Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar HTML, CSS, Javascript Dimulai Dari Mana Dulu Ya?

Assalamualaikum, Kawan Blogger ....

Postingan kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana memulai belajar HTML, CSS, dan Javascript. Sebenarnya sih saya juga termasuk amatir tentang ini. Karena penasaran saya pun bisa dikit-dikit.

O ya, postingan ini juga bukan berarti saya akan memberikan tutorial secara rinci HTML, CSS, dan Javascript. Saya hanya akan membagi kisah saya bagaimana awalnya saya harus bisa ketiga bahasa web itu.

HTML atau kepanjangan dari HyperText Markup Language adalah bahasa yang menandakan kode kode webbing atau situs. HTML berisi kode-kode pembuka dan penutup dalam membahasakan suatu perintah situs. HTML mencakup CSS di dalamnya. CSS sendiri memiliki peran dalam membingkai suatu "id" atau "class". CSS dalam blog biasanya dipakai untuk membingkai kode tertentu agar tampilan sesuai dengan yang diinginkan.

Sementara Javascript adalah kode-kode yang membuat kode lebih dinamis dan atraktif. Misalnya saja jika Kawan Blogger menemukan situs dengan menampilkan perilaku kursor. Seriap pergerakan kursor ada suatu animasi atau tulisan mengikuti pergerakan di situs tersebut. Itu adalah hasil kerja dari javascript.

Nah..., bagaimana caranya biar saya juga bisa belajar HTML, CSS, dan javascript?

Mulailah sering-sering membuka laman pembelajaran tentang materi ini. Saya merkomendasikan situs w3school.com. Di situs itu ada penjelasan lengkap bagaimana dan peruntutukannya untuk apa. Di situs itu juga disajikan laman untuk Kita Mencoba mengubah kode-kode itu. Di situs itu juga sangat lengkap dan cocok untuk pemula hingga mahir. Inilah yang pertama harus Anda lakukan.

Kedua, cobalah install notepad++ di komputer Anda. Notepad++ sebenarnya adalah notepad khusus agar kode pembuka dan penutup bisa diperluas dan dipersempit. Dibandingkan notepad biasa, notepad++ ini cukup membantu untuk Anda yang mau belajar ketiga materi itu.

Ketiga adalah sering mengunjungi forun diskusi. Banyak forum-forum yang membahas ini di dunia maya. Bahkan ada grup lokal yang beranggotakan orang-orang kita. Untuk menambah refrensi situs github.com juga rekomended banget untuk dikunjungi. Anggota di sana berasal dari luar negeri. Tentunya akan sangat lebih varian. Selain situs itu ada juga situs-situs forum lainnya si internet. Sering-seringlah berkunjung di forum untuk menambah pemahaman Anda agar lebih jago.

Keempat, terapkan. Saya belajar ketiga materi ini dengan langsung menerapkannya. Berkat notepad++, saya bisa membuat html offline. Salah satunya lamaso.html. Saya mempraktekkan hasil belajar itu langsung dengan notepad lalu saya simpan filenya dalam format html.

Kelima, langkah kelima sebenarnya tidak wajib. Mengapa? Saya menyarankan agar hasil belajar tadi dipostong di blog. Hal ini karena kita akan paham bahwa materi hasil belajar akan didokumentasikan dengan baik. Keuntungan lainnya adalag akan ada reaksi dari kawan blogger lain melalui kolom komentar. Syukur-syukur ada para master yang turut berkontribusi memberikan saran hasil belajar Anda.

Itu dulu postingan saya kali ini. Semoga bermanfaat ....
Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "Belajar HTML, CSS, Javascript Dimulai Dari Mana Dulu Ya?"