Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari ini, Kemendikbud Finalkan Jumlah Mapel USBN SD

Salam blogger, Kawan ....

Kepala UPTD Pendidikan memebrikan informasi seputar USBN
Ilustrasi

Hari ini, Selasa 9 Januari 2017, Kabid Puspendik Kemendikbid, Giri Sarana Hamiseno, memfinalkan mapel USBN untuk SD. Ungkapan beliau ini disampaikan kepada wartawan saat dikonfirmasi mengenai kepastian jumlah mapel untuk jenjang SD.

Sebelumnya sempat beredar bahwa mata pelajaran yang akan diujikan untuk jenjang SD berjumlah 8 mata pelajaran. Yaitu Pendidikan Agama, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, SBK, dan PJOK.

Pernyataan mengenai kepastian 3 mapel saja ini ditegaskan pula oleh Bambang Suryadi selaku ketua BNSP. Kata beliau, "Jadi tidak lagi 8 mapel, tapi 3 mapel. Mengingat banyak sekilah yang belum siap dan waktunya mepet.(jpnn, 08/01/17)".

Berita mengenai jumlah mapel yang diujikan untuk jenjang SD sempat memberikan kekhawatiran bagi kalangan guru, terutama guru kelas 6. Lagi pula sosialisasi mengenai jumlah mapel menjadi 8 pelajaran juga minim. Mereka baru tahu kabar tersebut dari media sosial yang beredar. Kadang beberapa guru pun mengonfirmasi kebenaran 8 jumlah mapel yang diujikan, pengawas belum bisa memastikan. Mengingat segala peraturan tentang mapel menunggu surat edaran resmi dari kemendikbud.

Menurut guru senior di SDN Ratujaya 1 bahwa memang pernah SD mengujikan mata pelajaran lebih dari 3 mapel. Saat itu, soal ujian juga tidak hanya pilihan ganda saja tetapi ada soal uraiannya juga.

Pelaksanaan ujian dengan sistem 8 mata pelajaran tentunya akan membuat kaget bagi sebagian guru kelas 6. Pasalnya, kabar ini muncul di pertengahan tahun pelajaran. Berbeda dengan jenjang SMP. Sosialisasi mengenai Ujian Nasional sudah ada sejak awal tahun pelajaran.

Bagi kawan blogger yang merupakan guru juga, tidak masalah berapa jumlah mapel yang diujikan. Sebab apapun beban tugasnya,  guru  selalu siap mengantarkan anak didiknya menjadi generasi penerus bangsa yang dicita-citakan orang tua maupun amanat pendidikan nasional.

Salam sukses selalu...!!!

Update:

Kisi-kisi USM akhirnya sudah terbit. Silakan bagi teman yang membutuhkan kisi-kisi tersebut dapat mencari di google. Saya sarankan sih di situs resmi kemendikbud.

Saya tidak bisa memberikan link aktif di sini sehingga belum bisa membantu Anda.


Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "Hari ini, Kemendikbud Finalkan Jumlah Mapel USBN SD"