Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Printer yang Tidak Mencetak Padahal Printer online

Assalamualaiikum ....

Pernahkah Anda mengalami kendala saat mencetak dokumen pada suatu printer, tetapi tidak segera bekerja. Padahal printer menyala, status printer pun online. Mengapa tetap printer tidak segera mencetak?

Kendala ini juga permah saya alami. Saat akan mencetak, printer tidak segera bekerja. Saya cek semua dukungan seperti kabel, status printer (saat itu akan mencetak dokumen di Ms. Word) dalam kondisi online. Saya juga memeriksa apakkah saya mencetak halaman tertemtu saja atau tidak. Tapi saya menncetak semua dokumen, mestinya tidak berpengaruh.

Selama memcetak dalam masalah ini, jendela proses cetak juga muncul. Tetapi diam saja.

Ternyata, saya periksa properties proses cetak itu ada bagian yaang terceklis. Yaitu paada bagian, "Use Printer Offline" ternyata terceklis. Akhirnya saya hapus ceklis tersebut, alhaamdulillah proses cetak pun kembali normal.

status printer saat proses cetak kosong


Mengapa Printer tidak segera mencetak padahal Printer nyala dan terhubung dengan benar?


Ada beberapa faktor yang menyebabkan tiba-tiba offline. Berikut saya rangkum beberapa faktor tetsebut:

1. printer pernah error


Errornya printer bisa menyebabkan status offline saat menvetak. Terutama pada saat terjadi Paperjam (kertas tersangkut saat proses pencetakan).

2. Adanya miss dalam instalasi printer.


Ini ssifatnya insidental dimana software printer dengan pronter yang terinstal menganggap pinter yang terpasang srdang ddalam keadaan mati. Sehingga komputer membacanya sebagai pronter yang tidak terkoneksi.

Kadang juga, perintah ini tidak langsung pada status koneksi. Maksudnya, printer dan komputer benar-benar terhubung dan terbaca sebagai printer yang sedang aktif. Di Printer and Devices, status printer benar-benar online. Akan tetapi, perintah instalasi untuk mencetak ternyata dimatikan (dalam keadaan offline) untuk prosesnya.

Meskipun pengguna tidak mengekliknya atau tidak peernah menonaktifkan kinerja printer, kendala seperti Papper Jam akan menyebabkan itu.

3. Printer sering dimaatikan paksa


Saya juga baru tahu bahwa printer yang sering dimatikan secara paksa, misalnya stopkontak laangsung dicabut sebelum printer dimatikan dengan cara ditekkan tombol off-nya, itu dapat menyebabkan kejadian ini.

Bagaimana solusinya? Berikut pengalaman saya:

Cara mengaktifkaan printer kembali Offline


Saat mencetak, biasanya akan ada notifikasi jendela terkait proses cetak. Misalnya pada. printer Canon, notifikasi status cetak muncul pada layar di pojok kanan bawah. Ketika Anda mengekliknya, maka akan tampil gambar di atas dengan status cetak kosong.
cara melihat status cetak saat printer bekerja

Setelah itu klik Printer pada deretan Tab Jendela status cetak, maka akan muncul jendela seperti ini.
hilangkan cekli Printer Offline

kemudian pilih File/Dikumen. Periksa apakah list "Use Printer Offline" terceklis atau tidak. Saya yakin jika kondisi ini maka keadaanya dalam keadaan terceklis. Hilangkaan ceklis paada list Use Printer Offline (dalam baahaasa Iindoneesia: Gunakan Printer Luring).

Maka printer biasanya kembali normal.

O, ya. Saat mengaktifkaan prosses status cetak ini, Anda dalaam keadaan sedang mencetak. Artinya semua peerangkat baik printer dan komputer benar-benar terhubung dan sedang mencetak sesuatu. Jendela status printer biasanya akan muncul otomatis ketika sedang mencetak.

Solusi Tambahan: Mencetak Halaman Tertentu pada Word, Tapi printer tidak merespon


Tambahan aja sih ini. Jadi ceritanya teman saya ini ingin mencetak dokumen yang terdiri beberapa halaman. Akan tetapi, dia hanya ingin mencetak halaman tertentu saja. Saya ingat, yang ingin dicetak itu halaman 21 sampai dengan halaman 24.

Apa yang terjadi? Ternyata printer tidak merespon alias tidak mau bekerja.

Ternyata, yang dimaksud halaman 21 sampai dengan halaman 24 pada tampilan Printpreview itu bukan halaman dokumen yang sebenarnya. Halaman pertama dokumen yang ingin dicetak teman saya ini dimulai dengan nomor halaman 231.

Pantas saja, printer tidak bekerja alias printer tidak membaca perintah dari pengguna.

Akhirnya, setelah mengecek nomor halaman pada dokumen tersebut, dan mengisi nomor halaman sebenarnya, printer kembali bekerja dan berhasil mencetak.

Itu saja pengalaman saya mengenai cara mengatasi printer yang tidak segera mencetak. Semoga bermanfaat.
Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "Cara Mengatasi Printer yang Tidak Mencetak Padahal Printer online"