tahu. Mungkin sobat bisa memberikan saran melalui komentar di sini, tapi tidak juga tidak wajib kok. Hehehe ....

Saya juga memiliki chanel youtube dari akun ini. Lumayan juga usianya. Sekitar tahun 2012 lalu saya memulainya. Akan tetapi, saya memang tidak terlalu mengusrusinya. Alasannya karena saya memang tidak memiliki laptop atau handphone kamera saat itu. Jadi, saya kurang begitu swmangat membuat video-video untuk siupload di youtube.

Seandainya dulu saya mendaftarkan chanel youtube saya, mungkin bisa diterima kali. Soalnya perayaratannya bermitra dengan GA tidak sesulit sekarang.

Baca juga: Contoh Blog yang Diterima Adsense

Persyaratan chanel youtube terbaru muncul sejak akhir tahun 2017 lalu. Dan di sinilah awal bencana saya terjadi. Saya mendaftarkan chanel youtube dari akun adsense yang didaftarkan dari blog. Saya mendaftarkan blog dan chanel youtube melalui akun google yang sama. Sama-sama akun gmail untuk membuat blog dan youtube.

Saya mendaftar adsense pertama kali melalui blogspot. Sehingga muncul awal kali situs yang menjadi rujukan awal adalah blogger ini. Saat masih review saya malah menambahkan chanel youtube ke adsense. Petaka! Saat adsense menolak, adsense di youtube juga hilang.

Akhirnya saya daftar chanel youtube itu dengan adsense dari akun google yang berbeda. Saat itu persyaratan youtube masih yang lama (masih harus 10.000 penayangan). Saya pun menautkan blog ini memggunakan adsense terbaru.

 Setelah ada pergantian kebijakan baru dari youtube, akhirnya saya putus asa. Berapa lama lagi saya harus menunggu hingga 1.000 subcribe dan 4.000 jam penayangan? Terus bagaimana nasib blog ini?

Adsense yang didaftarkan dari akun yotube mengharuskan blog ini berganti domain level teratas (TLD). Alias blog ini nantinya akan berubah domain menjadi (.com) saja tanpa embel-embel (.blogspot.com). Belum lagi, saya harus membeli domainnya. Ya ..., sudahlah.

Saya pernah menonton tutorial dari Diaztary tentang adsense via youtube. Beliau merekomendasikan agar youtuber membuat akun baru. Tapi ini cukup memberatkan karena akan chanel yang sudah dibangun lama akan ditinggalkan. Saya menangkap pemahaman dari tutorialnya itu agar nomer HP yang didaftarkan google tidak ada sangkut pautnya dengan email lain.

******

Oke, saya simpulkan sementara itu saja dulu. Jika Sobat bloger ada yang mau menambahkan, silakan kita diskusi melalui komentar.


Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "Pengalaman Berpartisipasi Menjadi Mitra Google Adsense"