Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bacalah Buku Setelah Mengaji (Membaca Al-Quran)



Bacalah Buku Setelah Mengaji (Membaca Al-Quran)

Bacalah semua buku yang menunjang setiap pekerjaanmu setelah membaca Al-Quran. Sebab Al-Quran memberikan perintah pertama kali kepada kekasih-Nya, Muhammad Shalallahu ‘alaihi Wasalam, untuk membaca. Wahyu pertama yang diterima Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi Wasalam, termaktub dalam Al-Qur’an dalam Surat Al-Alaq ayat 1 hingga 5.

Melalui firman-Nya tersebut, Allah memerintahkan Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi Wasalam  untuk membaca. Membaca dengan menyebut nama Allah yang telah menciptakan. Perintah ‘membaca’ ini menyiratkan kita bahwa sebelum membaca Al-Quran harus disertai dengan menyebut nama Allah. Setiap muslim pasti sudah paham bahwa sebelum membaca Al-Quran selalu mengawalinya dengan membaca basmalah.

Pada ayat yang kedua juga Allah memerintahkan hamba-Nya bahwa dengan membaca disertai dengan menyebut nama-Nya sebagai bentuk penyadaran kepada manusia bahwa Allah-lah yang telah menciptakan mata untuk melihat huruf-huruf, kulit untuk meraba dan membalut daging dan tulang ketika memangku kitab Al-Quran. Allah telah menciptakan manusia dalam bentuk yang paling sempurna. Bahkan Allah membedakan manusia dengan ciptaan lainnya dengan menganugerahkan akal.

Membaca dengan disertai menyebut nama Allah tidak hanya berlaku untuk membaca Al-Quran saja. Bahkan untuk membaca buku atau kitab lain. Sebab membaca adalah salah satu cara seorang hamba menuntut ilmu. Sedangkan Allah adalah Maha Ilmu. Cahaya ilmu akan Allah berikan kepada hamba-Nya sesuai kehendak-Nya. Ayat ini seakan-akan memberikan petunjuk bagi kita bahwa salah satu jalan cahaya ilmu itu akan diberikan kepada umat-Nya  dengan cara memulai membaca dengan diawali menyebut nama-Nya.

Di Ayat selanjutnya, Allah mengulang perintah membaca dengan mempertegaskan bahwa membaca disertai dengan menyebut naman-Nya akan memuliakan. Allah memuliakan hamba-hamba-Nya yang beriman dan bertakwa. Perintah membaca yang disertai dengan menyebut nama-Nya memberikan statement menjajikan dari Allah. Allah akan memberikan ilmu karena membaca, lalu memuliakannya melalui ilmu yang diajarkan-Nya lewat peranta kalam-Nya.

***

Sebagai seorang muslim, sepatutnya ini menjadi pelajaran berharga. Apalagi muslim tersebut sangat erat dengan dunia baca. Seorang murid, guru, mahasiswa, profesor, dan akademika lainnya dekat dengan buku sebagai alat baca. Muslim sejati akan menjadikan wahyu pertama ini menjadi petunjuk dasar bagaimana perannya sebagai orang-orang tadi yang dekat dengan dunia baca tentang bagaimana menuntut ilmu dari membaca.

Al-Quran adalah sebaik-baiknya petunjuk hamba Allah yang bertakwa. Petunjuk dan pedoman dalam menjalani kehidupan. Allah memberikan kabar gembira bagi orang-orang yang beriman dan memberikan peringatan kepada hamba-hamba-Nya yang ingkar. Maka perintah membaca pada awal Surat Al-Alaq ini sungguh petunjuk dasar bagi penggelut ilmu.

Buku selain agama akan menambah wawasan kita dalam mencari ilmu. Setiap kali membaca buku ada informasi dan wawasan yang kita dapat. Seiring seringnya membaca maka khazanah pengetahuannya semakin meningkat. Khazanah keilmuan ini harus disadari berasal dari anugerah Allah kepada hamba-Nya. Ilmu tersebut Allah anugerahkan kepada pembaca buku. Pengetahuan tersebut memberikan petunjuk bagi si pembaca tentang informasi yang didapatkan dari buku. Akan tetapi, sebaik-baik petunjuk adalah Al-Quran. Buku hanya menunjang petunjuk hidup yang lebih praktis. Sedangkan petunjuk yang memiliki ruh bersumber dari Al-Quran yang telah ditilawahkan dengan tartil.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi seorang muslim untuk mengaji/membaca Al-Quran sebelum membaca buku-buku umum. Membaca/mengaji Al-Quran sudah pasti diawali dengan basmalah, menyebut nama Allah. Membaca Al-Quran adalah ibadah untuk memperkokoh keimanan agar mendapat petunjuk hidup yang lebih baik. Maka, setiap kali selesai membaca Al-Quran sudah Allah berikan petunjuk dalam bentuk yang dirahasiakan Allah sebelum mendapatkan petunjuk lain dari buku-buku umum lainnya.

Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "Bacalah Buku Setelah Mengaji (Membaca Al-Quran)"