Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menganalisis Kekuatan dan Kelemahan dalam Membangun Blog

Seperti sebuah lirik lagu Peterpen (Sekarang berganti nama menjadi Noah), "Lepas semua yang kuinginkan ... tak 'kan kuulangi ..."

Menganlisis Kekuatan dan kelemahan Blog dengan ANalisis SWOT






Saya sedang membangun blog lagi. Kali ini, blog tersebut akan saya daftarkan domainnya menjadi Top Level Domain atau TLD. Pilihan domain ada tiga, yaitu: .com, .net, atau .id.

Ketiganya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Blog yang akan saya daftarkan adalah blog edaklopedia. Kalau merujuk pada domain yang ada pada pilihan, beberapa nama blog tersebut akan menjadi edaklopedia.com atau edaklopedia.net atau mungkin edaklopedia.id

Saya belum memutuskan untuk memilih domain apa yang akan saya pakai. Alasannya, blog tersebut masih kosong dan belum diposting apa-apa.

Saya sendiri masih bingung. Blog ini akan diisi dengan artikel bertema apa. Maka di sini, saya akan berandai-andai tentang blog ini nantinya.

====================== andai-andai pertama =====================

Blog edaklopedia adalah blog dengan tema edukasi dan ensiklopedia. Artikelnya memiliki ciri khusus dibandingkan dengan blog yang sejenisnya. Blog dengan edukasi akan menginformasikan ragan informasi edukasi yang dapat dinikmati oleh pembaca. Begitupun ensiklopedia.

Kelebihan dari blog ini adalah postingannya yang kekinian. Disusun secara runtdown seperti on the spot-nya Trans 7. Materi artikel merujuk pada materi yang ada di sekolah. Mulai dari jenjang sekolah dasar hingga menengah.

Oleh karena itu, sebelum saya memutuskan blog ini. Saya akan membuat analisis terkait blog ini.

Analisis Blog


Strength (Kekuatan)

Blog berisi informasi yang bertemakan edukasi dan ensiklopedia. Disusun runtdown agar menarik. Nantinya, blog ini akan dijadikan kliping video youtube dengan nama chanel yang sama.

Untuk kekuatan yang saya miliki dalam membangun blog tersebut, adalah:

- Internet dan Laptop tersedia untuk mengmbangkan blog. Laptop dan internet di sini, saya tidak perlu mengeluarkan duit untuk mengoneksi internet.

- Koneksi internet begitu mudah diakses. Jadi, saya mudah untuk mencari rujukan artikel maupun proses publikasi artikel di blog.

- Saya memiliki pengalaman menulis fiksi bersama kawan-kawan penulis. Jadi, dasar penulisan setidaknya sudah saya kuasai.

Kelemahan (Weakness):

 - Saya masih bingung membangun artikel. Artinya, artikel yang akan saya susun itu harus seperti apa
- Kesibukan pokok saya sehari-hari sering menjadi hambatan dalam membangun blog. Semisal sehari dapat menyelesaikan satu artikel saja itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Belum lagi tugas pokok sebagai pengajar malah belum bisa memberikan kesempatan penuh agar berkonsentrasi membuat artikel blog.

Opportunity (Peluang)

- Beruntung, saya masuk ke beberapa forum tentang blog. Baik di Whatsapp maupun di situs jejaring sosial lainnya. Di forum tersebut saya dapat belajar banyak bagaimana mengembangkan blog

Ancaman (Threatness):

Blog akan terbengkalai jika saya benar-benar tidak memprogramkan sistem kerja blog ini. Terutama mengenai kelemahan saya dalam membangun artikel


Program Kerja


Program kerja dalam membangun dan membesarkan blog.

Target: Setiap hari minimal satu postingan. Target yang diupayakan adalah sehari dengan 5 postingan.

Cara kerja: >> Menyusun porgram artikel >> Mencari informasi >> Mencari rujukan >> Pengeditan gambar atau ilustrasi >> Posting >>

Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "Menganalisis Kekuatan dan Kelemahan dalam Membangun Blog"