Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jika tidak 1000 Subscriber, Adsense Youtube Anda Dinonaktifkan

Assalamualaikum ....

Hari ini, Rabu 17 Januari 2018, pihak Adsense mengumumkan kebijakan baru terkait persyaratan monetasi video Youtube. Kontan para Youtuber dibikin kaget. Pasalnya, syarat tersebut "mengancam" penghasilan mereka dari Youtube.


Syarat Monetasi Youtube berubah jadi harus 4000 jam dan 1000 subcriber
Pemberitahuan Monetasi Youtube


Berbeda dengan kebijakan sebelumnya. Setiap chanel dapat dimonretasi ketika jumlah penayangan per chanel mencapai 10.000 penayangan. Jika satu chanel mempunyai 10 video saja dan masing-masing video ditonton sebanyak 1000 kali, maka chanel tersebut memenuhi untuk disetujui adsense Youtubenya karena chanelnya sudah memiliki 10.000 penayangan. Sehingga banyak sekali Youtuber yang diterima sebagai Partner Youtube.

Sepertinya kebijakan dengan syarat penayangan 10.000 ini malah merugikan pengiklan di Youtube. Pasalnya, pemasang iklan harus membayar kepada uploader yang tidak memiliki pengunjung tetap (subscribe) akan memboroskan biaya promosi iklan mereka. Berbeda dengan chanel yang memiliki pengunjung tetap, postingaan video terbarunya pasti ditunggu-tunggu pengunjungnya dan pihak pengiklan juga tidak terlalu rugi jika menempatkan iklan di video mereka.

Apalagi sekarang handphone sudah dilengkapi fitur Youtube. Setiap pemegang handphone mau tidak mau bisa mengakses Youtube dengan mudah. Belum lagi, Youtube dan Android sama-sama di bawah naungan Google. Sehingga pemegang handphone sudah pasti memiliki akun Youtube juga. Sekalinya tahu Youtube dapat menghasilkan uang, ramai-ramai orang mendaftarkan Youtubenya dimonetasi.

Semakin banyaknya Youtuber baru, tentu semakin banyak video yang ingin dipasang iklan oleh google. Sehingga dengan syarat 10.000 tayangan akan memudahkan Youtuber diterima. Semakin banyak chanel yang diterima, tentu biaya juga semakin besar yang harus ditagih Youtube kepada pengiklan. Jelas ini akan merugikan pengiklan karena penguklan menginginkan target penonton yang jelas.

Tidak hanya itu, banyak Youtuber yang melakukan pelanggaran kebijakan monetasi dan partner Youtube menjadi salah satu sebab Youtube memperketat kebijakannya.

Kini Youtube mengeluarkan kebijakan baru kepada Youtuber yang sudah diterima monetasinya maupun yang belum diterima. Kebijakan baru tersebut  adalah: Akun dapat dimonetasi jika penayang sudah mencapai 4.000 jam dalam 12 bulan terakhir dan memiliki 1.000 subcriber.

Kebijakan Partner Youtube ini tentu mencengangkan banyak Youtuber. Tidak hanya bagi Youtuber baru yang mendaftar, tetapi juga Youtuber yang sudah diterima monetasinya. Bagi Youtuber yang lolos monetasi, tetapi belum memiliki 1.000 subcriber dan jumlah jam tayang 4.000 jam pasti akan ada peringatan bahwa monetasinya dicabut.

Tampilan syarat monetasi youtube
Contoh email  pemberitahuan kebijakan baru


Bagi Youtuber yang merasa aman karena sudah diterima monetasinya. Namun jumlah jam tayang belum 4.000 jam dan jumlah subcriber-nya belum mencapai angka 1.000, siap-siap saja pada tanggal 20 Februari 2018, monetasi Youtubenya dicabut.

Saran-saran dari Youtuber lain:

Apapun kebijakan Youtube, itu adalah aturan yang tidak bisa diganggu-gugat. Saya rasa ini malah memberikan teguran bagi Youtuber agar lebih kreatif lagi. Buat konten video yang orisinil, bermanfaat, dan tanpa melanggar kebijakan dan peraturan Youtube.

Berusaha menampilkan video terbaik tanpa berorientasi pada uang yang dihasilkan.

Jadikan ini semua hobi. Jika menjadi Youtuber adalah hobi Anda dan Anda benar-benar mencintai prosesnya, maka Anda tidak akan dilecewakan oleh hasil. Youtube pasti akan menghargai itu.
Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

167 comments for "Jika tidak 1000 Subscriber, Adsense Youtube Anda Dinonaktifkan"

  1. Jika sampai ambang batas waktu belum mencapai target 4000 JT dan 1000 Sunscribe bagaimana...??! Apakah ada Perpanjangan waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih terus berlanjut hingga memenuhi target, tetap semangat aja.

      Delete
  2. NAHER LOMBOK, terimakasih sudah berkunjung sebelumnya. Batas waktu 12 bulan dengan 4000 jam tayang dan 1000 subcriber, tetap berjalan. Proses review tetap berlaku.

    Meski Kak Naher lebih dari setahun dan mendapatkan persyaratan tersebut, maka pihak google akan segera mereview chanel youtube Kakak...

    Intinya: Pihak google akan mereview chanel Kakak ketika persyaratan (4000 JT dan 1000 Subrcriber), betapapun waktu yang dibutuhkan Kakak untuk mencapai itu. Adapun waktu 12 bulan, hanya untuk mengukur kalkulasi persyaratan tersebut.

    SEmoga berhasil, Kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi di situ misalnya dalam 2 tahun baru mencapai waktu tayang 4000 jam dan 1000 subcribe itu tidak di persulitkah masalah pencairannya?
      mohon pencerahaannya saya masih newbie

      Delete
    2. Min mau nanya,kalau akun youtube 2014 dan udah uopload 5 video tapi . Daftar adsense baru 2019 gimana min sistemnya ?? Mengikuti peraturan baru apa gimana ??

      Delete
    3. teima kasih kak membantu sekali

      Delete
  3. Buat akun adsense pakai hp apa tidak bisa ya soal nya saya copy code html itu yang bagaimana.. terus apa kita harus punya situs / blog... apa kalau gak punya keduanya gak bisa buat adsense
    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Buat akun adsense pakai hp apa tidak bisa ya soal nya saya copy code html itu aq yang tidak tau
    Terima kasih

    ReplyDelete
  5. Terimakasih sebelumnya buat Kak Kucing Hitam yang telah berkunjung di blog ini.

    Google Adsense adalah produk google yang menjebatani antara pengiklan dan publisher. Publisher adalah pemilik kontent baik berupa artikel untuk blog, video untuk youtube, dan aplikasi untuk adMob.

    Dalam pembuatan adsense, memang kita setidaknya memiliki alat publisher seperti blog, youtube, atau aplikasi yang dipasarkan melalui Google Playstore. Kita belum bisa mendaftar Google Adsense jika kita blm punya alat publisher tersebut sebab nantinya pihak Adsense akan melihat kelayakan kita bermitra dengan mereka.

    Mengenai cara memasang iklan di blog, sebenarnya di laman Adsense sendiri sudah ada petunjuk jelasnya. Pun jika Kak Kucing Hitam masih bingung, banyak para blogger senior yang memposting tutorialnya.

    Semoga membantu penjelasannya, Kak ...

    Keep spirit. Semangat ....

    ReplyDelete
  6. Tambahan buat kak kucing Hitam: memdaftar adsense dengan HP juga masih bisa, kok. Hanya saja mungkin tampilan tidak seleluasa di desktop / PC.

    ReplyDelete
  7. nanya dong kak.. apa benar infonya klo akun yt lebih dr 1 thn gak dpt 1000 subc gak bs di pasang iklan jika sudah di tautkan adsense ?

    lalu kalau belum ditautkan adsense untuk channel yt yang sudah lama tapi channel nya blum mencapai 1000 subs, misalkan ditahun ke 3 mendapatkan 1000 subc lalu ditautkan adsense untuk iklan nya apakah bisa dipasang ?

    ReplyDelete
  8. Kak handar, sebelumnya saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung.

    Pemasangan iklan untuk chanel youtube itu ketika kita sudah diterima oleh AdSense. Unduk bisa diterima AdSense syarat utamanya adalah chanel kita memiliki 1000 subcriber dan 4000 jam tayang. Setelah tahap pertama sudah memenuhi, baru pihak AdSense akan mereview (mengecek) apakah chanel kita layak untuk dijadikan mitra Google AdSense. Tahap review ini relatif lamanya, tergantung pihak AdSense sendiri. Paling cepat adalah 2 hari.

    Dalam tahap review, pihak Google AdSense akan menilai kelayakan konten video milik kita. Jika banyak melanggar ketentuan pihak AdSense, seperti konten video mengandung unsur sara, kekerasan, ataupun persyaratan lain yang melanggar AdSense akan otomatis dianggap tidak layak. Meskipun chanel kita sudah memiliki 1000 subcriber dan 4000 jam tayang.

    Untuk mencapai 1000 subcriber tidak dibatasi waktunya hingga 3 tahun, yang pasti dalam kurun waktu 12 bulan berjalan asalkan sudah mencapai 1000 subcriber dan 4000 jam tayang, pihak Google AdSense akan mereview kelayakannya.

    Semoga penjelasannya membantu.

    Tetap semangat....!!! ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak aku mau nanya plis jawab kak, kalo misalnya video yt aku yg dulu aku hapus apakah jumlah tayangannya divideo itu ke hps jga?

      Delete
  9. kak klo aku dh punya akun dr 2013. trs aku baru dftr adsense 8 bulan lalu. itu gmn proses itungannya? kan kt kakak hrs 3th uji kelayakan.

    ReplyDelete
  10. perhitungan uji kelayakan dimulai sejak didaftarkan ke AdSense, Kak...

    ReplyDelete
  11. Kak mau tanya, aku daftar adsense bulan 5 2018, tapi subscribe dan jam tayangku belum mencapai target 4000 jam dan 1000subscribe. Akun adsense ku bakal di nonaktifkan atau gimana kak sm pihak youtube kalo lewat 12 bulan? Soalnya bulan 5 2019 ini udah 12 bulan sejak aku daftar..

    ReplyDelete
  12. Kak , bulan 5 2018 aku kan daftar adsense tapi subscribe dan jam tayangku belum mencapai target.. pihak youtube bakal menonaktifkan akun adsense ku atau gimana kak? Soalnya kan bulan 5 2019 akun adsense ku genap 12 bulan tapi belum mencapai target. Mohon penjelasannya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang dimaksud 12 bulan itu adalah rentang waktu perolehan subcriber dan jam tayang, Kak. SElama rentang 12 bulan itu pihak youtube akan mengevaluasi peningkatan atau penurunan. Kalo sudah terpenuhi dan chanel ini terurus, pihak youtube juga akan melihat kelayakannya

      Delete
  13. Yang dimaksud menonaktifkan akun di sini itu adalah bagi mereka yg sudah diterima akun adsense-nya sebelum kebijakan 1000 subcriber da 4000 jam tayang. Kebijakan sebelumnya itu hanyamemerlukan 10.000 jam penayangan.

    Kalau bagi pengajuan baru, tahap review-nya yang akan dilakukan stelah mencapai persyaratan tersebut.

    Pencapaian selama 12 bulan terakhir maksudnya untyk mengetahui grafik naiknya jumlah subcriber dlm kurun waktu itu. Pencapaian persyaratan boleh lebih setahun asalkan dalam durasi pemerolehan jumlah subcriber dan jumlah jm penayangan mencukupi.

    Semoga membantu kak

    ReplyDelete
  14. kak mau tanya, kalau sudah mencapai 4000 jam tetapi subscribe belum mencukupi 1000 gimana?

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. kak kalo sudah lebih dari 1 tahun belum memenuhi subcribe nya 1000,san 4000 jam tayang,apakah masih bisa digunakan channelnya,atau masih bisa dipakai dan jika lebih dari 1 tahun baru terpenuhi,apakah masih bisa dapat estimasi nya kak

      Delete
  16. Kak kalo umur gw kan blm ckp tapi di akun ku gw kasi umur 20 tahun, apakah gw bisa mendapatkan uang dari yt, dan gimana sih cara awal ambil uang dari yt

    ReplyDelete
  17. Unknown: lebih baik gunakan identitas kakak atau orang tua dengan persetujuan beliau. Uang dari youtube akan dikirim pada tanggal tertentu ke rekening yang terverivikasi.

    ReplyDelete
  18. klo dah 1thn tp blm ada 1000 subs dan 4000jam penayangan gmn?

    ReplyDelete
  19. klo dah 1thn tp blm 1000subs dan 4000 jam gmn?

    ReplyDelete
  20. Tetap menunggu hingga 2 syarat tersebut terpenuhi.

    Jangka waktu 12 bulan atau satu tahun adalh rentang chanel mendapatkan jumlah subcriber dan kalkulasi jam tayang.

    ReplyDelete
  21. Ka mau nanya dong.
    Perhitungan 4000jam itu di akumulasi semua video atau per video??

    Thank's ka

    ReplyDelete
  22. Semua video kak... nanti juga ditampilkan pd laman monetise

    ReplyDelete
  23. Kak mau tanya pliss jwb ya?
    Ka kalo channel ytb ku sudah mendapat 1000 subs tapi belum tembus 4000 jam tayang dalam 1th apa channel kita tidak dapat di monetisasi ytb untuk selama lamanya,atau masih ada kesempatan tahun berikutnya?

    ReplyDelete
  24. masih bisa, kak. yang terpenting dalam 12 bulan itu pemerolehan 1000 subcriber dan 4000 jam tayang terpenuhi

    ReplyDelete
  25. kak saya ingin tanya, akun youtbe saya baru dan persyaratan untuk monetisasi belum mencapai target 1000 subs dan 4000 jt dan saya sudah mendaftarkan adsen dan saya cek akun adsen saya diterima, apakah monetisasi saya akan di tinjau atau monetisasi saya tidak diaktifkan karena belum memenuhi syarat 1000 subs dan 4000 jt,karena saya lihat status monetisasi saya tidak diaktifkan

    ReplyDelete
  26. Kak saya ingin tanya apakah jika persayaratan monetisasi youtube belum mencapai target tapi saya sudah terlebih dahulu mendaftarkan google adsen sebelum syarat monetisasi terpenuhi, apakah monetisasi saya akan di tinjau atau tidak soalnya saya cek di chanel status monetisasi saya tidak diaktifkan

    ReplyDelete
  27. Kak Dhayat... jika demikian keadaannya. Chanel Ka Dhayat akan masuk pada antrean waktu ditinjau oleh tim. bersabar aja kak....

    ReplyDelete
  28. kak Dhaayat... maksudnya setelah persyatan terpenuhi nanti akan ada antrean kapan waktunya ditinjau oleh tim. jadi fokus buat memenuhi persyatannya aja sekarang nih... semoga masuk antrean

    ReplyDelete
  29. terima kasih informasinya.. sangat melegakan.. ayo youtuber kecil, semangaaat

    ReplyDelete
  30. Terima kasih informasinya.. sangat melegakan.. ayo semangat youtuber kecil !!

    ReplyDelete
  31. Kak saya mau tanya misalkan akun youtube kita terdaftar tahun 2016 tp belum pernah upload video...trus di upload video nya tahun 2019 kemudian subscribe nya 1000 dan jam tayang nya 4000...hitungan nya itu dari tahun upload atau tahun akunnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. segera daftarkan untuk bermitra dg Adsense kak... pointnya yg terpenting persyarTan terpenuhi

      Delete
  32. Klo jam tayang sudah 4000 lebih tapi subsrciber masi dibawah 1000 apa tetap masi belum bisa dicairkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kedua syarat tersebut mutlak, Mas.... harus keduanya terpenuhi

      Delete
    2. Asslamualaikum kak..
      Disini saya mau nanya.. Saya buat akun youtube baru 2 hari dan saya pun mencoba mengaktifkan monetisasi saya.. Ternyata setelah saya ikuti anjuran dari youtuber" kenapa monetisasi saya malah tidak aktif kak.. Di situ saya di mintai untuk peninjauan setelah 4000 jam waktu tonton dan 1000 subcribe.. Apakah itu penyebab monetisasi saya di non aktifkan kak..
      Mohon jawaban nya kak
      Terimakasih

      Delete
    3. Aslamialaikum kak.. Saya mau tanya..saya adalah youtuber baru.. Vido baru 1 saja.. Nah saya mencoba untuk mengaktifkan monetisasi saya dan google adsens saya.. Namun setelah saya ikuti anjuran dari youtuber lain nya kenapa malah monetisasi saya tidak di aktifkan.. Saya di mintai peninjauan setelah 4000 waktu tonton dan 1000 subcribe.. Apakah itu penyebab nya kak.. Mohon penjelasan nya kakak
      Terimakasih

      Delete
  33. Klo misal aku sudah verivikasi, jam tayang sudah 4000 lebih, tapi subscriber masi dibawah 1000, apa tetap masi belum bisa dicairkan

    ReplyDelete
  34. Apakah akan di denda kalo tidak mencapai 4000 jam tayang dan 1000 subscribe?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak, hanya saja persyaratan 4000 jam dan 1000 subcriber adalah persyaratan terbaru tahun 2018. Persyaratan sebelumnya hanya penayangan 10.000 penayangan, lalu berganti persyaratan yang sekarang.

      Delete
  35. Terimakasih kak penjelasan nya sdah saya baca dri awal prtanyaan dri mereka, bgi yg membreri pertanyaan dan di jawab,
    Saya sdah memahami itu smua,
    Karna channel youtube saya sdah lbih 2 rb subscriber tetapi 4000 jt belum mencapai,
    Tetapi saya sdah memahi dri pertanyaan mba dan mas dri awal di atas, mksih info nya mba dan mas

    ReplyDelete
  36. Mantap kk pertnyaan dan jawaban nya sdah sya baca dri awal sampe akhir sya sdah memahami nya,
    Terimaksih telah berbagi info, sya akan tetap konsistem bikin konten insyak allah berhasil,
    Smoga bermanfaat Aamiin

    ReplyDelete
  37. Kalo udh 12 bulan belum 1000 subs dan 4000 jam tayang
    Kan adsense bakal nonaktifkan channel kita dari google adsense
    Apakah bisa kita mengaktifkan nya kembali ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada keterangan itu dalam TOS Adsense Youtube, Menonaktifkan chanel dari Adsense terjadi jika ada pelanggaran atau persyaratan tidak terpenuhi

      Delete
  38. Mau tanya gan kalo vidio youtube ane tentang highlight olah raga gmn gan? Apakah bisa untuk cari duit ?

    ReplyDelete
  39. Gan video yotube ane tentang highlight olah raga apakah bisa untuk cari duit gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya dihindari. banyak youtuber yang menyebutkan kategori video ini rawan atau gagal bermitra dg google Adsense

      Delete
  40. Akun harus dimonet dulu atau nunggu persyaratannya terpenuhi ? Tolong yg bisa jawab

    ReplyDelete
  41. Gan boleh minta tips nya gak buat ngeyoutube ,biar syarat" 4000 jam tayang SM 1000 sub bisa terpenuhi dlm 12 bulan

    ReplyDelete
  42. Gan boleh minta tips nya GK buat ngeyoutube?
    Biar bisa tembus 4000 jam tayang sama 1000 subscribe dalam 12 bulan gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap fokus dengan apa yang Kak Ucok kerjakan. Mungkin itu saja...

      Delete
  43. Mau nanya min,, itu klu video lipsing sama tiktok dan smule gimana?? Apa termasuk melanggar hak cipta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pendapat saya, youtube yang menggunakan audio bukan buatan sendiri. apalagi itu sejenis lipsing yang jelas suaranya adalah suara dari pemilik yang memiliki hak cipta, Kak. Jadi menurut saya rawan sekali hak cipta

      Delete
  44. Kak..jam tayang saya di aplikasi youtube studio udh mencapai 288.000 menit..dan klo dlm jam udh 4800 jam..kenapa pas saya cek di akun monetisasi browser cuma 2130 jam ya kak..itu gimana ya kak..

    ReplyDelete
  45. Kak kalo misal kita udh hubungkan ke adsen tapi dalam 1 tahun belom memenuhi syarat tersebut bagaimana ya ?

    ReplyDelete
  46. Jadi gini kak saya sudah daftarkan adsen tapi blom memenuhi syarat jam tayang, sedangkan saya sudah hubungkan lebih dari satu tahun apa itu akan hangus dan kedepannya tidak bisa bermitra dengan google?

    ReplyDelete
    Replies
    1. diterima atau tidak diterimanya bermitra dengan google Adsense melalui Youtube berdasarkan terpenuhinya persyaratan tersebut. Jika sudah terpenuhi persyaratannya, maka pihak youtube akan melihat dan mereview layak tidaknya.

      Waktu 12 bulan atau 1 tahun, tapi belum direview masih ada kesempatan untuk diterima/ditolak.

      Segala keputusan diterima/ditolak akan diberitahukan melalui email

      Delete
  47. saya mau tanya, akun saya sudah mencapai 1000 subscriber dan sudah 4000JT tetapi belum di aktifkan monetisasi nya, sudah setahun itu kenapa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya menunggu antrean untuk direview, keputusan diterima dan dtirolak disimpan akan dikirim via email.

      Delete
  48. Kak , aku mau daftar adsense dulu tapi gak bisa websitenya gak keluar apa ada yang salah atau harus ada syarat yang dipenuhi ! Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daftarnya via Youtube atau Blog? JIka langsung dari Situs Google Adsensenya memang harus mencamtunkan situs yang sudah ada. Daftar adsense wajib memiliki alat publisher berupa Chanel Youtube, Blog, atau Admob. Jika blum punya tidak akan bisa untuk direview.

      Delete
  49. Kak. Kalau chanel youtube kita udah memenuhi persyaratan 1000 subscriber + 4000 jam vew, tapi akun youtube kita belum ada 12 bulan di buat. Apakah chanelcyoutube itu sudah bisa di daftar ke google adsend?

    ReplyDelete
  50. Ka syarat sudah terpenuhi dari 1 bulan yg lalu, direview oleh pihak youtube biasanya butuh waktu berapa lama?

    ReplyDelete
  51. Butuh waktu berapa lama ya ka untuk review dari pihak youtube ka??

    ReplyDelete
    Replies
    1. blm ada yg memastikan pastinya. ada Youtuber yg cepat ada juga yg lama. bahkan ada yg setahun jg ada

      Delete
  52. Berarti menunggu antrian aja ni? Soalnya kejadiannya seperti yang di atas juga.. pada tahun 2018 aku gak dapat 1000 sama jam tayangnya, tapi untuk sekarang udah tembus semuanya.. gak ada hak cipta, copyright semua udah ku ikuti peraturannya.. udah 3 bulan juga ni aduhhh

    ReplyDelete
  53. Berarti nunggu antrian juga ni ya? Itu paling lama berapa lama ya??
    Kejadian sama kayak diatas, 2018 sub sama jam tayang ku belum mencapai.. tapi untuk skrng udah mencapai,pokoknya aku ikuti peraturannya semua, gak ada kenak hak cipta sama copyright. Capek juga nunggu 3 bulan ni belum dapat tanggapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. lama tidaknya tergantung antrian Youtube, Kak... blm ada yg bs menentukan

      Delete
    2. Kak kalo saya bikin video dulu samapai target terpenuhi, trus saya daftar adsense bisa apa tidak ya??

      Delete
  54. akun youtube yg sudah dari 2013 pun harus mengikuti 4000 jam tayang sama 1000 subscriber bro?

    ReplyDelete
  55. kak saya mau tanya say bikin chanel yt dari 2013 nah saya liat jumlah jam tayang di chanel analytics jumlah jam tayang dari 2013 sudah 5rb jam lebih, saya mulau monetisasi dari desember 2018 , nah saya cek di chanel persyaratan jam tayang baru nyampe 1193 jam , dan saya cek tiap hari berkurang 1193 - 1192 dst , mohon pencerahanya kenapat seperti itu , terimaksih

    ReplyDelete
  56. saya buat chanel dari 2013 saya baru monitisasi desember 2018, saya cek di chanel analitic dari 2013 sudah 5rb jam lebih, nah saya cek di persyaratan monetisasi jam tayang baru nyampe 1193,dan selalu berkurang tiap saya cek 1193 - 1192 -1191 dst, itu kenapa ya kak ?mohon pencerahanya , termakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak, gini:

      semisal tahun 1 januari 2013 sammpai sekarang 17 Juli 2018 jumlah jam tayangnya keseluruhan adalah 5rb jam.

      semmentara Kakak monetasi dalam rentang desember 2018 sampai desember 2019 adalah 1193. semisal kakak meelihat jam tayang ssekarang bulan juli 2019, itu jumlah tayang dihitung dari Juli 2018 sampai 2019. bukan dari desemmber lagi. itu terjaadi karena staatistiknya apakah mengalami penurunan.

      sepperti itu yg sy pahami kak ....

      Delete
    2. maksudnya dari Juli 2018 ke Juli 2019. Bukan dihitung dari Desember 2018, apalagi tahun 2013.

      Delete
    3. Kak tanya, aku br bikin chanel yt baiknya lgsg daftarkan ke googgle adsense ato ntar aja klo udah byk yg nonton dan subscribe kak, mohon saran..terbaik

      Delete
  57. Terima kasih atas penjelasannya.

    ReplyDelete
  58. Kak tanya baiknya gimana??,
    1. aku baru hari ini bikin chanel yt br aku aplod 1vidio,baiknya aku daftarkan lgsg ke google adsense gak kak??
    2.aku py byk simpan vidio sebagian besar udah ta aplod di fb rencana apakah mo tak aplod di yt itu ntar percuma krn di anggap copyrigjt ndak kak...?? Fb Fu akun ne beda tp punyaku juga.
    Makasih ya kak smoga jawabane dpt pahala yg melimpah ...txs

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawab:

      1. Kalo boleh saya saranin sih, mending setelah persyratan (1000 subcriber dan 4000 Jam Tayang) sudah terpenuhi terlebih dahulu sebelum didaftarkan Mitra Google Adsense.

      Alasannya, agar memudahkan pihak Review Adsense semakin mudah menentukan kebijakan.


      2. Copyright jika sudah terdaftar di ID Contents di Youtube. Kalo dari situs lain saya belum tahu. Saya saranin sih mending bikin video konten yang baru atau mengolah dari yang sudah ada.

      Delete
  59. Klo br bikin chanel dg 1vidio baiknya lgsng daftarkan adsense ato ntar aja kak??

    ReplyDelete
  60. akun saya baru buat 15 juni 2019. dan sdh mencapai 1000sub dan 4000 jam tayang 3 minggu kemudian. sampai skrg berjalan 1 1/2 bulan sejak tgl akun dibuat sdh mencapai 5500 lebih sub dan 25 jam tayang. tdk pernah melanggar hak cipta, adsense sdh dicentang oleh yt. tinggal monetise nya blm disetujui. pertanyaannya: sampai skrg saya blm mendptkan email bahwa akun saya disetujui yt. sampai kpn ya kak? padahal sdh melewati jauh dari target yt, hanya 1 1/2 bulan sdh mencapai 5500 sub dan 25 rb lebih jam tayang

    ReplyDelete
    Replies
    1. periksa di akun adsensenya, Kak... kemudian pasangkan kode iklannya.

      Delete
  61. Kak...
    Misal persyaratan sudah terpenuhi dan di review oleh Ytube.
    Katakanlah ada 50 video 2 diantaranya kena copyright.
    Seberapa besar Kemungkinan untuk di setujui kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengenai seberapa besar kemungkinan ini semua diserahkan ke Tim Review Youtube Adsense, Kak. Tidak ada yang bisa memastikan. Ada Youtuber yang cepat, ada juga yang lama.

      Delete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  63. Assalamualaikum maaf ganggu, admin ijin hhe, bang saya pnya masalah dengan channel yt saya. Saya bergabung ke youtube 25 november 2017 , sedangkan saya upload pertama itu sekitar november 2018 nahh waktu itu saya vakum jarang upload lagi, teruss saya aktif lagi sekitar juni 2019 nah di bulan" ini saya sekarang mau aktif lg ,tapi pas saya liat di youtube syarat biar di monetasi terus di adsense itu kan harus 1000subscriber terus 4000 jam tonton dalam 12 bulan, sedangkan waktu saya tinggal 2 bulan lagi, nah bang saya mau tanya apakah dalam 12 bulan saya tidak mencapai 1000subscriber sama 4000 jam tonton apakah masih bisa lanjut ?? Sebelum nya saya belom daftar adsense hhe, sekian bang mohon bantuanya ,makasih admin 😇🤗.

    ReplyDelete
    Replies
    1. persyaratan mutlak wajib 1000 subcriber dan 4000 jam tayang, kak. Dan itu dievaluasi dalam kurun 12 bulan.

      Delete
  64. Assalamualaikum maaf ganggu, admin ijin hhe, bang saya pnya masalah dengan channel yt saya. Saya bergabung ke youtube 25 november 2017 , sedangkan saya upload pertama itu sekitar november 2018 nahh waktu itu saya vakum jarang upload lagi, teruss saya aktif lagi sekitar juni 2019 nah di bulan" ini saya sekarang mau aktif lg ,tapi pas saya liat di youtube syarat biar di monetasi terus di adsense itu kan harus 1000subscriber terus 4000 jam tonton dalam 12 bulan, sedangkan waktu saya tinggal 2 bulan lagi, nah bang saya mau tanya apakah dalam 12 bulan saya tidak mencapai 1000subscriber sama 4000 jam tonton apakah masih bisa lanjut ?? Sebelum nya saya belom daftar adsense hhe, sekian bang mohon bantuanya ,makasih admin 😇🤗.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam...,

      maksud dari 12 bulan adalah pencapaian persyaratan itu, Kak. Masih tetap berlanjut kok Kak.... bisa jadi dalam kurun 12 bulan berjalan itu Jumlah Subcriber dan/atau jumlah Jam tayang berubah-ubah. Karena rentang 12 bulan itu yang dinilai. SEmoga paham

      Delete
  65. Assalamualaikum maaf ganggu,saya pnya masalah dengan channel yt saya. Saya bergabung ke youtube 25 november 2017 , sedangkan saya upload pertama itu sekitar november 2018 nahh waktu itu saya vakum jarang upload lagi, teruss saya aktif lagi sekitar juni 2019 nah di bulan" ini saya sekarang mau aktif lg ,tapi pas saya liat di youtube syarat biar di monetasi terus di adsense itu kan harus 1000subscriber terus 4000 jam tonton dalam 12 bulan, sedangkan waktu saya tinggal 2 bulan lagi, nah bang saya mau tanya apakah dalam 12 bulan saya tidak mencapai 1000subscriber sama 4000 jam tonton apakah masih bisa lanjut ?? Sebelum nya saya belom daftar adsense hhe.

    ReplyDelete
  66. Mau nanya...
    Channel saya sudah ada 1 satu di bulan Juli 2019 ini, dan sudah ada 1000 lebih subscribe namun belum memenuhi 4000jam dan baru daftar 3 hari lalu google adsense nya...
    Apakah masih ada kemungkinan channel saya masih bisa di monetisasi??
    Apakah masih bisa mendapatkan penghasilan dari channel saya ini atau saya harus buat channel baru lagi?

    ReplyDelete
  67. Kak saya mau tanya
    Jika jam tayang 4000 selama 12 bulan itu udh tercapai., tetapi subscribernya belum mencapai1000 itu gimana??? Padahal waktunya sudah 12bulan, apakah masih bisa lanjut?
    Trimakasih

    ReplyDelete
  68. Permisi admin saya mau bertanya.

    Misalnya dalam jangka 1 tahun saya belum memenuhi syarat adsense
    Apakah youtube saya di blokir?
    Apa harus mengulang dari 0?
    Apa Bisa melanjutkan tapi nunggu 1 tahun lagi?

    Tolong dijawab admin:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak akan diblokir selama Chanel Youtube Kakak tidak melanggar aturan Youtube dan Google, Kak...

      Delete
  69. Kak saya mau tanyak. Akun saya tahun 2015.. Tapi baru di kaitkan pada tahun 2019 ke adsense.. Itu gmn kak..

    ReplyDelete
  70. Kak saya punya akun 2015. Tpi baru di kaitkan thun 2019.. Gmn crtanya kak

    ReplyDelete
  71. kak mau nanya nih saya bikin chanel youtube 2016 punya 2 video saya tinggal mksudnya saya ga uplod" video , pas thn 2018 kebetulan udh ada uang disana 765rb tapi sekarang si video itu ga bisa nghasilin lagi uang karna persyaratan nya ikut yang sekarang . apakah masih bisa di monet ga ? terimakasih sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. persyaratan itu sudah diberitahukan jauh-jauh hari, kak. Jadi meskipun sudah dimonetise dengan persyaratan lama (hanya 10.000 penayangan), maka akan dievaluasi ulang kelayakannya oleh youtube.

      Adapun siswa uang tersebut, kemungkinan akan dikembalikan setelah Chanel Kakak disetujui.

      Delete
  72. Mau tanya gan.
    Kalau chanel kita kenak teguran hak cipta 1x dan video tersebut dihapus yotube kenak hukuman 3 bulan apa masih bisa dimonetisasi.
    Tolong dijawab ya gan.
    Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saja, Kak.... beri upload dengan konten original milik kakak sendiri, jangan lagi upload yang melanggar hak cipta. Pihak youtube akan melihat dan mengevaluasi chanel kakak sebagai chanel yang layak.

      Delete
  73. Kak kenapa ya chanel saya blm dapat adsense .. Padahal sudah 12 ribu subs 10+video dengan view terbanyak 160 ribu... Tapi keterangannya masih d review... Padahal sudah lebih 1 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. para youtuber pun hampir sama merasakan demikian, Kak.... semoga lekas dapat review.

      Delete
  74. Tapi jika kita tidak mencapai target tersebut apa akun kita masih bisa mendaftar lagi kak?

    ReplyDelete
  75. Kak tolong bantu saya YouTubers pemula dan nyobain monetisasi da Subscribe sya hanya 102 dan jam tonton juga dkiyd da akhirnya di nonaktifkan, pertanyaan suas kira2 ktika subscribe sya kapan2 naik apakah akan diaktifkan kembali atau apa uy harus sya lakukan, mohon pencerahannya kakak please

    ReplyDelete
    Replies
    1. subcriber dengan jumlah 102 jauh dari persyaratan, Kak. Coba terus tingkatkan potensi chanel yutubenya

      Delete
  76. Kalau izin tanya Khan saya buat Chanel terus udah saya daftarkan jga adsense nya...

    Kemudian saya buat kembali channel yg berbeda trs ketika daftar adsense saya masukan data alamat yang sama,ketika Sudah ulpoad video ternyata adsense saya di tolak,mungkin karena daftar adsense lagi dengan data yang sama..

    Pertanyaan nya ;
    1.bgmn cara mengaktifkan adsense channel yang baru agar dengan tautan ke adsense yang lama.?
    2.apakah video Viewer dan subscriber saya yang sudah masuk ,sudah masuk hitungan 4000 jm tayang dan 1000 subscriber??

    Mohon jawabannya nya

    ReplyDelete
  77. Kalau izin tanya Khan saya buat Chanel terus udah saya daftarkan jga adsense nya...

    Kemudian saya buat kembali channel yg berbeda trs ketika daftar adsense saya masukan data alamat yang sama,ketika Sudah ulpoad video ternyata adsense saya di tolak,mungkin karena daftar adsense lagi dengan data yang sama..

    Pertanyaan nya ;
    1.bgmn cara mengaktifkan adsense channel yang baru agar dengan tautan ke adsense yang lama.?
    2.apakah video Viewer dan subscriber saya yang sudah masuk ,sudah masuk hitungan 4000 jm tayang dan 1000 subscriber??

    Mohon jawabannya nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya tinggal ditautkan saja. Adapun masalah penolakan itu adalah kewenangan pihak youtube dalam menilai kelayakan. Saran sedikit saja mungkin, periksa kembali semua konten yang ada. APakah memenuhi standar dan kelayakan...

      Jumlah viewer dan subcriber tergantung dari analisis yutube itu sendiri. Periksa kembali di dasbor analisis youtubenya

      Delete
  78. Kak kan selama belum monetisasi udah banyak yg nonton tuh. Tapi belum ada iklan yg masuk karena belum 1000 subscribe sama 4000 jam. Lah terus kalo udah di monetisasi harus nyari viewer lagi biar dapet uang? Tolong dijawab ka

    ReplyDelete
  79. Malam, mau tanya , subscribe sy SDH 1000 lebih dan jam tayang SDH lebih dari 4000 dan SDH ada iklannya trus apa yg hrs sy kakukan biar sy dapat uang atau penghasilan dari YouTube saya. Tx

    ReplyDelete
  80. Kak saya mau tanya....
    Kalau monetisasi tidak di aktifkan itu tandanya apa ya....
    Apa karena channel yt saya belum mencapai syarat yg di tetapkan oleh yt jd monetisasi nya tidak di aktifkan ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum melakukan pendaftaran, mungkin. Coba saja di Youtube Studio terbarunya

      Delete
  81. Ka mau nanya misalnya akun YouTube udh 12 bln tapi belom yampe 4000 jam tonton sama 1000 subcribe apa bakalan dinonaktifkan akun YouTube nya karena belom yampe persyaratan yg udh di tentukan?

    ReplyDelete
  82. gan, saya terdaftar akun sudah sejak 2015. namun baru mulai upload dan mengikuti petunjuk monetisasi bulan juni 2019. apakah dihitung sejak 2015 nya atau sejak bulan juni 2019 nya. yang syarat 12 bulan itu. ini akun channel saya http://www.youtube.com/c/Hendraninink

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejak kali pendaftaran jika sudah memenuhi persyaratan biasanya pihak Youtube akan mengevaluasi.

      Delete
  83. Kak kalau saya, maunya kan bikin video dulu, trus saya nunggu sampai 4000jam tayang dan 1000sub..trus saya baru daftar adsense bisa apa tidak ya

    ReplyDelete
  84. Saya upload youtube sejak agustus 2017 dan saya daftarkan ke adsense pada 1 september 2019 apakah menghitung jam tayang sama subs dari awal upload apa saftar adsense

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari daftar sudah terlacak berapa subcriber dan berapa jam tayang. Jika belum memunhi, youtube akan menunggu selama 12 bulan sejak pendaftaran hingga persyaratan tersebut terpenuhi. Baru pihak youtube akan menganalisis kelayakan chanel kakak

      Delete
  85. gan klo edit video av player kan kita gunakan music org lain kira2 diyutube dianggap melanggar hak cipta kga ya? or video vlog motor misal bgtu jug soundnya gunakan lagu pihak lain.boleh nda?tnks

    ReplyDelete
  86. gan klo edit video av player kan kita gunakan music org lain kira2 diyutube dianggap melanggar hak cipta kga ya? or video vlog motor misal bgtu jug soundnya gunakan lagu pihak lain.boleh nda?tnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah pasti musik menjadi sesuatu yang rentan hak cipta. Ada baiknya gunakan musik yang disarankan oleh youtube secara gratis. Jika hanya sekadar untuk backsong saja.... banyak musik yang bagus, kok. Cek saja di Yuotube Studio-nya di sana ditawarkan ragam musik yang gratis. Sekaligus aman dari hak cipta (tentunya dengan persyaratan kontribusi jka ada)

      Ada yang mengatakan bahwa dengan menggunakan musik dari youtube akan meningkatkan trafik juga. Tapi ini isu yang perlu dibuktikan.

      Delete
  87. Kak saya mau tanya donk,bagaimana jika pernah upload video kena hak cipta,trus kena unsur sara tapi udah langsung di hapus videonya.
    Apa itu bermasalah untuk Chanels

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya chanel yang mengandung unsur ini akan melanggar secara otomatis dan tidak layak untuk bermitra dengan Adsense. Sedangkan dalam pengajuan kemudian Kakak menghapusnya akan ada evaluasi ulang. Jika layak, tentu akan ada pesan dari email yang terdaftar

      Delete
  88. Bang kalo selama setahun gak sampai 4000 jam tayang apakah bisa nanti tahun depannya bisa usaha dan tembus 4 rb jam tayang... Itu bisa dimonetasi gak bang?
    Mohon yg baik hati dan tahu jawabannya silahkan dijawab plis

    ReplyDelete
  89. Jika tahun ini gak tembus 4k apakah jika tahun depan bisa bakalan dimometasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. selalu menunggu antrean untuk diperiksa oleh pihak youtube kak... layak tidaknya akan ada pesan yang dikirimkan melalui email yang terdaftar

      Delete
  90. Ka mau tanya, saya baru buat akun YouTube baru upload satu vidio, nah, saya harus nunggu memenuhi 1000subs sama 4000jt dulu apa langsung daftarin google adsens aja? Mohon dijawab ka🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saja, lebih baik tunggu sampai memenuhi syarat. Semoga semangat mengupload terus videonya

      Delete
  91. Kak @Syahandrian Eda. Mau tanya nih,Channel Youtube saya kan belum mencapai aturan yg ditetapkan 4000JT & 1000subs. Tapi saya sempat mengaktifkan fitur monetasi dan sempat aktif juga fitur monetasinya. Tetapi sekarang fitur tersebut dinonaktifkan oleh pihak Youtube. Jadi, kalau nanti Channel youtube saya sudah sesuai dengan persyaratan tersebut apakah fitur monetasi nya bisa diaktifkan kembali? Mohon dijawab ya kak😊. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal nunggu aja, Kak... sampai ada notice dari pihak youtube.

      O ya, sekarang tampilan monetise yuotube sekarang sudah terbaru. Kadang kita bingung untuk melihatnya. Biasanya, kalo belum memenuhi syarat, maka fitur monetisenya belum aktif dan belum diaktifkan.

      Delete
  92. Kak akun google saya kan buat tahun 2014, saya baru upload video YouTube tahun 2019 kira" Ttp bisa edsense ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kak... yang penting syarat mutlaknya terpenuhi

      Delete
  93. Kak akun google saya kan dibuat dari 2016 terus saya upload Vidio di YouTube 2018 dan suscribe saya sudah 1000 suscribe tetapi belum mencapai 4000 jam tayang jadi saya ada waktu berapa bulan ya kak dan batasnya berapa bulan bulan apakah 1 tahun apa 2 tahun

    ReplyDelete
  94. Desember 2019 jam tayang baru 2.350 jam subcribe 750....awal tahun 2020 jam tayang mulai dari nol lagi...apa masih berlanjut target ke 4000 jam dan 1000 subcribe?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, kak... persyaratan itu mutlak. tapi untuk jam tayang yang dihapus, akan dikembalikan lagi. Kaka bisa mencapai subcribe 1000 dan 4000 jam tayang. Sekaligus nunggu antrian dicek oleh YT

      Delete
  95. Mbak saya mau nanya saya pertama kali buat youtube th 2018 sya pun memulai dengan mengupload video" agar bisa mencapai target untuk monetasi ,seiring berjalan nya waktu, sya pun tdk mencapai target lantas sya vakum selama 1 tahun tdk upload video lagi.. Pertanyaan sya apakah sya masih bisa melanjutkan lagi channel youtube saya...apakah akan di monetasi jika channel sya tercapai 4000 jam tayang dan 1000 subs... Oiya skdr info yg membuat sya vakum karena saya putus asa jumlah subscriber saya bukan nya nambah setiap hari nya malah makin berkurang smpai hampir habis...tks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya, jika ambang batas selama 12 bulan persyaratan tepenuhi, maka pengajuan adsense youtube dapat disetujui. Tentunya setelah menimbang-nimbang kelayakannya.

      Upload video terbaru agar Youtube merekomendasikan video Kakak, sebab cara kontinuitas mengupload video adalah cara terbaik menambah viewer, subcriber, dan traffic chanel kakak.

      Semangaaat

      Delete
  96. sangat bijak adminnya jawab 1/1👍👍👍👍
    moga lancar dan banyak pahala membantu orang

    ReplyDelete
  97. Aku punya chanel YT thn 2018 dan uda apluoad 2 setelah itu aku nggak urus chanelx. Nah di akhir bulan mei kemarin 2020 aku baru mulai aktif lagi dan niatx mw serius mengelola chanel saya. Pertanyaan saya, apakah chanel saya masih bisa menghasilkan uang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba daftarin aja Kak...., klo menurutku layak kok... terus semangat ya

      Delete
  98. Saya punya chanel YT 2018 uda aplouad 2 video namun setelah itu nggak aku urus, nah di akhir mei 2020 baru aku mulai seriusin. Min chanel saya masih bisa menghasilkan uang nggak yah ??

    ReplyDelete
  99. Assalamualaikum kak
    Mau nanya ..😅 kalo konten video YouTube kita itu tentang tutorial"an gtu kayak edit "foto apakah bisa juga untuk mendapatkan uang kak
    Mudah"an di jawab soalnya saya baru YouTuber pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Layak, Kak. Ajukan aja ... banyak chanel youtube tentang tutorial yng dimonetize juga kok

      Delete
  100. Mau nanya kak? Kok jam tayang saya berkurang? Tadinya 2674 jam kok malah jdi 276 mohon penjelasannya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. perhitungan rentang waktu diukur dari 12 bulan berjalan kak...

      misalnya, tanggal sekarang 04 juli 2019 - 03 juli 2020 (12 bulan berjalan) adalah 2674 jam.
      lalu, dari tanggal 05 juli 2019 - 04 juli 2020 (12 bulan berjalan) adalah 276 jam, artinya pada tanggal 04 juli 2019 itu ada jam yang tidak dihitung untuk perhitungan 04 juli 2020.

      begitu yang saya pahami, Kak

      Delete
  101. Kak mau tanya mohon dijawab,
    12 bulannya itu terhitung dari pembuatan chanel youtube atau upload video? soalnya gini kak saya baru bikin youtube menggunakan akun gmail yang lama (tahun 2016) setelah saya upload video di youtube saya cek disana dikatakan saya join dengan youtube tahun 2016 berarti akun saya sudah berusia 4 tahun, sementara saya baru memulai upload video juli 2020. Apakah itu masih dikategorikan 12 bulan atau sudah lebih? Apakah saya masih bisa dimonetasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 12 bulan terhitung sejak pengajuan Adsense, Kak +Berbagi Ilmu...

      Delete
  102. maaf mau tanya, saya tahun 2016 sudah punya akun adsense youtube tetapi blm bisa tarik uangnya karena blm mencapai 100 dollar, setelah tahun 2018 akun saya tidak lolos review oleh youtup karena subcriber saya belum mencapai 1000 dan 4000 JT, apakah akun saya tersebut bisa dilanjutkan ? atau apa harus daftar dari awal dengan akun baru lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bisa, Kak ... di tahun itu memang terjadi persyaratan baru tentang adsense Youtube. Akun Adsense tersebut masih bisa dilanjutkan.

      Delete
  103. Jika konten kena teguran hak cipta yang aktif, apakah bisa dimonetisasi?

    Mohon dijawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya, hak cipta berkaitan dengan lisensi penggunaan material itu sendiri. Jika memiliki lilsensi masih sah-sah saja dan bisa dimonetisasi dengan persyaratan yang ketat. Hanya saja, banyak yang menyarankan untuk menghindari pelanggaran hak cipta ini.

      Delete
  104. Kak mau tanya, jika dalam 1 tahun belum mencapai 1000 sc dan 4000 jt, apakah tahun berikut nya di hitung mulai dari nol lagi, apa tetap di lanjut tahun berikut nya kak?

    Dan bagaimana jika di youtube channel saya, sudah ada iklan yang masuk di beberapa video say

    ReplyDelete
    Replies
    1. pencapaian 1000 Subcriber itu dihitung berdasarkan rentang 12 bulan. tidak lagi kembali nol lagi. Intinya begitu.

      Mengenai beberapa iklan di chanel youtube yang belum termonetisasi itu tidak masuk pendapatan kita. Ini kebijakan Youtube sendiri yang menempatkan iklan di video potensial.

      Delete
  105. akun channel saya dibuat sejak 2014 , subcribernya belum sampai seribu , dan sampai sekarang belum bertambah, jika sekarang saya pakai kembali untuk konten kembali apakah masih bisa digunakan agar mendapat monetisasi atau saaya harus membuat chanel baru ,

    channel sudah lebih dari 7 tahun bisa digunakan untuk mendapat monetisasi tidak . mohon infonya

    ReplyDelete