Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sekelumit tentang aku: Menguasai berabagai bidang

JP Sabtu, 23 April 2016

Saat ini, aku ingin menguasai berbagai bidang di kehidupanku. Segala bidang itu harus kukuasai agar bisa memudahkanku menjalani kehidupan dan penghidupan. Aku seorang guru, segala bidang keilmuan untuk mengajar dan mendidik manusia. Bidang-bidang yang ingin kukuasai itu semuanya agar dapat menghasilkan hasil itu dari mengajar dan mendidik manusia itu.
sekelumit tentang aku yang ingin menguasai berbagai bidang

Selama ini, aku hanya mempelajari bidang tertentu itu seumpama melukis tiruan dari barang etalase yang dipajang di toko-toko. Aku buat tiruannya sedemikian rupa. Meski tidak sepenuhnya mirip, tapi tidak bisa kulukis setiap dimensinya. Aku kurang memahami hakikatnya. Hanya bisa membuat tiruannya, tanpa bisa membuat detailnya.

Misalnya saja aku ingin menguasai bahasa pemrograman. Aku akan menciptakan suatu program yang dapat mempermudah pekerjaanku sebagai guru. Contoh yang berhasil kubuat adalah aplikasi administrasi guru kelas. Berbasis Microsoft Excel dengan tambahan kode visual basic, aplikasi itu sudah dan berlangsung kupakai dalam keseharianku menjalani penghidupanku sebagai seorang guru.

Perkembangan zaman terus berubah. Teknologi terus melakukan inovasi agar pekerjaan manusia semakin mudah. Bahkan, kurikulum pun sering mengalami perubahan-perubahan berupa penyempurnaan yang lebih baik. Salah satunya berkaca pada perkembangan teknologi ini. Peran guru adalah garda terdepan untuk menghadapinya. Mau tidak mau, aku yang terlibat di dalamnya harus bisa menguasai perkembangan teknologi.

Aku belum lama belajar mengenai teknologi. Belajar mengetik saja aku lakukan saat menjadi guru. Mengenal seluk-beluk komputer pun saat awal-awal menjadi guru. Aku pernah belajar potoshop karena kupikir ini akan berguna untuk mendesain gambar-gambar untuk berbagai keperluan. Mungkin saja ilustrasi untuk mengajar atau untuk keperluan lainnya. Pernah juga belajar mengenai software-software komputer. Tentu saja itu bercermin dari cara pandangku bahwa software-software ini akan berguna bagi caraku mengajar dan mendidik manusia.

Ah, rasanya terlalu muluk aku bilang bahwa 'caraku mengajar dan mendidik manusia'. Karena aku masih belum menguasai berbagai bidang tersebut. Belum lagi pernyataan itu terlalu meninggi. Siapa yang dapat dan berhasil mendidik dan mengajar manusia? Tentu bukan aku, seorang guru, atau siapapun. Aku, atau sebagai seorang guru, mungkin hanya alat agar bisa mencapai apa yang dididik itu menjadi manusia. Keberhasilan dari mengajar dan mendidik manusia itu butuh waktu dan proses yang lama. Tidak serta merta setelah dipanggang langsung dimakan kan? Butuh waktu, meski semenit, untuk masuk ke mulut.

Akan lebih mewakili bila kunyatakan bahwa keinginanku menguasai berbagai bidang itu agar aku bisa bertugas sebagai guru yang benar-benar profesional. Menguasai segala bidang untuk menunjang tugas pokokku sebagai guru.

Pada catatan ini, entah siapa yang akan membacanya, aku ingin mengurai apa saja yang telah kupelajari bidang keilmuannya. Yaitu: Teknik mengetik 10 jari, mengenal teknik mencetak, menguasai excel (pengolah data), template blog, bahasa html, flash, corelDraw, Potoshop, sketchup, dan lain-lain. Rasanya sudah cukup untuk mendukung tugasku sebagai guru. Lalu, bidang apa lagi yang ingin kukuasai?

Seperti yang sudah kunyatakan bahwa aku menguasai bidang itu setengah-setengah. Hanya untuk menunjang tugasku sebagai seorang guru. Beberapa tahun terakhir ini, aku mempelajari pemrogaman visual basic untuk microsoft excel. Aku mempelajarinya untuk membuat aplikasi khusus untuk memudahkanku mengadministrasikan tugasku. Akan tetapi, jika untuk menyelami bidang visual basic secara utuh, aku akan bilang belum semahir itu.

Alasan lain mengapa aku ingin menguasai lebih dalam lagi bidang-bidang itu adalah karena aku merasakan manfaat dari mempelajari bidang itu untuk pekerjaanku.Seperti visual basic, aku merasakan aplikasi lain yang dapat diciptakan dari visual basic ini.

Saat ini, aku ingin menguasai teknik pemrograman internet. Mencoba mengingat kembali teknik membuat template blog. Mempelajari javascript lagi. Kembali tertartik membuat gambar/ilustrasi untuk blog tersebut. Bahkan, aku ingin menguasai cara/teknik dari sistem pengolahaan data bernama SQL. Aku pikir ini akan membutuhkan waktu yang lama mempelajarinya mengingat aku belum pernah mencobanya. Pernah sesekali mengumpulkan artikel untuk mempelajarinya. Sepertinya rumit, tapi aku tertarik mempelajarinya.

Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "Sekelumit tentang aku: Menguasai berabagai bidang"