Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Opini: Fenomena Smartphone, Selebgram, dan Penggunanya Masa Kini

Smartphone adalah barang wajib yang dimiliki oleh masyarakat modern saat ini. Segala aktivitas hampir bergantung pada smartphone. Mulai dari memesan makanan, memesan sarana transportasi, hingga transaksi jual beli.

Fenomena Smartphone, Selebgram. dan penggunanya


Sebelum adanya smartphone, orang hanya menggunakan handphone. Itu pun hanya sebatas untuk sarana komuikasi saja. Telepon pun masih bersifat audio saja, belum mengenal video call. Komunikasi pesan pun masih menggunakan sms yang karakternya dibatasi sejumlah tertentu dalam menentukan tarifnya.

Makanya, dulu orang hanya membeli pulsa untuk menelpon dan mengirimkan pesan sms saja. Sekarang, pembelian pulsa lebih sedikit dibanding dengan pembelian paket data internet untuk berkomunikasi.

Seiring perkembangan zaman, kebutuhan komunikasi menuntut perangkat komunikasi melakukan hal yang lebih. Berbagai perusahaan mulai mengembangkan alat-alat teknologi agar orang semakin nyaman dalam berkomunikasi. Dari sinilah dikembangkan fitur video call dan pesan gambar.

Beberapa perusahaan pun mengembangkan beberapa sistem operasi teknologinya. Mulai dari Java, Symbian, blackberry, android, hingga iphone mulai merambah. Masing-masing sistem operasi berlomba-lomba mengembangkan fitur terbarunya yang membuat masyarakat semakin dimanjakan.

Bayangkan, dari yang semula berkomunikasi hanya melalui suara saja. Kini sudah bisa bersua dengan melihat video aktivitas lawan bicara secara langsung. Belum lagi, komunikasi tidak lagi semahal dulu karena orang merasa lebih ekonomis dengan membeli paket internet untuk berkomunikasi.

Handphone pun kita menjelma menjadi smartphone. Segala aktivitas masyarakat ada dalam satu genggaman. Pengguna smartphone tidak hanya berkomunikasi saja, melainkan mereka dapat menggunakan smartphone untuk berbagai keperluan. Misalnya saja mencari informasi, bersosial media, hingga melakukan transaksi jual beli pun dapat dilakukan hanya dengan smartphone.




Ada satu keuntungan besar dengan adanya perkembangan smartphone ini. Salah satunya adalah minat baca semakin meningkat. Bayangkan, hanya dengan smartphone informasi begitu cepat menyebar dengan cepat. Informasi apapun segera sampai ke banyak orang. Tidak perlu menunggu lama, tapi secara masif informasi itu sampai kepada pengguna smartphone.

Apalagi, fitur smartphone memfasilitasi aplikasi bawaan untuk berkomunikasi. Seperti Whatsapp, twitter, instagram,  Mesanger, BBM, Line, dan lain-lain. Aplikasi ini merupakan aplikasi sosial yang dapat menghubungkan orang lain dengan mudah. Bahkan teman-teman lama yang belum bertemu selama tahunan dapat segera terhubung dan saling berkomunikasi.

Selain itu, aplikasi sosial media ini menjadi sasaran yang paling mudah untuk menginformasikan segala bentuk informasi. Beberapa berita mudah viral berkat adanya sarana komunikasi ini.

Fenomena artis dadakan pun muncul akibat sosial media ini. Banyak orang tiba-tiba menjadi tokoh publik yang dikenal masyarakat luas. Istilah baru pun muncul berdasarkan dari mana mereka terkenal. Kita tenttu mengenal istilah selebgram, vloger, youtuber, dan istilah lainnya yang mengenalkan identitas baru kepada masyarakat luas bahwa sebutan itu mirip artis dadakan.

Contoh saja, tiba-tiba ada anak kecil menjadi viral berkat unggahan videonya mengekspresikan ‘bengek’ film kartun asal Rusia. Videonya ditonton oleh banyak kalangan. Bahkan dari videonya tersebut, orang beramai-ramai menirukan gayanya.  Anak ini kemudian diundang di acara talkshow yang semakin membuatnya terkenal. Itu hanya sebatas contoh.

Berkat ke-viralan tersebut, seseorang bisa menjadi artis dadakan. Mulai dari diundang di acara talkshow, diajak untuk menjadi artis iklan, lalu diajak bermain sinetron. Semuanya seperti memberikan kesempatan bagi semua orang untuk menjadi artis.

Media sosial memang menjadi ajang pencitraan pribadi agar terkenal di masyarakat luas. Orang ini akan mudah ditarik oleh industri untuk turut memasarkan produk-produk mereka. Sehingga ada korelasi yang menguntungkan bagi industri dengan pengguna sosial media.

Dengan adanya korelasi tersebut, orang tersebut akan dengan mudah meraup rupiah. Terkenal di masyakat luas, hingga menjadi artis yang bukan karena bermain sinetron atau film. Istilah itulah yang kemudian muncul dengan selebgram (bagi orang yang mendadak terkenal dari instagram).

Dari sini, pengguna smartphone mulai tergiur dengan orang-orang yang sudah menjadi selebgram. Selain karena ingin terkenal, mereka juga berasumsi dengan menjadi terkenal akan mendatangkan rezeki lain yang lebih melimpah.

Selain itu, penggunaan sosial media juga bukan karena alasan itu saja. Pengguna dapat berkreasi yang dapat menghibur teman-temannya dengan ide kreatifnya dalam menggunakan sosial media tersebut. Jadi, sah-sah saja pengguna sosial media mengekspresikan idenya melalui akun sosial medianya tersebut.
Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

2 comments for "Opini: Fenomena Smartphone, Selebgram, dan Penggunanya Masa Kini"

  1. Kecanduan smartphone jadi kasus utama dunia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi penganut gadget. Ujung ujungnya disebut umat gadget. Hehehehe

      Delete