Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Blog Multi Niche Vs Mono Niche

Assalamualaikum,

Di kalangan blogger, istilah niche merupakan istilah yang tidak asing lagi. Niche bisa dikatakan bahasan pokok blog itu sendiri. Apakah blog itu  membahas satu topik/tema, ataukah banyak bahasan tema.

Tema suatu blog akan mempengaruhi jumlah pengunjung. Konon, mono niche memiliki pengunjung setia lebih banyak daripada blog multi niche.

Di forum-forum atau grup blogger, sering terjadi perbedaan pendapat mengenai jumlah pengunjung. Kebanyakan anggota sepakat bahwa niche mono niche cenderung menjadi rujukan pengunjung. Pengunjung akan lebih suka berlama-lama menelusuri seluruh konten karena kelengkapan materi tersedia dengan apa ia cari.

Lain halnya dengan blogger yang berpendapat bahwa blog dengan multi niche-lah yang bisa meningkatkan traffic pengunjung. Contohnya situs-situs media. Blog mereka akan kebanjiran pengunjung karena membahas beragam tema.

Masing-masing pendapat boleh mempertahankan pendapatnya. Alasan masing-masing boleh saja lebih meyakinkan. Akan tetapi, kembali pada diri blogger itu sendiri. Bagaimana ia mengurusi blognya itu agar pengunjung banyak mengambil manfaat dari blognya.

Masing-masing niche memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tergantung dari blogger bagaimana mengurusnya.


Mono niche (tema tunggal)

Kelebihan:

- Topik konten lebih fokus membahas satu permasalahan.

- Bagi blogger, memuat artikel dalam satu topik akan lebih fokus.

- Bagi pengunjung, akan dijadikan refrensi karena kesamaan topik yang dicari. Sehingga blog cenderung memiliki pengunjung setia.

Kelemahan:

- Frekuensi postingan sering terlambat karena fokus topiknya terbatas, cuman satu.

- Blogger yang memang tidak ahli membahas topik yang ia bangun akan cenderung plagiat.


Multi niche (nihe gado-gado)

Kelebihan:

- Topik konten lebih beragam

- Blogger akan lebih bebas menuliskan artikel kondisional.

- Frekuensi postingan lebih banyak.

Kelemahan:
.- Cenderung tidak mempunyai pengunjung setia. Terutama bagi blogger pemula.

- Kesulitan bersaing dengan blog lain-lain.


Beberapa blogger sepakat bahwa dalam meningkatkan traffic pengunjung organik blog adalah dengan cara meningkatkan kualitas tulisan. Artikel berkualitas banyak diminati pengunjung. Bonusnya, artikel/postingan kita dishare oleh pengunjung.

Orisinalitas postingan juga menjadi prioritas utama. Blogger yang kedapatan memplagiat konten dari blog lain, siap-siap saja akan dilaporkan ke DMCA. Google akan berindak tegas dari teguran hingga penghapusan.

Point utama dari semuanya ini adalah:

Apapun jenis niche blog yang kita bangun,  agar traffic pengunjung lebih banyak lakukanlah dengan baik dan benar. Berilah kepuasan terhadap pengunjung melalui artikel dan interakisinya.

Semoga bermanfaat ....
Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "Blog Multi Niche Vs Mono Niche"