Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Kombinasi Shortcut Keyboard yang Dapat Mempercepat Kinerja Anda di Depan Laptop/PC

Kombinasi Shortcut Keyboard

Kombinasi keyboard merupakan salah satu cara singkat dalam menggunakan perangkat keyboard komputer dengan menekan beberapa tombol tertentu di  keyboard. Kombinasi keyboard ini biasa disebut dengan shortcut keyboard controller. Beberapa shortcut keyboard dapat membantu kinerja Anda lebih efektif dan efsien karena Anda tidak lagi bergantung pada mouse atau touchscreen untuk menggerakkan kursor agar mengeklik aplikasi yang Anda buka.

Ketika Anda bekerja di depan laptop, Anda sering membuka beberapa aplikasi sekaligus. Misalnya Office, Browser, Photoshop, Pdf, atau yang lainnya. Anda membutuhkan aplikasi itu tetap menyala di komputer Anda karena di aplikasi tersebut terdapat sumber rujukan ketika Anda sedang bekerja. Sayangnya, Anda sering membuang-buang waktu karena harus buka-tutup (maximize - minimize) aplikasi tersebut dengan menggunakan mouse atau touchscreen.

Tujuan saya membuat postingan ini adalah agar Anda tidak bergantung pada Mouse atau touchscreen. Meski peran Mouse/touchscreen amat diperlukan, tapi dengan cara singkat ini setidaknya meminimalisir gerakkan tangan untuk berpindah dari area keyboard saja.
Berikut ini kombinasi shortcut keyboard yang wajib Anda ketahui:

1. Tombol WIndows + TAB

(gambar tombol keybord 01)Jika Anda sedang membuka beberapa aplikasi di komputer / laptop Anda, maka denfan menekan tombol Windows + TAB akan memunculkan beberapa aplikasi yang sedang Anda aktifkan.

Shortcut Keyboard Windows + TAB
Tekan tombol Windows dan TAB bersamaan
Menampilkan Shortcut keyboard pada aplikasi yang sedang aktif
Tampilan aplikasi yang sedang aktif (aplikasi yang sedang dibuka pada komputer/laptop)


Gambar di atas merupakan aplikasi yang sedang saya gunakan. Ketika menekan tombol Windows + TAB bersamaan, maka aplikasi-aplikasi inilah yang muncul. Anda dapat menggunakan tombol Arrow UP (panah atas), Arrow Down (panah ke bawah), arrow left (panah ke kiri), atau arrow right (panah ke kanan) untuk memilih aplikasi yang akan Anda buka. Setelah terpilih, tekanlah tombol Enter, maka aplikasi akan terbuka.

2. Tombol ALT  + TAB


(gambar tombol keybord 02)
Shortcut Keyboard ALT + TAB
Tekan Tombol ALT dan TAB bersamaan

Sebenarnya kombinasi tombol ALT + TAB hampir sama dengan kombinasi WIndows + TAB. Perbedaannya pada kombinasi tombol ini langsung mengarah pada aplikasi yang akan Anda buka setelah melepas kombinasi tombol ini.

shortcut keyboard ALT + TAB
Dengan ALT+TAB, Anda akan beralih cepat ke aplikasi yang ingin Anda buka

Anda dapat menggunakan ALT + TAB ketika Anda sedang mengetik di Ms. Word, namun Anda ingin membuka sumber refrensi lain pada aplikasi yang sedang Anda buka sebelumnya. Seandainya Anda seorang guru, Anda akan terbantukan dengan cara ini ketika Anda membuat RPP K-13. Anda dapat membuka file PDF Buku Guru kemudian Anda mengcopy-nya di Ms. Word dengan cepat.

3. ­Tombol Control (CTL) + TAB






Kombinasi tombol ini berguna untuk aplikasi yang memiliki fitur tab. Seperti browser (Mozila, chrome, Opera Mini) atau Nitro PDF. Fungsi dari kombinasi tombo ini adalah Anda akan otomatis berpindah ke tab-tab yang ada pada aplikasi tersebut.

Shortcut Keyboard CTL + TAB, memindahkan TAB Browser dengan cepat
Dengan CTL + TAB, Anda bisa beralih ke Tab-tab browser yang Anda inginkan


4. Tombol Windows + Spasi


shortcut keybord mengubah input bahasa tulisan
Tekan Tombol Windows dan Spasi bersamaan
Kombinasi tombol ini diperuntukkan bagi Anda yang sedang mengetik dengan dua input bahasa. Misalnya bahasa latin dan bahasa Arab. Kombinasi tombol ini amat berguna bagi mahasiswa atau editor buku agama yang sedang mengerjakan artikel agama dengan ketikan bahasa latin dan bahasa Arab.





Shortcut Keyboard mengubah input bahasa tulisan
Secara otomatis akan mengubah bahasa input pengetikan dengan kombinasi tombol Windows dan Spasi


5. Tombol Windows + T

Shortcut Keyboard memilih aplikasi di Taskbar
Tekan tombol Windows dan T bersamaan

Tombol ini berguna untuk memilih aplikasi yang ada pada TASKBAR. Ketika Anda menekan kombinasi tombol ini, komputer Anda akan diarahkan pada aplikasi yang akan dibuka. Ketika kombinasi tombol sudah dipilih Anda tinggal menekan tombol Enter.
Shortcut Keyboard menampilkan salah sati aplikasi di Taskbar


6. Tahan Tombol ALT
 

Dengan menekan tombol ALT agak lama, Anda akan menemukan shortcut tertentu dengan menekan keterangan yang ada pada aplikasi. 

shortcut keyboard untuk menampilkan Shortcut Menubar
Menahan tombol ALT agak lama akan memunculkan shorcut pada menubar
Misalnya, Ms. Word. Ketika Anda menekan tombol ALT agak lama, maka pada menu bar akan menampilkan huruf-huruf yang membantu Anda memilihnya. Contohnya saja Anda ingin memilih menu INSERT, Anda hanya butuh menekan huruf "N" pada keyboard. Setelah di-enter, nantinya akan ada keterangan huruf lagi yang bisa dipilih, Anda tinggal menekan huruf sesuai dengan menu yang ditampilkan shortcutnya.

7. Tombol ALT + F4

Tombol ini diperuntukkan untuk mengakhiri aplikasi yang akan Anda tutup. Misalnya Anda sudah selesai menulis di aplikasi Ms. Word, Anda tinggal menutupnya tanpa harus menggerakkan kursor pada tombol "X" di atas. Cukup Anda menekan ALT + F4, maka Ms.Word Anda akan segera tertutup.

Selain menutup aplikasi, kombinasi tombol ini juga berfungsi sebagai tombol SHUT DOWN. Yaitu untuk mematikan komputer Anda.

Itulah ketujuh tombol kombinasi yang dapat memudahkan kinerja Anda di depan komputer/laptop. Jika mau menambahkan silakan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.
Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "7 Kombinasi Shortcut Keyboard yang Dapat Mempercepat Kinerja Anda di Depan Laptop/PC"