Cara Membuat Postingan Blog Agar Banyak Pengunjung
Jika Anda seorang blogger, mungkin membuat postingan adalah sesuatu yang diwajibkan. Setiap hari mencari bahan bacaan agar bisa dibuat artikelnya. Postingan yang dibuat pun harus benar-benar bisa menaikkan traffic pengunjung secara organik. Banyak para blogger bertanya-tanya tentang caranya.
Nah, kali ini saya ingin berbagi pengalaman saja. Di blog ini saya mempunyai satu postingan yang masuk peringkat 10 besar di pencarian google. Saya juga tidak tahu mengapa dan bagaimana tiba-tiba postingan itu menjadi peringkat halaman terdepan di google search.
Nah, kali ini saya ingin berbagi pengalaman saja. Di blog ini saya mempunyai satu postingan yang masuk peringkat 10 besar di pencarian google. Saya juga tidak tahu mengapa dan bagaimana tiba-tiba postingan itu menjadi peringkat halaman terdepan di google search.
1. Pengalaman Membuat Postingan Agar Banyak Pengunjung
Perlu digarisbawahi di sini mengenai arti kata 'banyak pengunjung'. Jangan berpikir bahwa postingan Anda begitu luar biasa dan layak mendapatkan pengunjung, tapi kemudian Anda membombardir postingan Anda di sosial media. Anda sering share postingan blog ke berbagai situs sosial. Hal ini justru akan berakibat pada teguran karena invalid traffic.
Membuat postingan haruslah berkualitas dan relevan dengan masanya. Selain itu, jangan membuat artikel di luar niche blog Anda. Ini justru akan membuat traffic naik secara drastis, juga akan menukik turun. Kenapa? Karena secara sengaja Anda berusaha membuat artikel yang sedang ramai, tapi niche blog Anda bukan masalah itu. Maka pengunjung pun akan menilai blog Anda dengan pertanyaan, "Blog apa sih ini? Kok isi artikelnya kayak gini semua?" atau yang paling ekstrem, "Berita kayak gini kok ditulis, kan udah ada noh di situs resminya?"
Begini, tidak perlu khawatir bagaimana menulis tulisan yang viral. Asalkan tulisan tersebut memang benar-benar sesuai dengan visi dan misi blog Anda. Tanyakan pada diri Anda, apa visi dan misi dari blog Anda. Anda akan membuat artikel apa di blog Anda.
Ini penting dilakukan agar Anda bisa mencari artikel yang memang khusus Anda fokuskan. Kalau seandainya selama Anda ngeblog Anda membuat suatu tulisan berisi curhatan, percayalah banyak pengunjung yang tidak ingin mendengar atau membaca curhatan Anda. Apalagi Anda mengesharenya di situs sosial Anda. Pasti postingan Anda sedikit yang mau membacanya.
Membuat postingan yang berkualitas dan banyak dikunjungi pengunjung lebih baik menerapkan SEO. Cari kata kunci yang ingin Anda tulis temanya. Tema apa yang sedang ingin Anda tulis dan bagaimana caranya. Banyak kok caranya. Mulai dari mencari kata kunci (keyword), hingga membuatnya menjadi artikel utuh. Banyak blogger senior membahasnya.
Tujuan dari pencarian keyword sendiri adalah untuk mencari traffic organic. Yaitu traffict yang dicari oleh pengguna internet melalui searching google. Traffict ini disukai oleh blogger yang bermitra dengan adsense.
Selanjutnya, setiap kali Anda memposting artikel baru segera daftarkan (submit) ke webmaster tool. Atau Anda bisa langsung mengetikkan alamat:
http://google.com/addurl
Boleh jadi kita berpikir bahwa untuk membuat artikel yang ramai pengunjung, kita "memaksa diri" membuat tulisan yang viral. Kita mengesharenya di jejaring sosial yang kita miliki. Alih-alih mendapat viewer meningkat, malah pelanggaran invalid traffic. Atau bisa jadi hanya sesaat saja viewer blog Anda, setelahnya tenggelam begitu saja.
Di sinilah peluangnya. Jika ingin Anda memuat berita viral, sesuaikan dengan misi blog Anda. Setidaknya berita viral tersebut masuk ke dalam kategori postingan apa di blog kita. Jika belum ada, lebih baik urungkan niat membuatnya. Karena itu akan semakin menenggelamkan blog anda di mata pencarian google. Sekaligus kita juga akan kehilangan calon pengunjung setia.
Contoh memanfaatkan peluang di blog ini adalah postingan mengenai Keutamaan dan Amalan Saleh (doa) bulan Rajab. Di situ saya memanfaatkan momentum bulan rajab sebagai artikel yang bagus buat saya posting. Artikel ini juga saya anggap sesuai dengan salah satu kategori yang ada di blog saya, yaitu pendidikan. Alhasil, dalam sehari viewer poatingan tersebut mencapai 200-an pengunjung.
Saya pernah melihat berita di media online. Isi berita tersebut ada beberapa artikel yang sama. Judulnya saja yang membuat penasaran. Memang sih situs media tersebut ramai pengunjung hingga ribuan per hari. Tapi apa yang bisa saya pelajari?
Ternyata untuk membuat viewer meningkat, bisa dilihat dari banyak pengunjung merayapi sebagian konten yang kita miliki. Jika kita memiliki satu konten saja, maka akan terhitung viewernya satu. Tapi kalau dua konten, tentunya akan membuat penambahan viewer karena pengunjung penasaran terhadap artikel lain yang ada pada blog kita.
Bagi blogger yang bermitra dengan Adsense, pengunjung blog adalah tamu yang berharga. Blogger wajib memberikan artikel yang semenarik mungkin dan semanfaat mungkin bagi pengunjungnya. Maka dari itu, postingan artikel yang berkualitas adalah seni yang harus ditingkatkan.
Mungkin itu saja pengalaman saya. Jika Anda punya pengalaman lain terkait postingan ini mari berdiskusi melalui komentar
Tujuan dari pencarian keyword sendiri adalah untuk mencari traffic organic. Yaitu traffict yang dicari oleh pengguna internet melalui searching google. Traffict ini disukai oleh blogger yang bermitra dengan adsense.
Selanjutnya, setiap kali Anda memposting artikel baru segera daftarkan (submit) ke webmaster tool. Atau Anda bisa langsung mengetikkan alamat:
http://google.com/addurl
Tujuannya adalah agar artikel baru Anda segera dirayapi (crawl) oleh google agar terindeks di mesin pencarian.
2. Pahami apa yang sedang viral saat ini dengan niche blog Anda
Boleh jadi kita berpikir bahwa untuk membuat artikel yang ramai pengunjung, kita "memaksa diri" membuat tulisan yang viral. Kita mengesharenya di jejaring sosial yang kita miliki. Alih-alih mendapat viewer meningkat, malah pelanggaran invalid traffic. Atau bisa jadi hanya sesaat saja viewer blog Anda, setelahnya tenggelam begitu saja.
Di sinilah peluangnya. Jika ingin Anda memuat berita viral, sesuaikan dengan misi blog Anda. Setidaknya berita viral tersebut masuk ke dalam kategori postingan apa di blog kita. Jika belum ada, lebih baik urungkan niat membuatnya. Karena itu akan semakin menenggelamkan blog anda di mata pencarian google. Sekaligus kita juga akan kehilangan calon pengunjung setia.
Contoh memanfaatkan peluang di blog ini adalah postingan mengenai Keutamaan dan Amalan Saleh (doa) bulan Rajab. Di situ saya memanfaatkan momentum bulan rajab sebagai artikel yang bagus buat saya posting. Artikel ini juga saya anggap sesuai dengan salah satu kategori yang ada di blog saya, yaitu pendidikan. Alhasil, dalam sehari viewer poatingan tersebut mencapai 200-an pengunjung.
3. Buat satu tema untuk beberapa postingan
Saya pernah melihat berita di media online. Isi berita tersebut ada beberapa artikel yang sama. Judulnya saja yang membuat penasaran. Memang sih situs media tersebut ramai pengunjung hingga ribuan per hari. Tapi apa yang bisa saya pelajari?
Ternyata untuk membuat viewer meningkat, bisa dilihat dari banyak pengunjung merayapi sebagian konten yang kita miliki. Jika kita memiliki satu konten saja, maka akan terhitung viewernya satu. Tapi kalau dua konten, tentunya akan membuat penambahan viewer karena pengunjung penasaran terhadap artikel lain yang ada pada blog kita.
Bagi blogger yang bermitra dengan Adsense, pengunjung blog adalah tamu yang berharga. Blogger wajib memberikan artikel yang semenarik mungkin dan semanfaat mungkin bagi pengunjungnya. Maka dari itu, postingan artikel yang berkualitas adalah seni yang harus ditingkatkan.
Mungkin itu saja pengalaman saya. Jika Anda punya pengalaman lain terkait postingan ini mari berdiskusi melalui komentar
blog saya (blogspot.com) aneh tapi nyata sudah bertahun tahun diperbaiki oleh ahli tukang seo teman saya yang sudah berpengalaman tetapi tidak terindeks di pencarian google
ReplyDeleteSebelumnya terimakasih Kak udah berkunjung, maaf komentar saya moderasi.
ReplyDeleteSetau saya ada beberapa trik agar mudah terindeks untuk blog yg berplatform blogger.com. salah satunya pada template.
Ada kode tertentu agar postingan terindeks. Kalo ga salah ditempatkan sebelum head. Kemudian pengindekan dicoba pada webmaster googlenya. Kadang ada kesalahan crawling yg tanpa disadari menghambat google untuk mengindeksnya.
Selain terindeks google, kita juga bisa membuat indeks selain google. Situs Bing, misalnya.
Sepngalaman saya juga, (sebelum blog ini approve adsense), ketika di bing tidak juga terindeks maka di google juga tidak terindeks. Ketika dicek di webmasternya ternyata ada kesalahan crawling. Saya ikuti petunjuk yg ada di webmaster tersebut. Akhirnya bebrapa hari kemudian semua postingan dapat terindeks.
Ini penjelasan dari saya yng masih belajar ya, Kak... maklum saya juga newbi. Hehehe
makasih tutornya, sangat membantu
ReplyDelete