Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ceritanya Lagi Pengen Bikin Blog Lagi Nih

Assalamualaikum Sobat Blogger ....

Hmmm..., sebenarnya sih lagi pengen memposting cara mengedit template blog. Tapi berhubung tampilan edit template blog baru-baru ini banyak yang berubah, aku mesti beradaptasi dulu dalam cara pengoperasiannya. Aslinya sih memang sudah paham tentang tampilan tersebut. Aku mengira tampilan editan template blogger sekarang lebih mirip Dreamweaver. Mungkin bedanya di blog secara daring (online). Kalau sobat blogger pernah menggunakan Notepad ++, juga hampir sama dengan tampilan editan template sekarang. Jadi, ya ... intinya aku perlu mengadaptasi diri dulu sebelum benar-benar memposting hal-hal tentang pembuatan template.

Oh ya ..., sebelum aku memulai penjelasannya. Aku ingin meng-afirmasi terlebih dulu. Aku itu seorang blogger pemula yang baru belajar. Jadi penjelasannya mungkin tidak sehebat blogger profesional. Ya ..., sembari berbagi pengalaman mengedit template, tidak apa 'kan berbagi ilmu meski sedikit juga. Heheee....

Blogger setahu aku itu adalah salah satu produk keluaran mbah Google yang dirancang untuk media publish bertajug blog. Berbeda dengan miliknya Wordpress, Blogger memiliki kelebihan dalam kebebasan merancang desain templatenya. Banyak situs-situs di dunia maya ini yang menyajikan beberapa template untuk blog kita. Tinggal kita melihat preview alias demo dari template yang ditampilkan oleh situs penyedia template tersebut, lalu tinggal download bila sesuai dengan selera kita.

Sebenarnya ada juga cara membuat template. Baik secara daring (online) atau offline. Cara online mungkin akan mudah terbantu sebab langsung menerapkannya di blog kita. Tetapi offline, amat sulit. Selain tidak dapat diketahui kesalahannya, via offline juga harus lebih jeli dan detail dalam mengatur kode-kode html. Apalagi kode html itu sedikit saja kesalahan, akan merusak tampilan blog. Untuk yang cara Offline, hanya beberapa orang mahir saja yang sanggup bisa melakukannya.

Begitu rumit dan butuh kesabaran ekstra untuk memodif desain template blog bagi para pemula. Termasuk aku. Aku memang suka mengotak-atik tampilan blog. Blog ini saja, tercatat sudah 5 kali gonta-ganti template blog. Belum  terhitung pula dengan mendesain beberapa fitur tambahan yang aku pasang. Mungkin sudah beberapa kali juga aku melakukannya.
Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "Ceritanya Lagi Pengen Bikin Blog Lagi Nih"