Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisi-kisi USBN SD 2018, Siapkan Anak Didik Anda Karena Ini ...

Assalamualikum ...,

Sejak diumumkannya kisi-kisi USBN SD 2018 terbaru, banyak guru kelas 6 kaget dengan perubahan kisi-kisi. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kisi-kisi Ujian Nasional jenjang SD hanya fokus pada penyelesaian soal Pilihan Ganda.

Sudah dapat dipastikan bahwa bentuk soal Ujian Nasional, yang kini bernama USBN, jenjang SD adalah Pilihan Ganda dan Isian. Hal ini diperkuat dengan diterbitkannya POS USBN dari Kemendiknas.

Sebelum masuk semester 2, ada kabar simpang siur mengenai jumlah mata pelajaran yang akan diujikan untuk jenjang SD. Akan tetapi, kemendikbud melalui laman situs resminya mengumumkan akan tetap mengujikan tiga mata pelajaran saja. Yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

Meskupun jumlah mata pelajaran yang diujikan tidak berubah namun ada perubahan signifikan pada USBN SD kali ini. Yaitu bentuk soal akan ada isiannya. Menurut pihak kemendikbud soal isian ini sangat bagus untuk mengukur kompetensi siswa sehingga jaminan kualitas pendidikan akan tercapai.

Jumlah soal untuk Pilihan Ganda dan Isian semuanya sudah diatur oleh kemendikbud melalui POS USBN. Surat Edaran tersebut dapat dilihat di situs kemendikbud. Nantinya Surat Edaran tersebut akan disebarkan secara resmi ke seluruh dinas pendidikan tingkat kota/kabuten.

Bagi saya selaku pengajar kelas 6, perubahan kisi-kisi dan bentuk soal USBN SD tidaklah terlalu bermasalah. Kesiapan mengajar dan mendidik siswa untuk selalu siap menghadapi dan menyukseskan anak didik agar bisa berprestasi adalah hal mutlak bagi gurubkelas 6.

Strategi pembelajaran pun sudah matang. Kini tinggal bagaiamana anak didik terlatih menjawab soal dengan baik. Semoga saja.
Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "Kisi-kisi USBN SD 2018, Siapkan Anak Didik Anda Karena Ini ..."